Apakah kamu sudah menjadi mahasiswa yang "berguna" ?? Atau hanya sekedar status!

Apakah kamu sudah menjadi mahasiswa yang "berguna" ?? Atau hanya sekedar status!

Apakah kamu sudah menjadi mahasiswa yang "berguna" ?? Atau hanya sekedar status!

Tujuan dan cita-cita setiap orang berbeda. Untuk mewujudkan cita-citanya sebagian orang akan menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi dengan berkuliah. Ada yang datang jauh-jauh dari pulau seberang demi menuntut ilmu sebagai mahasiswa. Datang dengan semangat kuliah menggebu-gebu bagai orang yang sedang jatuh cinta, namun begitu kuliah semangatnya memudar, seperti hilang ingatan entah kemana cita-cita mereka yang dulu. Semangat impiannya kendor dengan berbagai kesibukan yang baru (kalau yang sibuk). Dia lupa bahwa hidupnya sekarang bergeser jauh dari cita-citanya.

mahasiswa berprestasi
Ilustrasi Mahasiswa

Setelah membaca beberapa tulisan, saya tersadar bahwa selama ini sebagai mahasiswa semester lima baru sedikit hal yang saya lakukan, belum ada seberapa dibandingkan mereka yang diluar sana. Masih jauh dari yang seharusnya bisa saya lakukan untuk waktu selama dua setengah tahun. Info lebih lengkap tentang mahasiswa baca tipe-tipe mahasiswa.

Coba baca pertanyaan berikut kemudian jawab.


Di masa lalu kita sudah melakukan apa??

Di masa sekarang kita melakukan apa??

Di masa mendatang kita akan melakukan apa??

Kalau jawabannya BELUM ADA maka lekaslah bangun dari tidur panjang mu.. Umurmu semakin hari semakin habis jangan malas-malas.

Pertanyaan di atas membuat saya sadar kembali bahwa tidak ada waktu untuk beristirahat. Tuangkan prestasi selagi jiwa masih muda selagi otak belum menjadi 'TUA'. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri. Asal jangan kayak makan sambal ya.. sekarang tobat kepedisan besoknya dimakan lagi.

Susun kembali kertas rencana hidup yang sudah berantakan. Tidak mungkin orang akan kenyang kalau dia tidak makan, tidak akan bisa orang kaya kalau pengangguran. Begitupun dengan hidup sebagai mahasiswa.

Orang sering memandang dan berpikiran,

"Dia hebat mempunyai IPK tinggi, dapat kuliah di luar negeri gratis, enaknya seandainya saya bisa begitu".

Saya cuma ingin bilang seperti ini.

Kamu hanya melihat pada saat orang itu sukses, tetapi tidak melihat bagaimana orang itu berjuang setengah mati demi sukses. Kamu tidak tahu apa yang mereka lakukan di saat kamu enak-enak tidur, jalan-jalan, nongkrong main domino. Semua yang didapat tidak seperti keberuntungan.

Kenapa orang bisa sukses seperti itu??

Jawabannya cuma satu :

Ada hal yang mereka lakukan tapi tidak kamu lakukan! Tidak ada sifat ambisius dalam dirimu. Tidak ambisius berarti orang yang hidupnya gak jelas, gak tahu dia kuliah karena mau apa, pasrah menunggu keberuntungan.

Sebelum tahun 2017 saya membaca tulisan di suatu blog, tulisan tentang bagiamana kerasnya seseorang mengejar cita-citanya untuk bisa kuliah S2 di luar negeri sampai ada yang test toefl delapan kali. Ternyata memang keseharian hidupnya sangat berbeda dengan yang dijalani pada umumnya. Hidupnya penuh dengan target dan sangat ambisius. Karena kemauan yang sangat kuat dia belajar dengan target satu bulan. Dengan sehari waktu belajar 8 jam ditambah beberapa modul serta buku yang harus dijejalkan bersamaan ke dalam otak.

Sedangkan kita??
Apa yang sudah kita lakukan selama menjadi mahasiswa??
Seharian ngapain aja?? :D

Kalau hanya menjadi mahasiswa yang datang belajar kemudian pulang istirahat, anak SMA bahkan SMP juga bisa masuk kuliah.

"Katanya" masa kuliah adalah masa yang paling produktif. Waktu dimana kita membuat TOP skor, dimana kita menghabiskan kegagalan. Kalau gak punya ambisi ya wajar aja kalau gak ada prestasi.

Agar masa muda selama mahasiswa tidak terbuang sia-sia coba baca tips yang pernah saya baca berikut.

1. JADILAH MAHASISWA YANG AMBISIUS

Ambisi adalah alasan terbesarmu kamu melakukan sesuatu (penyemangat). Misalnya saja ambisimu ingin menjadi pacar si A, kamu pasti akan terus berusaha, akan melakukan apa saja demi mendapatkannya. Sama dengan kuliah, kalau tidak punya ambisi akan berat sekali rasanya.

2. TEMAN_TEMANMU AKAN MENJADI ORANG HEBAT APAKAH KAMU MAU JADI YANG TERTINGGAL DIBELAKANG?

Ada yang mau jadi orang yang gagal alias gelandangan pendidikan? lulus sarjana tapi 'KOSONG'? Kalau saya tidak mau! Pasti kamu juga gak mau kan? Makanya sebagai mahasiswa selalu berpikiran kedepan jangan hanya untuk saat ini. Lebih milih susah sekarang atau susahnya nanti?

Semua temanmu susah payah mengupgrade diri.. So,, jangan mau kalah! Sekarang adalah waktunya untuk menambah skillmu sebanyak-banyaknya.

3. APAKAH KAMU INGIN MENJADI LULUSAN YANG BIASA SAJA, YANG DIPANDANG SEBELAH MATA DAN TIDAK AKAN MENJADI APA-APA??

Ingat jangan lupa untuk menghitung untung rugi selama kamu kuliah. Lamanya waktu yang kamu habiskan plus uang selama 4 tahun udah setimpal gak sama kemampuan yang kamu dapat?? Jangan mau RUGI. Bayangkan kalau kamu rugi sama saja selama 4 tahun kamu tidak berbuat apa-apa. Tidak maju malah mundur..

Jalan kehidupan sudah ada, kamu yang tinggal memilih apakah memilih sukses atau gagal. Apabila ingin kembali gagal di usia selanjutnya maka silahkan bersantai-santai saja.

Tulisan ini saya buat untuk menjadi pengingat saya, kalaupun ada yang membacanya mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk yang membaca
Copyright © | Proudly powered by Blogger
DMCA.com Protection Status

Advertiser