Cara Mudah Uninstall Produk Adobe Creative Cloud (CC) yang Tidak Bisa di Uninstall

Artikel tentang cara uninstall produk adobe creative cloud (CC) yang tidak bisa di uninstall ini muncul setelah saya sendiri yang jadi korbannya. Beberapa minggu yang lalu saya memakai aplikasi dari Adobe yaitu Adobe premiere pro CC 2017 dan after effect cs6 untuk keperluan edit video KKN. Setelah selesai KKN saya mengupgrade OS laptop saya ke Windows 10 Creator Update.

Satu hari setelah upgrade selesai, saya berniat untuk bersih-bersih file laptop saya. Termasuk menghapus file dan program yang tidak saya gunakan. Ada banyak program yang saya hapus mulai dari matlab, arcgis dll. Termasuk juga aplikasi Adobe premiere pro cc dan after effect tersebut. Tujuannya cuma satu yaitu supaya disk memory di system saya tidak penuh.
cara uninstall adobe premiere pro cc yang tidak bisa diuninstall
Namun pada saat saya uninstall adobe premiere pro cc ini saya heran karena sudah saya coba uninstall berkali-kali namun tidak terhapus. Errornya saya lupa entah gimana bunyinya, yang jelas sampai di 2% langsung gagal uninstall! Sudah saya coba restart kemudian uninstall lagi hasilnya tetap sama. Kemudian saya berkelana ke si mbah (google) sempat aja ada solusinya. Ternyata benar, banyak orang yang mengalami hal serupa dengan saya.

Waktu itu ada salah seorang anggota forum bertaya di forum resmi adobe tentang hal ini. Saran dari pihak adobe adalah mengikuti petunjuk yang sudah ada di websitenya, namun cara ini gagal saya terapkan. Entah karena sayanya yang salah atau gimana. Tapi saya melihat orang yang bertanya tersebut juga sama seperti saya hasilnya GAGAL.

Kemudian saya baca lagi threadnya sampai kebawah, dan disitu ada yang menyarankan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu revo uninstaller. Langsung aja saya terapkan dan ternyata berhasil. Aplikasi adobe premiere pro cc yang ada dilaptop saya kini bisa hilang.

Namun sebelum kamu melakukan cara itu, masih ada cara lain yang mungkin bisa membantu. Berikut dijelaskan secara lengkap cara uninstall produk Adobe Creative Cloud (CC) yang tidak bisa diuninstall:

Cara uninstall produk adobe creative cloud  (Adobe premiere pro CC) yang tidak bisa di Uninstall


#1 Cara pertama,

Pastikan semua aplikasi Adobe sudah tertutup. Saya tidak menjamin cara ini berhasil, namun kamu patut mencobanya sebelum uninstall menggunakan aplikasi pihak ketiga. Langkah-langkahnya adalah:
  1. Tutup program adobe premiere pro dan program adobe yang berjalan
  2. Lihat program adobe yang berjalan di task manager, jika masih ada paksa aplikasi tersebut untuk berhenti berjalan.
  3. Caranya yaitu tekan tombol Windows+X, kemudian pilih task manager.
  4. Lihat contohnya seperti gambar di bawah. Setelah dipastikan tidak ada lagi program adobe yang berjalan, silahkan uninstall aplikasinya.
cara uninstall adobe premiere pro cc yang tidak bisa diuninstall

#2 Cara kedua,

Cara yang kedua ini kita menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Cara ini juga bisa digunakan untuk menguninstall program atau aplikasi lain yang tidak bisa di uninstall melalui control panel. Langkah-langkahnya yaitu:

1. Silahkan download aplikasinya terlebih dahulu. Namanya revo uninstaller pro silahkan cari di webnya kuyhaa

2. Setelah terinstall buka aplikasi tersebut. Setelah terbuka akan terlihat daftar aplikasi yang kita install. Pilih aplikasinya misalnya adobe premiere pro cc dan pilih uninstall di menu bagian atas.
cara uninstall adobe premiere pro cc yang tidak bisa diuninstall
3. Silahkan tunggu, Akan muncul kotak performing the initial analysis and uninstall seperti di bawah ini.
cara uninstall adobe premiere pro cc yang tidak bisa diuninstall
Pilih pada bagian advanced untuk uninstall secara penuh termasuk menghapus file-file terkait aplikasi tersebut yang ada di local disk c, kemudian klik scan.

4. Hasil scan akan keluar seperti gambar di bawah pilih select all, kemudian delete. Tunggu hingga muncul lagi hasilnya dan pilih select all lagi kemudian delete dan finish (Sebagai contoh pada gambar di bawah, saya menggunakan flash tool bukan adobe secara langsung karena saya tidak screenshoot pada saat itu).
cara uninstall adobe premiere pro cc yang tidak bisa diuninstall
cara uninstall adobe premiere pro cc yang tidak bisa diuninstall
Setelah semuanya selesai untuk memastikan hasil uninstall terhadap adobe premiere pro cc atau program yang lain benar-benar bersih. Silahkan menuju ketempat folder instalan aplikasi tersebut di local disk c. Misalnya sebagai contoh saya menguninstall adobe premier pro cc 2017 maka folder instalannya ada dua yaitu di C:\Program Files (x86)\Adobe dan C:\Program Files\Adobe. Periksa apakah masih foldernya? Kalau ada silahkan hapus secara permanen dengan menekan shift+Del (supaya tidak bikin penuh memory).

Sekian Cara mudah uninstall produk Adobe Creative Cloud (CC) seperti adobe premiere pro cc 2017 dan after effect cc maupun photoshop yang tidak bisa di uninstall. Semoga ada manfaatnya!

Advertisement