Intuition

Apa itu intuisi???

Menurut Kamus Besar Bahasa  Indonesia atau disingkat KBBI :D arti kata intuisi adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati. sesuatu ide atau keputusan yang muncul ketika dalam keadaan gaswat darurat. :D

intuisi

Untuk lebih memahami bayangkanlah situasi berikut ini. Di sebuah kantor, seorang eksekutif menyelesaikan pekerjaanya yang sedang diburu tenggat,. Tiba-tiba telepon seluler berbunyi. Saat bersamaan surat berkategori urgent masuk melalui faks. otomatis konsentrasinya pun akan pecah.

Tetapi apa boleh buat?? adanya teknologi itu memang dikehendakinya sehingga dia dapat mengakses semua hal dan permasalahan. meskipun pekerjaan penting di komputernya menjadi tertunda dan bahkan melewati masa tenggat. Peristiwa tersebut sering terulang dalam kehidupan kita manusia. hal ini yang menyebaban kita seperti hilang akal sehat, menjadi terhanyut  karena terdesak untuk menyelesaikan berbagai tugas yang datang silih berganti. Pada saat bersamaan mungkin kita harus memikirkan permasalahan yang lain yang harus segera diatasi.

Di sinilah lambat laun hal itu akan menjadi hantaman yang bertubi-tubi dan akan mengantarkan kita ke depresi. bahkan dalam jangka panjang hal ini bukan hanya mempengaruhi kecerdasan emosi tetapi juga mengurangi kecerdasan intelektual kita, sehingga kita akan tampak menjadi bodoh, serba salah, panik dan buta emosi. pada saat seperti inilah intuisi sangat di perlukan dan apabila hal diatas terjadi terus menerus maka ketajaman intuisi seseorang akan melemah.

lalu bagaimana cara mengatasi pikiran depresi??

jawabannya sangat mudah yaitu pertajam intuisi yaitu dengan relaksasi. pada saat kita disibukkan dengan berbagai hal sangat diperlukan adanya relaksasi. latihan relaksasi yang teratur dapat menyetel ulang tombol-tombol pemicu dalam amigdala (struktur yang memainkan peran sangat penting dalam situasi darurat emosi). sehingga pikiran tidak mudah terprovokasi olek tekanan.

Relaksasi  diibaratkan sebagai pembersihan rutin untuk membersihkan endapan-endapan residu pikiran akibat tekanan tekanan atau stres rutin. tanpa kita sadari kita sebagai umat islam telah melakukan relaksasi rutin yaitu dengan ibadah shalat lima waktu. maka dari itu shalat selain bernilai ibadah juga bernilai untuk jasmani sebagai relaksasi. pada saat yang sama, efek shalaat juga akan membawa efek terjaganya fitrah suara hati. Melahirkan karakter unggul manusia, karakter percikan dari sifat-sifat mulia dari Allah SWT.

Sumber: SPIRITUAL COMPANY oleh Ary Ginanjar Agustian

Advertisement

Load comments