Pesona Wisata di Luwu Timur, Ternyata Luwu Timur Eksotis Bangeettt!

Luwu Timur merupakan daerah kelahiran saya tepatnya di daerah Argomulyo. Saya baru sadar ternyata banyak juga objek wisatanya. Buat kamu yang belum tahu daerah Luwu Timur ini ane kasih gambarannya.

Kabupaten Luwu Timur adalah salah satu daerah tingkat II di provinsi Sulawesi selatan, Indonesia. Daerah ini merupakan pemekaran dari kabupaten Luwu Utara pada tahun 2003 lalu. Ibukotanya terletak di Malili di ujung uatara teluk Bone. Kabupaten ini memiliki luas daerah 6.944,98 km2. Di Kabupaten ini juga terletak PT Vale yang dikelola oleh INCO sebuah perusahaan asal kanada yang terletak di Sorowako.

daerah luwu timur

1. Air terjun sungai Anuang

Objek wisata ini terletak 30 km arah utara Mangkutana di poros Trans-Sulawesi arah Poso, tepatnya di desa Kasintuwu. Tempat ini tidaklah sulit untuk ditemukan karena tepat di sisi kanan jembatan yang melintas diatasnya. Pengunjung yang datang kebanyakan berasal dari perjalanan panjang dari Sulawesi Tengah menuju Sulawesi Selatan yang singgah untuk refreshing. Derasnya air yang mengair dihiasi dengan bebatuan alami dan sejuknya pohon disekitarnya menamba suasana semakin segar.

2. Pantai Lemo

Pantai Lemo luwu timur

di Kecamatan burau tepatnya di desa mabonta kita disuguhi pemandangan pantai dan laut lepas Teluk Bone di pantai lemo. Di sini kita kan disuguhi dengan rimbunan pohon kelapa disetai hamparan landai pasir yang panjang menjadikan pantai ini menjadi salah satu idaman pengunjung. Tidak hanya itu kamu di sini juga bisa berkeliling pantai menggunakan ketinting masayarakat sekitar. Kamu juga dapat bersantai di rumah-rumah yang dibangun di dekat pantai.

3. Pesona Bawah Laut Bulu’ Poloe

Wisata yang satu ini terletak di Pulau Bulu’ Poloe ujung utara Teluk Bone. Suatu potensi wisata bawah laut dengan keindahan aneka terumbu karang dan biota laut yang keren banget. Gak bakalan kalah dengan tempat lain deh.. Untuk ke tempat ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit menggunakan perahu ketinting.

4. Air terjun Mata Buntu

Ini nih objek wisata yang gak kalah keren dari yang lain yaitu Air terjun mata buntu yang terletak di Kecamatan Wasuponda. Jika kamu memasuki daerah ini kamu akan disambut dengan kerasnya suara air terjun, dan dinginnya serasa menusuk tulang. Tapi lama kelamaan kamu bakalan terbiasa juga. Suasana di tempat ini sangat cocok untuk bersantai melepas penat bersama keluarga, dengan suasana hutan tropis, sambil menikmati undak-undakkan air terjun bersusun 33 yang terbentuk alami. Bonus kupu-kupu beterbangan dan hinggap diantara anggrek hutan yang mnyembul diantara pakis hutan dan bebatuan yang tertata rapi akan memanjakan mata kamu.

Keunikan dari objek wisata ini adalah diundakan paling atas pengunjung dapat menemui sebuah batu berbentuk alat kelamin pria yang konon katanya dapat membantu bagi pasangan yang belum di karuniai anak, adapula yang meyakini sebagai tempat mengikat janji bagi pasangan muda mudi. Bagaimana kamu penasaran?? :D

Oiya, sekedar saran sebaiknya kamu datang kesini pada hari tertentu, karena kalau pada hari raya atau sejenisnya tempat ini bakalan ramai dan bahkan penuh. Jadi silahkan tentukan time yang pas ya..:)

5. Danau Matano

Danau Matano luwu timur

Kalau kamu pengen berkunjung ke temat wisata yang modern mempunyai berbagai fasilitas ini nih ane rekomendasikan danau matano buat kamu. Terletak di pinggiran Sorowako, dengan luas mencapai 8.218, 21 Ha dan merupakan salah satu danau terdalam mencapai  550 meter. Sumber mata air danau berasal dari sebuah kolam berukuran 8 x 12 m di desa Matano. Kecil banget ternyata ya sumber mata airnya..:D

Beberapa tepian danau, kini dijadikan lokasi berekreasi seperti Pantai Ide, Pantai Kupu – kupu, Pantai Salonsa. Danau Matano menawarkan panorama eksotik, air yang sejuk, landscaping tepian danau tertata rapi dipenuhi rimbunan pohon-pohon besar menjadikan suasananya sangat teduh. Bagi pencinta olahraga air tidak perlu khawatir, karena sarana rekreasi di danau Matano dilengkapi berbagai fasilitas seperti Kayak, Banana Boat, Jet Ski, Kapal Pesiar, serta didukung dengan penempatan Gasebo, Bungalow, Restaurant, taman bermain untuk anak – anak dan fasilitas lengkap lainnya.
Tempat ini juga sangat cocok buat kamu yang ingin berlibur sama si doi tapi jangan sampai lgbtan ya..? bahaya!


6. Danau Towuti

Kamu tahu gak ternyata danau ini adalah danau air tawar lho? Dan tidak hanya itu danau Towuti ini juga merupakan danau air tawar terluas kedua setelah danau Toba di Sumatera Utara. Wuiihh,, kerenn kan??

Danau ini merupakan danau hasil tektonik dan masih banyak menyimpan misteri, belum diketahui kedalaman permukaannya. Di sini terdapat 14 jenis ikan tawar endemic Sulawesi Crocodylus orosus dan Hydrosaurus Amboinensis. Danau ini banyak di gunakan untuk memberikan jasa lingkungan pada ekosistem sekelilingnya. Sehingga fasilitas yang ada tidak selengkap danau matano.

5. Wisata Hutan Mangrove Banua Pangka Wotu

Tempat ini terletak di Wotu, tepatnya di Dusun Salualla, Desa Bawalipu. Wisata ini mengambil tema pohon mangrove yang disertai jembatan kemudian dihiasi dengan tulisan-tulisan nyentrik ala jaman now. Sangat cocok buat kamu yang cari spot instagramable. Meski tempat ini masih tergolong baru, namun pengunjung yang datang kesana sudah sangat ramai. Tiket masuknya juga gratis kok. Silahkan baca Wisata baru hutang mangrove banua pangka di Wotu Luwu Timur yang lagi ngetren.

Itulah beberapa spot pesona wisata terpopuler di Luwu Timur. Masih banyak lagi objek wisata yang lain seperti Air Terjun Atue, Pantai Kupu-Kupu, Pantai Ide, Wisata Gua Batu Putih, Permandian Air panas, dan lainnya.
Disqus comments