Cara Mengatasi Tombol Keyboard Laptop Tidak Bisa Mengetik dan Selalu Muncul Properties

Beberapa hari yang lalu laptop teman saya tiba-tiba mengalami masalah. Masalahnya adalah tombol keyboardnya tidak bisa mengetik. Sudah di coba dengan membuka aplikasi word dan notepad beberapa kali kemudian digunakan untuk mengetik namun tetap juga tidak bisa.

Padahal sebelumnya laptop tersebut tidak di apa-apakan. Habis dipakai malam harinya kemudian pada pagi harinya dinyalakan lagi dan ternyata begitu dinyalakan kondisinya sudah seperti di atas, semua tombol di keyboard tidak berfungsi. Tidak hanya itu, ada tiga kondisi yang menandakan bahwa kamu sedang mengalami masalah ini:
  1. Apabila kamu buka windows explorer, kemudian ingin masuk ke salah satu partisi hardisk biasanya dengan mengklik partisi tersebut 2x. Tapi apabila dalam kondisi ini, setelah kamu mengklik 2x bukannya masuk ke partisi hardisk, tapi masuk ke properties hardisk tersebut
  2. Begitu juga halnya apabila kamu ingin membuka folder dengan mengklik 2x foldernya. Maka folder tidak akan terbuka tapi justru properties dari folder tersebut yang muncul.
  3. Semua tombol di keyboard tidak berfungsi alias tidak bisa mengetik di aplikasi apapun.
keyboard tidak bisa mengetik

Apabila kamu mengalami masalah seperti yang saya sebutkan di atas maka sudah bisa dipastikan masalah yang kamu alami sama dengan teman saya. Namun alhamdulilah sekarang masalah tersebut sudah teratasi.

Bagimana cara mengatasinya?


Cara mengatasi masalah keyboard tidak bisa mengetik ini sudah saya cari-cari di mbah google. Namun saya juga tidak menemukan solusinya. Ada yang mengalami masalah serupa namun dia mengatasinya dengan cara menginstall ulang lewat keyboard external.

Apabila harus diinstall ulang kan sayang banget. Belum lagi tidak ada keyboard yang bisa digunakan untuk keyboard external.

Entah darimana datangnya solusi tersebut tiba-tiba dia menekan tombol CTRL+ALT+W dan ternyata berhasil. Masalah yang sebelumnya keyboard tidak bisa mengetik, sekarang sudah kembali normal. Begitupun dengan masalah ketika ingin membuka folder muncul properties, semuanya sudah kembali seperti semula.

Adakah solusi lain apabila cara tersebut tidak bekerja?


Cara mengatasi sebuah masalah pasti tidak mutlak hanya dengan satu cara saja. Karena setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Masih banyak cara yang memungkinkan kamu untuk mengatasi masalah ini. Namun ada dua cara yang wajib kamu coba setelah cara pertama di atas yaitu:
  1. Restart laptop
  2. Install ulang dengan keyboard external

Langkah terakhir yang saya rekomendasikan adalah install ulang dengan keyboard external. Namun silahkan coba cara pertama terlebih dahulu dengan kombinasi tombol CTRL+ALT+W. Karena teman saya dengan cara menekan tombol tersebut sudah berhasil dalam mengatasi masalah tombol keyboardnya yang tidak bisa mengetik dan selalu muncul properties saat membuka folder.

Oke saya rasa cukup, silahkan berbagi apabila ada pengalaman yang berbeda. Mudah-mudahan cara ini bisa mengatasi masalah tombol keyboard laptop kamu yang juga tidak bisa mengetik seperti masalah di atas. 


Advertisement