Cara Mudah Mengunci File atau Folder di Windows 10 (dijamin secure)

Cara mengunci folder maupun file di Windows 10 atau windows berapapun baik itu windows 7 dan windows 8 sebenarnya sangat mudah. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengunci folder tersebut. Ada cara mengunci folder di windows 10 dengan software dan cara mengunci folder di windows 10 tanpa software. Tujuannya sebenarnya hanya satu yaitu supaya file pribadi tidak diketahui oleh orang lain.

Setiap orang punya privasi yang tidak ingin diakses oleh orang lain. Namun sepertinya hingga sekarang windows belum menyediakan fasilitas ini untuk mengunci folder. Hanya sebatas enkripsi dan enkripsi tidak akan berpengaruh apabila kita login windows menggunakan akun admin. Namun kalau kamu tidak ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga, ada solusi saya supaya folder atau file kamu tidak di akses orang lain yaitu dengan menyembunyikannya dan memanfaatkan bitlocker dari windows.

cara mengunci folder di windows

Jangan salah ini bukan hanya menyembunyikan file yang apabila kita klik menu view kemudian centang show hide akan muncul. Ini lebih secure bro! Folder dan file bakalan aman terkendali.

Ada dua cara yang akan kita gunakan untuk mengunci folder pada artikel ini. Pertama cara mengunci folder menggunakan software dan kedua tanpa menggunakan software/aplikasi. Silahkan kamu pilih mana yang kamu sukai.

Cara Mengunci Folder di Windows 10 Tanpa Software


Banyak cara yang bertebaran di internet khususnya yang copy code ke notepad kemudian disimpan dalam bentuk file .bat. Caranya memang mudah dan manjur, namun cara ini terlalu mudah dibobol. Meskipun saya tidak tahu apa passwordnya dan file batnya kamu sembunyikan, saya masih bisa mengaksesnya. Caranya gimana? Cari dulu file .bat tersebut, kemudian klik kanan dan pilih edit. Selanjutnya ganti passwordnya dan save kembali. Sekarang passwordnya sudah berubah. Sangat mudah kan?

Sebenarnya ada acara lain yaitu dengan memanfaatkan fitur encrypt di windows. Caranya yaitu klik kanan pada folder atau filenya, kemudian klik properties, lanjut klik advanced dan terakhir centang pada bagian encrypt contents to secure data. Namun cara ini sangat tidak saya sarankan karena tidak akan bereffect apabila windows login dalam mode admin (hanya berfungsi pada user lain).

Cara yang saya rekomendasikan adalah cara terakhir yaitu dengan cara menyembunyikan file atau folder di sebuah partisi khusus dan memberikan password dengan bantuan bitlocker. Maksudnya gimana? Maksudnya adalah kita terlebih dahulu membuat partisi baru yang memang dikhususkan untuk menyimpan file atau folder yang bersifat privasi.

Untuk cara menyembunyikan file atau folder yang aman sudah pernah saya posting sebelumnya. Silahkan baca trik keren menggunakan CMD.

Cara yang ini adalah menempatkan file/folder pada partisi khusus dan kemudian kita akan mengunci dan menyembunyikannya. Langkah—langkahnya adalah:

1. Silahkan buat partisi baru secukupnya sesuai perkiraan kamu. Apabila kamu bingung caranya silahkan baca Cara membuat partisi dan menggabungkan pastisi di Windows.
2. Setelah partisi selesai dibuat, pindahkan semua file privasi ke partisi tersebut.
3. Klik kanan pada partisi kemudian pilih Turn on Bitlocker
4. Centang pada pilihan use password to unlock the drive dan ketikkan passwordnya

Cara Mengunci File atau Folder di Windows

5. Selanjutnya pastikan kamu menyimpan backup key ke dalam fd atau laptop kamu untuk jaga-jaga kalau lupa password.

Cara Mengunci File atau Folder di Windows

6. Setelah itu klik next. Selanjutnya kamu akan dihadapkan dengan dua pilihan yaitu encrypt used disk space only (enkripsi hanya ruang disk yang digunakan) dan encrypt entire drive (Enkripsi seluruh disk). Sebaiknya pilih yang kedua yaitu encrypt entire drive dan klik next.

7. Selanjutnya terdapat dua pilihan lagi yaitu new encryption mode dan compatible mode (untuk yang bersifat removable seperti fd dan hardisk eksternal). Pilih bagian new encryption mode dan klik next.

Cara Mengunci File atau Folder di Windows

8. Terkahir klik start encrypting. Tunggu hingga selesai dan restart.

Setelah enkripsi selesai, selanjutnya supaya lebih aman kita sembunyikan partisi tersebut. Caranya adalah:
  1. Buka command prompt mode admin
  2. Ketikkan perintah diskpart dan tekan enter
  3. Ketikkan list volume dan enter
  4. Ketikkan lagi select volume 3. Angka 3 adalah nomor partisi yang ingin saya sembunyikan
  5. Terakhir ketik remove letter E. E adalah symbol huruf dari partisi yang akan saya sembunyikan. Lihat gambar berikut!
Cara Mengunci File atau Folder di Windows

Sekarang coba akses file explorer, maka partisi yang kamu sembunyikan tadi telah hilang. Untuk menampilkannya kembali ulangi laangkah 1-4, kemudian langkah 5 ganti dengan perintah assign letter E.

Cara Mengunci Folder di Windows 10 dengan Software


Banyak software atau aplikasi pihak ketiga yang bisa kita gunakan untuk mengunci folder pribadi. Software yang paling sering digunakan seperti Truecrypt, HidePoin dll. Namun disini saya akan memberikan tutorial yang paling mudah dengan memanfaatkan fungsi winrar.

Saya yakin hamper semua computer menginstall aplikasi ini. Daripada jauh-jauh install aplikasi lagi, mending kita manfaatkan aplikasi yang sudah ada.

Langkah-langkahnya juga cukup mudah yaitu:
  1. Cari folder/file yang ingin dikunci. Setelah itu klik kanan pada folder atau filenya pilih add to archive.
  2. Silahkan ubah namanya sesuai selera kalian. Centang pada pilihan lock archive, dan lihat pada bagian bawahnya klik set password.
  3. Isikan password, centang juga pilihan encrypt file name dan terakhir klik OK.
  4. Klik OK lagi dan Selesai

Note:
Kelemahan pad acara kedua ini adalah mengharuskan kita untuk membuat file archive dalam bentuk winrar. Apabila ukuran file atau datanya besar tentu akan memerlukan waktu yang sangat lama untuk membuat archive winrar tersebut. Cara yang paling ampuh menurut saya adalah cara pertama yaitu hanya memanfaatkan fasilitas windows namun ampuh.

Advertisement