Tips browsing di internet yang aman

Tips browsing di internet yang aman - Kenapa browsing di internet harus aman?? emang ada kejahatan ya??

Jawabannya iya banyak banget kejahatan merajalela di internet tanpa kamu ketahui kapan datangnya. Bisa saja saat kamu sedang mendwonload sesuatu ataupun sedang asyik berselancar dengan berbagai situs kesayangan. Makanya diperlukan beberapa tips atau hal-hal yang sebaiknya kamu tahu apa saja yang perlu diperhatikan pada saat sedang berselancar di internet.

Internet adalah jaringan yang sangat luas ibarat di dunia dia samuderanya. Tersimpan didalamnya berbagai jenis penghuni. ada yang galak, ada yang ramah, ada yang baik sampai ke yang sok baik alias penipu. Tidak sedikit orang yang menjadi korbannya.

Terkadang tanpa kita sadari kita duduk berjam-jam sambil berinternetan seperti serasa sejam saja apalagi kalau jaringannya mendukung. Internet udah kayak kebutuhan pokok menggantikan nasi, bisa mati kalau gak ada internet.. :D Keadaan inilah yang perlu kamu waspadai terlebih lagi jika kamu menggunakan fasilitas umum.

tips browsing diinternet yang aman

Berikut beberapa Tips dan cara browsing internet yang aman :

1. Gunakan Operating System yang up to date

Kenapa harus sistem operasi yang up to date??

Karena system operasi yang up to date itu merupakan sistem operasi yang sudah di perbaiki bug bug (kekurangan) yang terjadi sebelumnya dengan begitu otomatis kamu sudah mengurangi kemungkinan adanya pencurian data atau virus yang bertebaran di internet masuk di ponsel atau PC kamu.

2. Gunakan Antivirus internet yang up to date 

Up to date itu selalu diperlukan dan lebih baik. Jika kamu adalah tipe orang yang hoby berselancar di internet seharian saya sarankan untuk menggunakan antivirus internet. Contohnya bitdefender internet security, eset smart security, dan vipre internet security. Apabila spesifikasi laptop atau PC kamu rendah saya sarankan menggunakan vipre karena ini adalah antivirus yang luar biasa tetapi ringan. Kelebihan antivirus internet security ini adalah apabila kamu sedang berinternetan ria dan situs yang kamu kunjungi itu tidak aman atau berpotensi merusak maka antivirus ini akan otomatis memblok situs itu  jadi kamu tidak perlu khawatir lagi.

3. Gunakan browser yang up to date dan terbukti kualitasnya

Lagi-lagi up to date itu muncul. Seperti yang saya tekankan di atas untuk mendapat kan kenyamanan dan keamanan di internet kamu harus up date perangkat. Meskipun kita tahu bahwa tidak ada yang benar-benar aman di dunia internet. Tapi minimal itu dapat meminimalisir kemungkinan buruknya.

Browser yang kamu gunakan juga harus di perhatikan gunakan browser yang memang sudah teruji kemaampuannya dan aman. Contohnya disini saya sarankan menggunakan google chrome dan UC browser. Karena kedua browser ini dilengkapi dengan sistem kekebalan tersendiri serta dapat memblock iklan2 yang gak penting.

4. Hati-hati dengan iklan

Memangnya kenapa dengan iklan??

Iklan adalah sumber dari kejahatan internet atau virus. Kamu bisa saja menemukan iklan yang menawarkan berbagai aplikasi dengan kedok untuk mempercepat PC padahal justru sebaliknya setelah kamu install aplikasinya, aplikasi itu justru akan memperlambat kinerja PC kamu. Membuat banyak sekali toolbar gak jelas muncul di aplikasi browser sehingga ujung-ujungnya komputer jadi ngelag alias lemot.

5. Jangan menggunakan password akun penting berupa tanggal lahir atau nama kamu

Ini biasa yang menjadi kesalahan kebanyakan anak-anak muda dia lebih senang menggunakan tanggal lahir atau namanya padahal tanggal lahirnya terpampang di akunnya. Cobalah untuk menggunakan kata sandi yang rumit tapi mudah di ingat. Usahakan terdiri dari gabungan angka dan huruf, misalnya menjelaskan sesuatu yng berharga bagi kamu atau hal yang kamu suka.

6. Hindari transaksi online di fasilitas umum

Fasilitas umum seperti warnet berpotensi sangat besar terhadap kasus ini. Usahakan untuk tidak melakukan hal-hal yang bersifat penting di fasilitas umum gunakan fasilitas pribadi. Seperti misalnya saat anda ingin melakukan transaksi online atau akses e-banking. Karena kalau kamu menggunakan fasilitas umum itu sangat rawan terjadi pencurian data seperti pasword dan lain2nya. Karena bekas akses kamu dapat di lacak melalui cookies sebuah website.

7. Jangan mempublikasi data pribadi secara lengkap di internet

Jika kamu mengisi profil di internet cukuplah data-data yang bersifat umum saja. Apalagi kalau data profil itu dapat dilihat oleh semua orang. Karena bisa saja dari data profilmu itu akan di salah gunakan oleh orang lain. Tidak ada yang tahu bagaiman data pribadi mu disalah gunakan. Jaman sekarang tidak ada hal yang tidak bisa kan??

8. Jangan asal klik

Di dunia internet sekali klik dapt menimbulkan kesalahan yang fatal. apalagi jika yang di klik itu adalah file lampiran email yang tidak di kenal, atau pop up yang gak jelas. Bisa saja itu menjadi sumbernya virus dan dengan mengklik tadi kamu sduah memberi jalan yang leluasa bagi virus untuk masuk ke perangkat kamu.

Intinya jangan mengklik atau mencari yang tidak perlu. Selalu gunakan perangkat pribadi apabila melakukan atau menggunakan akun-akun yang penting

Demikian mengenai Tips browsing yang aman dan nyaman mudah-mudahan bisa bermanfaat..

Disqus comments