12 Tips dan Kebiasaaan Mahasiswa Sukses

Sukses bagi seseorang tentu mempuyai jalan yang berbeda-beda, ada yang mudah dan ada yang sangat susah.

Sukses mempunyai arti beberapa versi. Ada yang mengatakan suskses apabila cita-citanya tercapai, ketika hidup bahagia serba ada, ketika punya uang banyak dan lain-lain. Kadang kita menginginkan sukses namun yang kita lakukan sehari-hari jauh dari kata suskes.

Itulah yang sering kita abaikan. Kita terlalu sibuk memikirkan sukses sehingga tidak ada lagkah-langkah kita menggapai  sukses. Jika kita ingin sukses tentu ada beberapa hal yang harus kita lakukan dan sudah pasti itu tidak mudah. Semakin besar usaha untuk menggapai sukses maka semakin besar juga sukses yang akan kita dapatkan. So, mari memanfaatkan waktu kita dengan baik. :)

tips dan kebiasaan mahasiswa sukses

Baca Juga:

Berikut 12 tips dan kebiasaan mahasiwa sukses yang perlu kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari kamu.

1. Berpikir terbuka / flexible

Sebagai mahasiswa tentunya kamu harus sedikit merubah cara berpikir yaitu dengan berpikir terbuka dan flexible. Terbuka dalam artian hal ini kamu dalam dunia kuliah bakalan menemukan berbagai macam kebiasaan baru, orang-orang baru dengan lingkungan yang baru. Kamu harus berpikiran terbuka terhadap mereka.

Karena setiap tempat adalah sekolah dan setiap orang adalah guru. Selain itu kamu juga harus flexible dan mampu menempatkan sesuatu pada posisinya khususnya dalam bergaul.

2.Tak punya kata menyerah

Dalam kulliah itu kita seperti kerja multitasking, semua kamu kerjakan sendiri. tugas yang numpuk, jadwal yang padat, belum lagi ditambah pekerjaan kos dan kegiatan yang lain. Tidak heran apabila banyak juga yang menyerah dan putus ditengah jalan. Jika kamu memang ingin jadi orang yang sukses , kamu harus benar-benar tahan banting. Pertegas tujuan kamu dan pacu diri kamu untuk menyambut sukses yang di cita-citakan sebelum akhirnya terlambat.

3. Terus Belajar

Terus belajar bukan berarti dengan memandangi buku seharian saja. Belajar tidak hanya dengan buku. Pada saat sudah jenuh cobalah belajar dari hal yang menarik. Kamu bisa melakukan hobi kamu, itu juga bagian dari belajar. Ruang belajar itu tanpa batas, dan ilmu juga tak terbatas. Belajarlah dari hal-hal yang kamu sukai.

4. Selalu penasaran (tidak menerima begitu saja)

Munculkan sifat untuk tahu lebih banyak dalam diri kamu dengan begitu secara tidak langsung akan melatih saraf otak untuk focus dan berpikir terhadap sesuatu yang kita lihat dan pelajari. Hal itu juga yang akan menjadikan kita berpikir kritis.

5. Punya jadwal yang terencana dan jelas

Kesibukan kuliah yang sangat padat itu biasa membuat kamu melewatkan sesuatu yang penting yang harus kamu kerjakan. Makanya kamu harus punya jadwal agenda harian.

Tulis hal-hal penting  yang harus kamu kerjakan. Kemudian tempel atau letakkan jadwal agenda itu ditempat yang  mudah kamu lihat. Dengan begitu kamu tidak akan pernah melewatkan satu hal pun dalam keseharian kamu. Semua akan terstruktur dan gak ada istilah terburu-buru atau lupa.

6. Menggunakan kesempatan yang datang

Bagaimana kalu kita gak siap??

Terkadang kita memang melewatkan  kesempatan begitu saja dengan alasan tidak siap. Mau tidak mau kamu harus selalu siap. Yakinkan pada diri kamu bahwa kamu selalu siap. Buktikan pada orang-orang disekitarmu bahwa kamu memang pantas memiliki kesempatan itu. Ingat, sekali saja kamu terbiasa melewatkan kesempatan, maka kesempatan yang lain akan sulit lagi datang kepadamu.

Jadi, ambil setiap kesempatan yang ada dan kesempatan akan selalu datang kepadamu. :)

7. Tekun dan Disiplin

Emang penting??

Penting banget.

Untuk sukses kamu harus punya disiplin dan ketekunan yang tinggi. Dalam dunia kerja juga diutamakan orang-orang yang berkompeten. Tentunya tidak lain adalah orang-orang yang disiplin dan berkemauan tinggi. Sebuah kebiasaan disiplin tidak bisa dibiasakan begitu saja, kamu butuh waktu lama. Sebelum terlambat tidak ada salahnya kan di mulai dari sekarang. :)

8. Punya tujuan jangka pendek dan panjang

Kamu harus mempunyai target yang  harus dicapai baik itu dalam waktu dekat ini ataupun dalam waktu yang agak lama. Fungsinya adalah sebagai bahan koreksi. Misalnya saja kamu mempunyai target semester ini IP diatas 3,5.

9. Selalu mencatat

Kok mencatat??

Jangan meremehkan catatan, dengan mencatat kamu akan mudah mengingat semua hal yang sudah kamu pelajari. Kamu tidak bisa hanya dengan mengandalkan kemampuan mengingat saja. Semakin banyak indera yang difungsikan dalam mempelajari sesuatu semakin lama juga kamu akan mengingatnya.

Mau sukses?? Perbanyak mencatat.

10. Aktif mengikuti kegiatan ekstra

Bukannya kegiatan ekstra bakalan menyita waktu??

Memang. Tapi kamu harus pandai memilih kegiatan ekstra yang mendukung kamu untuk sukses. Banyak sekali kegiatan ekstra kampus yang bisa kamu ikuti. Mulai dari UKM, SC(student chapter) sampai keseminar dan diskusi-diskusi yang ada di kampusmu. Dari sana kamu akan memperoleh teman baru dan tentunya dengan pengalaman dan ilmu baru.

11. Membuat kelompok belajar

Buat kamu yang ingin belajar tapi terasa malas cobalah  untuk buat semacam belajar bersama. Misalnya dengan kerja tugas bersama-sama. Tidak hanya seru tetapi juga semua tugas kamu bakalan selesai alias gak terbengkalai lagi.

12. Jangan lupa istirahat yang cukup

Selain beberapa kebiasaan dan tips diatas kamu juga harus selalu mejaga istirahat yang cukup. Otak dan badan kamu juga perlu istirahat jadi jangan terlalu dipaksakan. Berilah waktu untuk diri anda untuk beristirahat.

Demikian tips dan kebiasaan mahasiswa sukses yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari, semoga bermanfaat.

Advertisement