Keuntungan dan Manfaat Menjadi Seorang Blogger bagi Mahasiswa

Kegiatan ngeblog (biasa orang sebut sebagai blogger) merupakan kegiatan yang identik dengan menulis. Sehingga  membuat orang bahkan mahasiswa jarang yang berminat untuk ngeblog. Mungkin karena masih sedikit yang tahu bahwa sebenarnya manfaat dari sebuah blog itu sangat besar! Terkadang ada yang berminat tapi hanya semangat di awal, tapi ujung-ujungnya blognya tidak terurus karena tidak sabaran. Pengennya buat blog langsung sukses dapat uang, banyak pengunjung. Ingat sukses tidak bisa di raih hanya satu malam. Terutama jika ingin menjadi blogger!

Sebenarnya banyak sekali keuntungan dari kegiatan ngeblog yang bisa kamu dapatkan. Apalagi jika kamu seorang mahasiswa. Bagi seorang mahasiswa pasti banyak sekali ilmu-ilmu baru yang diperoleh. Kalau kamu malas menulis, tidak ada ide, kamu bisa membagi ilmu yang kamu dapat selama perkuliahan yang nantinya bakalan bermanfaat bagi adek tingkatnya kalian.

manfaat ngeblog bagi mahasiswa

Terlebih lagi jika di rumah atau kos kamu tersedia jaringan wifi/internet gratis,. Pokoknya rugi banget deh kalau kamu sampai gak punya blog.

BACA JUGA :



Beberapa alasan seorang mahasiswa malas ngeblog:


Ngeblog bikin capek!


Ya, memang ngeblog itu tidak mudah, tapi juga tidak susah. Kenapa saya katakan tidak mudah dan tidak susah?? Karena ngeblog itu sama halnya dengan hoby. Biarpun gampang kalau tidak hoby ya bakalan susah. Tapi sebaliknya biarpun susahnya gak ketulungan kalau itu sudah hoby, biar gak tidur tembus pagi masih di jampangi. Kalau kamu menggelutinya sebagai hobby maka ngeblog gak bakalan susah dan gak bakalan bikin capek. Penjelasan lebih lengkap baca suka duka seorang blogger.

Saya gak jago menulis


Hey, ngeblog itu tidak untuk orang-orang yang jago menulis saja. Buktinya ada yang belajar ngeblog dari nol dan sekarang sukses, ada yang tidak sekolah tapi blognya sukses. Semuanya lebih ke tekad kamu aja.

Saya kadang susah cari ide


Ini adalah masalah yang sering di hadapi oleh seorang blogger. Kehabisan ide itu wajar semua orang pernah ngalami.

Terus bagaimana cara mengatasinya??

Caranya sebenarnya gampang banget kamu tinggal baca artikel populer orang lain yang mempunyai nice / tema yang sama dengan  blogmu. Saya yakin pasti ada artikel yang membuat kamu tertarik dan dari situ kamu akan dapat ide baru. Dari ide itu kamu bisa membuat artikel yang bertema sama dengan kemasan yang berbeda dan lebih lengkap tentunya.

Saya sudah ngeblog lama tapi gak dapet apa-apa


Hal ini biasa yang mejadi keluhan kebanyakan blogger dari kalangan mahasiswa. Sudah lama ngeblog tapi belum juga dapat apa-apa. Kira-kira apa yang salah??

Banyak faktor yang menyebabkan hal ini. Bisa saja dari segi trafik blog kamu yang rendah. Banyaknya artikel tidak menentukan banyakanya pengunjung blog, tapi beberapa artikel yang abadi dan unik dia akan selalu mendapat banyak visitor. Faktor yang lain adalah karena ada hal yang kamu lewatkan dan itu penting. Silahkan cari penyebab lainnya di google banyak sekali tips blog yang diberikan master-master blogging.

Saya anggap permasalahan yang biasa terjadi dalam proses blogging sudah selesai. Selanjutnya adalah apa saja keuntungan menjadi seorang blogger khususnya bagi mahasiswa.


Berikut keuntungan dan manfaat ngeblog bagi seorang mahasiswa:


1. Sarana berbagi ilmu


Manfaat blog yang paling umum adalah untuk sarana berbagi ilmu. Banyak ilmu-ilmu dan hasil penelitian yang hanya berakhir di meja kerja atau bangku kuliah. Sehingga ilmu dan hasil penelitian yang dilakukan tidak bisa di kembangkan di masa mendatang oleh generasi selanjutnya. Itulah salah satu alasan mengapa kegiatan blogging itu sangat penting.

Tidak hanya sebagai sarana berbagi ilmu, melalui kegiatan ngeblog kamu juga akan belajar mengenai banyak hal.


2. Salah satu cara membangun kepercayaan diri


Personal branding atau kepercayaan diri merupakan faktor yang menjadi idaman bagi setiap orang. Blog berbeda dengan sosial media yang lain seperti facebook, twitter dan sejenisnya. Blog lebih terlihat elit dan profesional. Tidak semua orang bisa membangun blog profesional tapi semua orang bisa bercuap-cuap tak jelas di jejaring sosial. Itulah bedanya kalau kamu punya blog.

3. Speaking and writing practice


Kenapa saya katakan demikian??


Secara tidak langsung sadar atau tidak bagi kamu yang suka menulis di blog secara perlahan-lahan kemampuan kamu dalam menulis dan berbicara itu akan meningkat dan terstruktur. Karena kamu setiap hari terbiasa dengan membuat artikel. Jadi otomatis kosa kata dalam memory kepala juga akan ikut ter-upgrade.

4. Sarana bisnis


Buat kamu yang hoby bisnis online blog dapat menjadi salah satu  tempat berbisnismu. Apalagi kalau blog nya sudah di kenal oleh teman-teman kita, Bakalan gampang memasarkaan barang dagangan kan..? :D Satu lagi kelebihan blog itu dapat di akses semua orang meskipun kita tidak berteman. tidak seperti jejaring social.

5. Tempat mencari uang


Manfaat blog selanjutnya yaitu sebagai lahan untuk mencari duit. Banyak sekali para blogger yang sukses mendulang dolar dari kegiatan ngeblog.

Bagaimana caranya ??

Caranya banyak! Tapi syaratnya hanya satu. apa itu??

Trafik blog kamu harus banyak dan stabil. Untuk mendapatkan trafik yang banyak kamu harus mempunyai artikel yang berkualitas.

Intinya jangan cepat bosan, terus semangat..

Kalau kamu masih bingung silahkan lihat video berikut:


Itulah beberapa keuntungan menjadi blogger bagi mahasiswa versi tedieka.com, makanya rugi banget kalau hari ini kamu masih belum punya blog.

Mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat khususnya bagi yang masih ragu dan bingung tentang menjadi blogger. Kalau ada yang kurang silahkan ditambahkan.

Advertisement