7 Aplikasi Android Paling Boros Kuota Internet dan Memori di Smartphone

Banyak sekali aplikasi yang kita install di smartphone ternyata mempunyai konsumsi terhadap memori internal dan kuota internet yang tinggi. Oleh karena itu jangan heran apabila memori smartphone selalu penuh dan kuota kamu cepat sekali habis. Aplikasi yang termasuk golongan ini adalah aplikasi yang selalu siaga 24jam dan tersambung ke internet salah satunya seperti sosial media yang sering sekali mengalami pembaharuan.

Mungkin kita tidak sadar terlalu asik bermain sosial media seperti chat dan instagram sehingga lupa waktu. Ingat-ingatnya pas jaringan sudah tidak tersambung alias kuota sekarat. Sepertinya sosial media yang menjadi faktor utama penyebab kita jatuh miskin. Kalau dulu sms, setiap hari beli pulsa demi bisa smsan sama seseorang. Sekarang sms sudah tidak laku jadi tidak menyebabkan kita miskin lagi. Justru sekarang kuota sedang menjadi artis papan atas di dunia ini yang sedang memeras kita. :D

Aplikasi android paling boros kuota dan memori


Kenapa aplikasi ini bisa boros kuota internet dan memori?

Banyak hal penyebab aplikasi ini boros kuota internet dan memori internal. Beberapa hal diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Aplikasi selalu dalam mode online
  2. Terjadi transfer data yang besar dilatarbelakang meskipun tidak sedang digunakan (sinkronisasi otomatis)
  3. Terlalu menyimpan banyak chace internet
  4. Selalu membutuhkan update terbaru
  5. Terlalu banyak menyimpan history chat

Kurang lebih itulah beberapa penyebab secara umum kenapa aplikasi bisa boros kuota internet dan memori pada smartphone. 

Kemudian aplikasi apa saja yang tergolong dalam kategori boros memori dan kuota internet ini?


Menurut daftar yang dirilis avast dan AVG tahun 2016 lalu, ada 10 aplikasi yang menduduki posisi paling boros terhadap kuota internet dan penggunaan memori internal. Apabila kamu ingin membaca laporan lengkapnya silahkan cari di google dengan keyword android performance report. Dari 10 aplikasi tersebut berikut saya rangkum 7 aplikasi saja berdasarkan aplikasi yang sering kita gunakan. 

7 aplikasi yang paling boros terhadap kuota internet:

  1. Facebook
  2. Tools/widget Cuaca
  3. Instagram
  4. Google maps
  5. BBM
  6. Whatsapp
  7. Facebook messanger

7 aplikasi yang menyebabkan memori internal smartphone sering penuh:

  1. Facebook
  2. Google chrome
  3. Google maps
  4. Skype
  5. Facebook messanger
  6. Youtube
  7. Instagram

Sekali lagi daftar diatas adalah daftar yang sudah saya urutkan kembali berdasarkan aplikasi yang umumnya sering kita gunakan dari laporan si Avast dan AVG tadi.

Terlihat dalam daftar tersebut aplikasi yang paling boros terhadap kuota dan memori di android adalah facebook. Saya tidak heran apabila aplikasi tersebut masuk dalam posisi pertama, karena memang aplikasi tersebut mempunyai pengguna yang sangat banyak.

Semakin banyak pengguna dan fitur yang ditawarkan, maka semakin boros aplikasi tersebut terhadap kuota dan memori penyimpanan. Salah satu fitur yang menyumbang kuota terbanyak adalah fitur loading video otomatis. Selain itu juga banyaknya file yang kita kirim baik itu photo, dan dokumen akan berdampak pada penggunaan memori pada smartphone.

Apakah daftar diatas mutlak selalu sama untuk setiap pengguna android?


Jawabannya tentu tidak!

Daftar diatas bergantung lagi pada aplikasi apa yang sering kamu gunakan di smartphone masing-masing. Bisa saja kamu aktif menggunakan snapchat sehingga aplikasi itu yang menjadi posisi pertama dibandingkan facebook. Jadi jangan heran kalau daftar itu tidak sesuai dengan yang kamu alami.

Sebagai contoh aplikasi yang paling boros memori di smartphone android saya adalah line. Bisa kamu lihat pada gambar berikut.

aplikasi android boros memori smartphone


Adakah cara supaya aplikasi tersebut tidak terlalu boros kuota dan memori?


Ya, ini adalah bagian paling penting. Hal ini terjadi bukan semata-mata karena aplikasinya. Tetapi ini lebih terkait dengan penggunaan kita terhadap aplikasi tersebut. Bagaimana tips yang kita lakukan supaya aplikasi tersebut tidak menggunakan kuota internet disaat tidak digunakan.

Cara mengatasi boros internet adalah dengan cara mengaktifkan mode hemat data. Beberapa aplikasi dapat kita atur pnggunaan datanya seperti google chrome, instagram, youtube, dan facebook. Gunakan aplikasi versi lite atau operaMax yang bisa membantu kamu menghemat data internet hingga 50%.

Sedangkan cara untuk mengatasi seringnya memori internal smartphone penuh adalah dengan menghapus riwayat online atau chat secara berkala. Terutama aplikasi chat seperti bbm, line, whatsapp sangat banyak menguras memori. Belum lagi ditambah dengan file-file photo dan video yang kita kirim lewat aplikasi itu. Dengan membebaskan sebagian penggunaan memori juga dapat membantu android kamu agar tidak lemot.

Sekian artikel mengenai aplikasi android yang paling boros terhadap memori dan kuota internet semoga bermmanfaat.

Advertisement