Tulisan Singkat Tentang Geofisika

Update 07 May 2016

Pada kesempatan ini saya akan berbagi mengenai pengalaman saya sebagai mahasiwa geofisika mungkin masih ada yang penasaran dengan jurusan geofisika. baiklah langsung saja ke intinya..

Jurusan Geofisika

Apa itu Geofisika??


Geofisika adalah metode yang mempelajari bumi dan batuan dengan menggunakan pendekatan fisika. Dapat dikatakan lebih simpelnya geofisika itu adalah gabungan antara fisika dan geologi serta matematika.

Jurusan geofisika adalah sebuah jurusan yang sangat luas prospek kerjanya yang berkaitan dengan eksplorasi minyak dan gas bumi, mineral ekonomis, serta mitigasi becana alam yang terdapat di lingkup permukaan bumi hingga dalam perut bumi dengan menggunakan pendekatan fisis serta metode-metode geofisika.

Apa yang dipelajari di geofisika? 

yang dipelajari itu meliputi Matematika, Fisika, Geologi, Komputasi, Oseanografi dan Geofisika itu sendiri yang terbagi lagi kedalam beberapa mata kuliah.

Metode-metode apa yang diterapkan dalam geofisika??


Ada beberapa metode yang digunakan dalam geofisika untuk mempelajari keadaan dalam perut bumi. Metode ini biasa juga disebut sebagai survey geofisika. 

Apa saja metodenya?

1.  Metode Geolistrik (Metode resistivity atau tahanan jenis)

2.  Metode Seismik refraksi dan refleksi

3.  Metode GPR (Groun penetrating radar)

4.  Metode Gravity (Metode gaya berat)

5.  Metode Magnetik


Apa bedanya teknik geofisika dan geofisika (MIPA)??


Sebenarnya sih sama saja, cuma tergantung dari universitas masing-masing mau memasukkan geofisika itu ke bidang teknik atau ke MIPA.

Sebagian Univeritas seperti UGM dan Unhas memasukkan Geofisika kedalam Fakultas MIPA dengan alasan karena geofisika itu berasal dari jurusan fisika dan harus mempunyai dasar ilmu fisika yang kuat di samping ilmu geologinya.

Sebagian memasukkan ke teknik karena itu merupakan mata kuliah terapan jadi di masukkan ke fakultas teknik seperti di ITB.

Bagaimana prospek kerja jurusan Geofisika??


wahh,, jangan ditanya lagi deh kalau geofisika prospek kerjanya sangat banyak. misalnya saja:

1. Bidang pemerintahan : dinas pertambangan PEMDA, departemen ESDM dll.

2. Bidang pertambangan dan perminyakan : PT. chevron, Total indonesia, Freeport indonesia dll.

3. Bidang pendidikan dan peneliatian : Dosen, BMKG, LIPI dll.

4. Bidang teknologi informasi dan perbankan juga bisa karena geofisika juga mempelajari
   pemrograman.


Tabel ini saya dapat dari kaskus.co.id thread dari mas pjamparing yang menunjukkan bahwa di bidang geofisika itu sendiri jumlah pengangguran adalah 0,0%.
prospek kerja geofisika

Hal itu menunjukkan bahwa kebutuhan dunia kerja akan lulusan geofisika sangat tinggi dan gaji yang ditawarkan pun tidak main-main. Mereka yang sudah ahli gaji bisa mencapai 90 juta per bulan sedangkan untuk pemula 6.5 juta per bulan, excellent!!

Apa bedanya Geofisika dan Geologi?? 


Pada dasarnya keduanya termasuk ilmu yang mempelajari bumi.

Perbedaanya yaitu jika geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi dengan melakukan penelitian langsung terhadap batuan, baik dari singkapan ataupun pengeboran serta meneliti gambaran tentang struktur, komposisi, dan sejarahnya yang dapat dilakukan dengan beberapa analisis.

Sedangkan geofisika mempelajari bagian-bagian bumi yang tidak dapat terlihat langsung dari permukaan malalui pengukuran sifat fisikanya yaitu dengan berbagai metode geofisika seperti seismik, geolistrik, gravity dll.

Apa saja komunitas yang ada dalam Geofisika??


Banyak bangett!! di Unhas sendiri tempat saya kuliah komunitas geofisika terdiri dari:

1. HAGI (Himpunan Ahli Geofisika)
2. SPE SC (Society of Petrolium Engineers Student Chapter).
3. SEG (Society of Exploration Geophysics)
4. EAGE ( European Association of Geoscientists and Engineers)

Tinggal milih sendiri mau masuk komunitas yang mana, tentunya juga harus sesuai dengan konsentrasi yang diambil.

Terakhir hampir lupa,, di geofisika itu sendiri yang tidak kalah serunya yaitu banyak praktik lapangannya atau field trip.

Nah, bagi yang suka berpetualang ini sangat cocok bagi anda. berpetualang sekaligus mempelajari alam, ciptaan Tuhan yang luar biasa sempurna. rugi banget kalau sampai gak ikutt .

Gimana?? tertarik dengan geophysics??

Cukup sekian Tulisan Singkat Tentang Geofisika, sebenarnya semua jurusan itu sama asal kita menekuni dengan benar. sebagus apapun jurusannya kalau Tuhan tidak menghendaki pekerjaan maka akan menganggur juga. jadi hargai setiap yang kita punya dan lakukan dengan benar. :)

Advertisement

Load comments