Type something and hit enter

author photo
By
Sering kali kita di buat jengkel oleh virus shortcut yang membuat file di fd mendadak jadi hilang. Padahal lagi buru-buru mau print tugas ehh ternyata filenya malah hilang, kan baper jadinya. Terlebih lagi jika file itu adalah file yang sangat penting. Kebayang kan gimana paniknya.

Contohnya seperti saya yang sering mengalami kayak ginian nih. Setiap ingin ngeprint lewat fd medadak filenya berubah menjadi shortcut dan hilang. Tapi tidak usah pusing, ternyata filenya gak hilang cuma di sembunyikan sama virus shortcut tadi dan bisa di munculkan lagi.

Biasanya orang yang sering mengalami hal ini penyebabnya adalah flashdisk yang digunakan bervirus. Kemungkinan lain adalah karena laptop tempat kita ngeprint tersebut adalah sarang virus.

Baca juga: Cara memperbaiki windows yang corrupt dengan CMD!

Berikut langkah-langkah atau cara mudah mengatasi file di flashdisk yang hilang.


1. Apabila di laptop sobat terinstal smadav mending scan aja tuh fd dengan smadav. Meskipun antivirus buatan indonesia tapi lumayan ampuh kok kalau buat scan file terhidden..:D
2. Cara jitu apabila scan dengan smadav  masih gagal.

Cara Mengatasi file di flashdisk yang hilang

Masuk CMD run sebagai administrator, masuk ke direktori fd tersebut misal fd berada di drive H, maka ketikkan "H:" tanpa tanda kutip dan enter. kemudian ketikkan attrib -s -h /s /d *.*

Tunggu beberapa saat sampai kursor kembali ke drive H (drive fd) seperti pada gambar di atas. Kemudian jika sudah, cek kembali semua file di flashdisk. File yang semula hilang sekarang pasti sudah kembali.

Salam sukses :)