Tips Hemat Ala Mahasiswa Kos

Sebagai mahasiswa tentunya banyak sekali kendala yng harus dihadapi apalagi sebagai mahasiswa rantauan. Masalah utama adalah persoalan uang. Sehingga diperlukan tips atau sebuah kebiasaan untuk dapat sehemat mungkin. Bahkan mahasiswa dengan uang saku tinggi pun dapat mengalami hal ini.


Baca juga:
Waspadai gejala malas kuliah


Oke, langsung saja berikut tips menghemat uang ala mahasiswa kos:

1. Pisahkan antara keinginan dan kebutuhan


Sobat harus bedakan tuh yang mana kebutuhan dan keiginan. Belilah yang memang menjadi kebutuhan dan sangat diperlukan. Maslah keinginan itu bisa di nomor sekian kan. Jangan sampai gara-gara keinginan yang bias dtunda lantas kebutuhan kuliah yang penting terlewatkan karena habis uang.

2. Membuat batasan


Membuat batasan pengeluaran juga sangat penting ketika kita kuliah nih. Kita bias saja kehabisan uang akibat pengeluaran per hari yang membengkak tanpa kita sadari. Misalnya kita membuat batasan pengeluaran perharinya itu cukup 5ribu untuk membeli lauk dan sayur saja. Selain itu tidak ada pengeluaran kecuali kebutuhan mendesak. Kan jadi lebih hemat 1 bulan sobat hanya mengeluarkan uang 150rbu untuk makan.

3. Membuat daftar kebutuhan


Buat sebuah daftar kebutuhan bulanan alias belanja bulanan. Daftar kebutuhan sobat yang sudah habis misalnya sabun, shampoo, beras dan lainnya untuk 1 bulan kedepan. Dengan begitu kebutuhan pokok sobat tidak akan pernah terlewatkan karena kehabisan uang.

4. Berani bilang tidak


Hal yang paling besar yang menjadi masalah yaitu ketika di kampus kita di ajak makan di kantin atau di warung “Hey, ayok makan dulu di X sambal nunggu waktu kuliah”. Jika setiap ajakan itu kita iyakan dalam hitungan hari yakin saja uang sobat akan habis untuk makan padahal kita belum tahu kapan kiriman selanjutnya datang.

Yakinkan diri anda untuk berkata “TIDAK” . Ingat hidup di rantauan tanpa UANG=NGENES!! :D

5. Jangan malas


Masalah utama lainnya sebagaian besar mahasiswa adalah MALAS.  Pulang kuliah sore  kadang malam dengan berbagai tugas menumpuk itu kadang membuat penyakit malas datang. STOP!! Jangan terlena. Janagan jadikan malas menjaadi kebiasaan.

Mulailah dari hal kecil misalnya dengan masak nasi sendiri dan mencuci. Dengan masak nasi sendiri sobat sudah menghemat 3ribu setiap makan, 3 kali makan berarti 9ribu. Dan mencuci sendiri sudah hemat 4.500 stiap kilonya. Bayangkan tidak terasa kita sudah menghemat 12.500?? lumayan kan uangnya bisa di alihkan untuk jajan. :D

6. Hunting warung murah


Jika memang tidak memungkinkan untuk masak, coba cari warung-warung murah. Begtulah trik mahasiswa. Tidak heran bila warung murah akan ramai dengan para mahasiswa. :D

7. Berhenti merokok


Merokok bagi sebagian orang jadi sangat penting bahkan jadi kebutuhan pokok. Cobalah untuk mengurangi sedikit demi sedikit. Apalagi jika merokok hanya untuk bergaya mending gak usah deh. Bayangin aja jika kamu merokok habiskan 1 bungkus perharinya denga harga 15ribu selama 1 bulan kamu udah bisa menghemat 450ribu. Bayangkan??? Luar biasa kan.

8. Bawa uang secukupnya saja


Awal bulan biasa dompet masih tebal dengan uang biru sama merah. Ini nih kadang muncul godaan untuk belanja atau beli sesuatu yang sebenarnya  tidak perlu. Kalau pergi kuliah atau berbelanja sebaiknya bawa saja ang seperlunya. Selebihnya simpan dengan aman atau bias juga kamu investasikan ketemen kamu. :D

9. Ikut seminar gratis


Siapa sih yang gak mau gratisan..?? :D

Selain makan gratis dapat juga ilmu. Wow, excellent lah! Jaman sekarang kan mulai langka tuh yang namanya gratisan makanya jangan sia-siakan seminar gratis di kampus.

10. Beli mie instan sekardus


Jangan salah ya? Mie instan bisa menjadi alternative saat tanggal tua lho. Dengan harga hanya 2ribu apalagi jika anda membelinya dalam sekardus?? Tapi saya sarankan jangan terlalu sering konsumsi mie instan Bahaya!

Ntar keriting :D

Sekian tips hemat ala mahasiswa kos mudah-mudahan bermanfaat. :)

Advertisement

Load comments