Mana yang Lebih Baik Sistem Komentar Blogger atau Disqus?

Artikel ini berjudul tentang "mana yang lebih baik sistem komentar blogger atau disqus". Saya membuat artikel ini karena sempat galau beberapa hari yang lalu antara milih komentar bawaan blogger atau disqus. Sangat lama sekali saya berpikir untuk memilih diantara keduanya dengan masing-masing kelebihannya.

Saya tidak bermaksud mengunggulkan atau merendahkan hanya saja ini menurut yang pernah saya alami sendiri. Jadi kalau kamu punya pengalaman beda ya tidak masalah karena saya hanya berbagi pengalaman saya.

Menurut beritanya disqus ini sudah muncul lama namun baru booming lagi ketika 2016 lalu. Berawal dari situs-situs besar yang beralih ke layanan komentar ini. Kemudian mulailah blog-blog yang lain mulai mengikutinya sampai sekarang.



Kenapa disqus menjadi pilihan sebagian besar pemilik situs?

Salah satu alasan pertamanya adalah karena tampilannya yang elegan, simpel dan terkesan profesional. Sehingga banyak dari pemilik situs/blog yang tertarik mencoba fitur diskusi ini di blognya.

Namun tidak hanya itu saja alasan seorang blogger banyak yang beralih ke disqus. Namun masih banyak lagi kelebihan dan pertimbangan lainnya. Berikut gambaran secara lengkapnya mengenai komentar disqus dan komentar blogger ini.

Perbandingan antara komentar bawaan blogger dan disqus


#1 Kelebihan dan Kekurangan sistem komentar disqus


  1. Dari segi tampilan disqus terlihat elegan, simpel dan profesional
  2. Dari segi fitur disqus lebih aman dari komentar spam, dan mendukung fitur moderasi. Kita bisa memilih akan dimoderasi apabila ada komentar link saja atau selalu moderasi.
  3. Kita dapat membalas komentar yang masuk dengan mudah tanpa membuka blog karena komentar bisa dibalas langsung melalui email.
  4. Bisa mengedit tampilan disqus meliputi jenis huruf dan warnanya.
  5. Terdapat fitur discovery box yang menampilkan link pada beberapa komentar terbaru diartikel blog. Kamu dapat mengaktifkannya dengan klik photo profil disqus > Admin > General. Centang pada bagian discovery.
  6. Bisa menghasilkan uang lewat disqus dengan menjadi publisher iklan disqus. Masuk di Admin kemudian pilih Ads.
  7. Bisa melampirkan file saat berkomentar dan sistem komentar yang bisa diedit neskipun sudah diposkan. Cara komennya juga sangat mudah support login melalui facebook, twitter dan google plus.
  8. Loading juga cepat. Kamu juga bisa mendefernya apabila ragu dengan kecepatannya.
  9. Disqus sangat mirip dengan media sosial. Kamu bisa mengikuti diskusi dari blog yang mempunyai topik sama dengan kamu dan bisa saling follow antar sesama pengguna disqus. 
  10. Bisa import komentar blogger ke disqus
  11. Komentar tidak mempunyai emoticon
  12. Saya pernah membaca enatah diaman kalau untuk SEO sepertinya komentar disqus masih susah dicrawl sama robot google. Bisa namun tidak sebagus komentar blogger. 
  13. Apabila blog atau web diakses melalui googleweblight maka komentar tidak akan tampil.

#2 Kelebihan dan kekurangan komentar default blogger

  1. Loading sangat cepat tanpa perlu defer
  2. Mempunyai emoticon 
  3. Dari segi tampilan default komentar blogger terlihat simpel namun bisa juga diedit sesuai keinginan supaya tampil menarik gak kalah menarik dengan disqus
  4. Untuk SEO sistem komentar blogger sangat mudah diindeks oleh search engine sehingga apabila komentar berkualitas bisa mendongkrak artikel begitu sebaliknya
  5. Apabila ingin berkomentar harus login ke dashboard blogger
  6. Semua orang bisa koment asal punya akun google.
  7. Komentar akan tampil meskipun diakses dengan googleweblight, namun apabila ingin berkomentar tetap diarahkan ke halaman yang asli.
  8. Tambahin sendiri ya guys..:D

Itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan dari dua sistem komentar tersebut. Hanya sebatas itu saja yang saya tahu. Menurut saya kalau untuk seo komentar blogger lebih unggul, namun kalau dari segi fasilitas disqus memang bagus. Apabila ada yang mempunyai pengalaman berbeda mari silahkan berbagi. Sekian artikel tentang mana yang lebih baik antara sistem komentar blogger dan disqus. Silahkan kamu tentukan sendiri semoga ada manfaatnya.

Advertisement