8 Cara praktis menulis artikel yang berkualitas di blog

Banyak sekali cara menulis artikel yang berkualitas dan SEO friendly di internet. Mulai dari A-Z semua ada. Tetapi kebanyakan orang malas membaca. Pengennya yang instan dan cepat.

Cara membuat artikel berkualitas di blog yang akan saya uraikan disini tidak lain adalah berdasarkan pengalaman pribadi yang telah saya terapkan dan dari berbagai sumber yang saya baca. Disini saya akan menjelaskan secara ringkas dan mudah-mudahan bermanfaat.

membuat artikel blog yang berkualitas

Biasa yang menjadi kendala bagi seorang blogger untuk menulis adalah rasa MALAS.

Kenapa bisa timbul rasa malas??

Malas menulis biasa terjadi kalau artikel yang kita buat tidak ada yang baca. Iya kan? kasusnya seperti pada artikel suka duka blogger yang sudah saya tulis sebelumnya. Maka dari itu daripada kita capek menulis tidak jelas lebih baik kita menulis 1 artikel tapi yang mempunyai bobot berkualitas dan bermanfaat.

Apa itu artikel yang berkualitas??


Apakah artikel yang panjangnya 500 kata?? 1000 kata?? atau artikel yang banyak kata kuncinya?? 

Artikel berkualitas adalah artikel yang isinya jelas, relevan antara judul dengan isinya serta lengkap. 

Contohnya misalnya ada dua artikel tentang cara membuat nasi kuning. Artikel A mempunyai artikel yang panjang, padat isinya dan relevan dengan judul. 

Sedangkan yang artikel B dia juga panjang, padat isinya, dan relevan dengan judul. Tetapi dia lebih mudah di baca dan lebih banyak referensinya baik itu video, grafik dan gambar. 

Otomatis mesin kita akan memilih artikel B daripada yang A kan??

Kenapa??

Karena meskipun artikel yang kita buat sama panjang tetapi cara penyajian nya berbeda. 

Ingat mesin pencari sekarang memiliki perilaku sama dengan manusia. Berdasarkan contoh kedua artikel diatas, mesin pencari akan mengikuti kegiatan manusia yang banyak memilih artikel B. Otomatis lama kelamaan apabila pengunjung B naik secara perlahan posisinya di hasil pencarian juga akan naik.


Apa saja syaratnya artikel berkualitas dan SEO friendly ??


Syarat sebuah artikel dikatakan berkualitas apabila:

1. Konten relevan dengan judul yang di buat

2. Isi padat dan jelas

3. Mudah di baca

4. Menarik disertai banyak bukti otentik

5. Lengkap

Apabila salah satu tidak ada berarti artikel yang kamu buat masih belum bisa di katakan berkualitas atau utuh.

Bagaimana cara membuat artikel berkualitas??


Inilah yang akan saya uraikan disini. Bagaimana sebuah artikel yang kita buat bisa di kategorikan sebagai berkualitas oleh Si mbah google.

1.  Lupakan SEO


Dalam menulis artikel lupakan SEO. Bahkan dalam membangun sebuah blog berdasarkan panduanIM.com salah satu blog panduan internet marketing terbesar di indonesia mengatakan bahwa SEO tidak berpengaruh. Hanya kecil sekali pengaruhnya terhadap blog.

Justru blog yang tidak memperhatikan SEOnya tetapi memiliki artikel yang berkualitas, lebih tinggi traffiknya. Jadi maksud saya dari pada waktu kita habiskan untuk memikirkan SEO yang hanya berpengaru sedikit, lebih baik membuat konten berkualitas.

Masih gak percaya??  ini buktinya :

http://www.lindaikejisblog.com/

Silahkan kamu kunjungi website diatas kalau kamu masih ragu tentang SEO yang tidak penting.

Blog lindaikeji apabila kamu mengunjunginya, kamu akan melihat tampilannya sangat biasa kan?? Baik itu dari segi desain dan loyout bahkan ketinggalan jauh sama agan-agan sekalian. Blog yang sangat berantakan dan tidak dioptimasi SEO ini merupakan blog dengan penghasilan lima juta naira (mata uang nigeria) perbulan pada tahun 2013. Kira-kira sekarang penghasilannya berapa ya??

1 naira = 67.06 rupiah,

kalau 5.000.000 naira = 335.317.477,79

Wow fantastis banget kan???


Apa yang kita dapat dari blog si lindaikeji ini?



Banyak yang mestinya kita jadikan pelajaran :

1. Konten adalah SEO terbaik. 

Bukan dari desain yang bagus dan layout yang apik. Namun konten yang paling penting. 

2. Konten unik dan Update rutin

Lagi lagi konten menjadi intinya. Konten yang dimiliki blog tersebut bukan hasil copypaste dari blog sehingga tidak akan muncul duplikasi konten yang sangat dibenci google. Jadi percuma saja kalau blog banyak konten tapi hasil copypaste.

Update rutin gak harus satu kali sehari. Bisa saja 1 minggu 1 kali atau 1 bulan 1 kali. Tidak masalah! Yang terpenting adalah kualitas dan kelengkapan artikel yang kamu sajikan.

3. Kecepatan web ternyata bukan faktor penyebab tidak dikunjungi jutaan orang setiap bulannya.

Minimal kita belajar 3 hal tersebut dari blognya.


2. Buat judul semenarik mungkin


Artikel populer dan berkualitas harus mempunyai judul yang mampu menggugah rasa penasaran pengunjung. Di hasil penelusuran google 90an% orang akan melihat judulnya saja. 

judul artikel harus menarik

Silahkan perhatikan gambar diatas. Menurut kamu mana yang lebih menarik??

Biarpun posisi kamu di pencarian google nomor 1 tetapi karena judul yang kamu buat tidak menarik, rangking blog kamu di google bisa saja turun. Justru sebaliknya, jika kamu menggunakan judul yang lebih menarik, maka besar kemungkinan blog kamu akan di baca dan naik peringkat.

3. Jangan pernah membuat artikel asal-asalan


Kebanyakan blogger hanya menulis artikel tapi tidak jelas apa maksudnya demi melakukan update pos sebanyak mungkin. Akibatnya postingan yang di miliki tidak lain hanya artikel sampah bikin penuh blog. Orang mana yang mau baca?? 

Ingat kebanyakan pengunjung akan membaca paragraf pertama saja kemudian langsung pergi ke halaman bawah. Apabila halaman pertama sudah berantakan dan tidak jelas. Terlebih lagi kalau di dalam artikel yang kita buat tidak ada apa inti artikel yang sedang di cari jelaslah pengunjung akan senang hati meningalkan blog kita. Jarang sekali pengunjung yang membaca artikel secara keseluruhan. Karena itu akan menghabiskan waktu yang lama.

Pengecualian apabila konten kamu benar-benar menarik.

4. Buatlah artikel yang menjawab keseluruhan permasalahan


Artikel blog yang kita buat tidak boleh asal-asalan  yang penting panjang. Tetapi harus betul-betul menjawab semua permasalahan yang sedang kita angkat hingga terselesaikan. 

Karena disinilah kita berusaha untuk membangun kepercayaan terhadap pengunjung. 

Apabila pengunjung membaca artikel di blog kita dan ternyata dia menemukan jawaban apa yang di cari secara jelas dan lengkap pastinya nanti pengunjung itu akan kembali lagi ke blog kita dari pada yang lain.

Bagaimana cara menulis artikel seperti itu??

Caranya gampang kamu cukup tulis artikel senatural mungkin tidak usah di panjang-panjangkan apabila topiknya sempit. Namun sebaliknya apabila topiknya luas jangan malas untuk mencari referensi dan bukti-bukti yang beragam.

"Intinya artikel harus tuntas."

5. Buat artikel yang menarik



Kenapa artikelnya harus menarik??

Karena orang akan lebih tertarik membaca blog kamu apabila di artikel yang kamu buat itu menarik daripada artikel panjang yang polos hanya berisi tulisan saja. 

Cobalah menulis artikel dengan menambahkan berbagai warna tertentu pada bagian penting. Berikan gambar di setiap artikel untuk memperjelas dan menarik mata pengunjung.

Saya pun sekarang mulai sadar bahwa cara kita menyajikan informasi di blog itu sangat penting. Ini sangat menentukan lama atau tidaknya pengunjung membaca artikel kita.

Apabila artikel di blog hanya berupa tulisan polos panjang, tentu orang akan bosan dan lebih memilih hengkang ke warung sebebelah.

6. Manfaatkan hasil pencarian yang direkomendasikan google


Teknik ini sangat mudah tapi sangat bermanfaat buat artikel kita menjadi kaya akan kata kunci. Daripada mengulang-ulangi judul artikel untuk memperbanyak kata kunci malah ujung-ujungnya ke banned dengan google panda. Lebih baik menggunakan saran pencarian google ini.

penelusuran judul artikel yang disarankan google

Contoh seperti gambar diatas. Misalnya saya akan membuat tentang artikel diet. Saya melakukan pencarian dengan kata "tips diet" di google. Ternyata beberapa orang melakukan penelusuran dengan kata kunci seperti yang direkomendasikan si goole ini.

Tapi harus ingat kalimat yang kamu buat harus alami. Contoh:

Diet tidak hanya dengan cara tidak makan. Ada beberapa tips diet alami yang bisa kamu lakukan. Cara ini terbukti cepat dan mudah dalam melakukan diet. Meskipun kamu makan banyak tidak akan berpengaruh karena ini adalah tips diet dengan menggunakan makanan. 
Silahkan kamu kreasikan lagi yang lebih bagus dari  itu. Ingat harus terlihat alami dan jangan dipaksakan.


7. Lakukan penyuntingan ejaan kalimat artikel


Ini adalah hal sepele namun sangat penting. Coba bayangkan kalau artikel yang kamu tulis terdapat kesalahan penggunaan kata atau ketikan. jadi kelihatan tidak proffesional kan?? Artikel yang memiliki kesalahan dalam editing  sudah minus dimata pembaca. Terlihat bahwa penulisnya kurang proffesional dan kurang diperhatikan.

Usahakan untuk melakukan pengecekan ulang setelah selesai menulis artikel. Sekedar memastikan bahwa artikel yang kamu tulis benar-benar tidak terdapat kesalahan. Baik itu penggunaan kata dan pengetikannya.

8. Sertakan link referensi untuk memperjelas artikel yang berkaitan


Terkadang postingan yang kita buat memiliki hubungan dengan artikel sebelumnya. Makanya jangan sampai melewatkan cara ini sekalian untuk promosi. lumayan kan?? :D hehehe.. Lebih banyak link dari artikel yang kita buat sebelumnya maka rank di mesin pencari akan semakin bagus.

Kesimpulan:

1. Lakukan semuanya dengan bertahap

2. Jangan terburu-buru memikirkan penghasilan (blog bukan pekerjaan instant)

3. Tulislah artikel yang kaya


Rekomendasi Jasa Penulis Artikel SEO berkualitas

Konten atau artikel merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi, karena artikel adalah investasi terbaik untuk webiste Anda. seperti apa nasib website 5 tahun yang akan datang sangat ditentukan dari konsistensi Anda dalam menghadirkan artikel.

Membutuhkan rekomendasi jasa penulis artikel seo profesional dan berkualitas? Silahakan berkunjung ke https://jawarakonten.com/ dan lihat layanan yang ditawarkan. Artikel seo, copywriting, artikel viral semuanya bisa Anda selesaikan disini.

Untuk masalah harga artikel bisa dibilang jawarakonten mampu menghadirkan alternatif terbaik. Ditengah banyaknya pihak yang menghadirkan artikel sampah dengan harga murah, jawarakonten hadir dengan harga yang masih masuk akal dan kualitas terjamin.

Cukup demikian Tips praktis dalam menulis artikel blog yang berkualitas ala tedieka. Mungkin disini masih ada yang kurang atau tidak sesuai. Silahkan di bumbui supaya lebih gurih..

Advertisement

Load comments