PEREMPUAN CANTIK DAN ANGGUN

Apa itu wanita Cantik?? Apa bedanya dengan wanita yang anggun??  Dan bagaimana pandangan islam tentang seorang wanita?? Baiklah pada kesempatan ini saya akan menguraikan tentang seputar pokok pembicaran di atas dan apabila saya menguraikan dalam tulisan saya ada kesalahan mohon sekiranya untuk di koreksi demi kebaikan  bersama.. :)


Baiklah kita mulai dari yang pertama yaitu “Apa itu wanita cantik??

Kata cantik identik dengan sesuatu hal yang indah, sesuatu hal yang secara universal bagus.

Seorang wanita dikatakan cantik apabila telah di inderakan oleh mata. Tapi tidak dengan hati. Bisa saja seseorang wanita sekarang dikatakan cantik tapi besok, lusa dan seterusnya dia dikatakan tak menarik alias biasa biasa saja.

Banyak wanita yang membanggakan dirinya dengan kecantikannya, bahkan sampai-sampai mempertuhankan kecantikannya sampai lupa segalanya dan rela berkorban berapapun demi kecantikannya.

Cantik itu memang penting! Dan menjadi baik itu lebih penting.

Ingatlah bahwa kecantkan itu hanya titipan Allah yang sementara dan bisa saja rupa yang cantik dalam sekejap mata bisa jadi rupa yang sangat buruk jika Tuhan menghendaki. Dan ingatlah seorang lelaki sejati yang tulus dia tidak akan mencintaimu karena kecantikan yang ada pada dirimu.

Laki-laki yang cenderung mencintaimu karena kecantikanmu dia akan sulit untuk setia hanya sebatas cinta dimata tapi tidak di hati. Ketika ada seorang wanita yang lebih cantik darimu maka dia akan pergi secara perlahan meninggalkanmu, apalagi kalau sudah tidak menarik lagi mugkin dia akan membuangmu.

Percayalah jika hanya membanggaka kecantikan sungguh banyak wanita yang lebih cantik darimu.


Berbeda halnya dengan wanita anggun. Dan kemudian bagaimana seorang wanita dikatakan anggun??

Anggun dalam pemahaman kita sehari – hari adalah sesuatu yang enak dipandang, santun, menyejukkan hati dan terlihat lebih punya kualitas diri.

Hampir mirip dengan kata catik diatas. Tapi sesorang dikatakan anggun itu adalah diatas lebih dari cantik. Banyak orang catik tapi hanya sedikit orang yang anggun. Anggun itu pada dasarnya dinilai lebih pada sikap dan kepribadiannya. kelebihan sesorang yang anggun adalah sesorang yang anggun akan lebih dicintai dan dihormati oleh seorang laki-laki. Itu lah salahsatu ciri kualitas dari seoranng wanita.

Dan ini semua di bahas  dalam agama khusunya islam. Saya sebenarnya tidak tau banyak tentang agama tapi saya akan menguraikan apa yang saya bisa saja. Sekali lagi kalau ada kesalahan mohon di koreksi.
Dalm agama islam seorang wanita yang dianggap anggun dan lebh di hormati adalah wanita yang senantiasa manjaga perhiasan atau auratnya. Seperti yang yang dejelakan dalam Surah An-Nur:18:31

Artinya:

"Dan katakanlah kepada perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan menelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya(auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutup kain kerudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, tau putra2 mereka, atau putra2 suami mereka, atau saudara-saudara laki2 mereka, atau putra2 saudara laki2 merka, atau putra2 saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama islam) mereka. Atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki2 (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan), atau anak2 yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang2 yang beriman agar kamu beruntung." (QS. An Nur:31)

Dari ayat diatas sudah jelas bahwa bagi perempuan dalam islam dianjurkan untuk menutupi perhiasannya. Karena yang berhak untuk itu hanyalah suaminya kelak.

Kenapa diperintahakan untuk menjaga dan menutup aurat???

Karena dalam islam sangat menghormati perempuan. Aurat adalah harga diri bagi seseorang khususnya muslimin. Bukan merendahkan martabat wanita dengan menutupinya itu adalah pandangan yang sangat keliru. Alasan perempuan dalam islam untuk berhijab adalah terdapat dalam Surah Al Ahzab:22:59

Artinya:

“Wahai nabi katakanlah kepada isteri-isterimu,anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin, “hendaklah mereka menutup jilbabanya keseluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali,sehingga mereka tidak diganggu.” (QS. Al-Ahzab:59)

Dan terakhir saya ingin mengutip sebuah pernyataan dari buku mas furqon “Jangan Jatuh Cinta Tapi Bangun Cinta”
Didalam buku itu tertulis tentang gambaran seorang wanita yang cantik dan anggun seperti ini:

INNER BEAUTY

Wanita yang memandang kecantikan hanya sebatas tampilan fisik
Maka ia rela duduk berjam-jam untuk menghias dirinya
Bahkan menghabiskan jutaan rupiah demi mempertahankan kecantikannya.
Tak sedikit juga yang ingin terlihat lebih mengambil jalan cepat dengan operasi plastik.

Duhai kaum hawa
Cantikmu yang sejati adalah pada keimanan, ilmu dan ketaatanmu pada Allah dan suamimu kelak.
Kami lebih menghargai dirimu yang dapat menutup aurat, berjilbab dan berakhlak mulia

Untuk apa indah di mata manusia, namun hina di mata Allah?
Untuk apa cantik di dunia, namun terbakar di neraka?

Berapa banyak wanita yang lipstiknya lebih murah dibandingkan harga dirinya?
Berapa banyak wanita yang dirinya tidak lebih mahal dibandingkan make-up nya?
Berapa banyak wanita yang kehormatan dirinya lebih rendah dibandingkan perhiasan yang bercokol di tubuhnya?

Moga semua wanita jadi sebaik-baik wanita. Yang terhormat dan mulia karena kecantikan akhlaknya. Aamiin

Advertisement