Ini dia nih jurusan kuliah dengan prospek kerja yang bagus

Prospek kerja yang terjamin memang menjadi patokan. Bagi siswa lulusan SMA/sederajat ini adalah hal yang sangat penting. Dalam pikiran kamu pasti dihadapkan dengan beberapa masalah seperti;

Dimana saya akan kuliah?

Jurusan apa yang akan saya ambil? 

Jurusan apa yang peluang kerjanya bagus?

Bagaimana tingkat persaingannya?


Semua itu adalah pertanyaan yang wajar, kebanyakan dari lulusan SMA belum mengenal atau hanya sedikit tahu mengenai kuliah.

jurusan dengan prospek bagus

Baiklah saya akan menjawab pertanyaan diatas sesuai dengan pangalaman yang pernah saya alami dan dari sudut pandang saya sebagai mahasiswa.


#1 Dimana saya akan kuliah?

Kalau kamu bingung dengan persoalan dimana kamu akan kuliah itu adalah salah besar dan buang-buang waktu. Kenapa saya bilang begitu??
Ya,, pasalnya sudah banyak informasi dari website swasta maupun official resmi kampus yang menjelaskan akreditasi sebuah kampus apakah kampus itu berdaya saing atau tidak.
Silahkan kamu cari dan nilai sendiri.

#2 Jurusan apa yang akan saya ambil?

Jurusan yang akan kamu ambil sebaiknya adalah jurusan yang benar-benar hoby dan basicmu. Jangan pilih jurusan dengan berpatokan pada peluang kerja saja kalau kamu tidak ingin stress dan banting stir di tahun selanjutnya.

#3 Jurusan apa yang peluang kerjanya bagus?

Jurusan yang mempunyai prospek bagus itu berubah setiap tahunnya, tapi ada juga yang tetap. 

#4 Bagaimana tingkat persaingannya?

Semakin besar peluang kerja suatu jurusan maka sudah pasti daya saingnya juga sangat tinggi. Ambil contoh saja misal pendidikan dokter.


Terus apa bagusnya yang saya pilih??

Sebaiknya memilih jurusan tidak hanya melihat pada peluang atau bagus tidaknya prospek kerja tapi juga melihat kemampuan dan minat. Tapi kalau kamu mencari kira-kira jurusan yang seperti apa yang mempunyai prospek kerja terjamin. Berikut saya rangkum buat kamu.

#1 Bidang Kedokteran

Jurusan yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga. Pendidikan Kedokteran/Dokter umum memang selalu saja menjadi pilihan dengan jumlah peminat tinggi. Hal ini di sebabkan dengan banyaknya orang yang membutuhkan kesehatan dan tenaga medis khusunya di indonesia.

Tapi kamu juga harus siap-siap bersaing dengan ribuan orang untuk bisa masuk ke jurusan bergengsi ini. Bagi yang penasaran seperti apa kuliah di kedokteran silahkan baca seperti apa sih kuliah di kedokteran itu?

Semua jurusan yang berhubungan dengan bidang kedokteran mempunyai passing grade yang tinggi:
  • Pendidikan Dokter
  • Kedokteran Gigi
  • Kedokteran Hewan

#2 Bidang petroleum industry

Ada banyak jurusan untuk bisa masuk ke dunia petroleum diantaranya:
  • Geologi
Semua itu adalah jurusan yang sedang naik daun di 5 tahun terakhir ini. Meskipun akhir-akhir ini harga minyak mulai turun tapi lapangan kerja yang satu ini tetap menjadi primadona dan tentunya sudah pasti dengan pesaing yang tidak sedikit. Alasan utama yang menjadikan bidang ini primadona adalah besar fee atau gajinya yang tinggi.

Lapangan kerja nya tentu sudah pasti di berbagai perusahaan minyak dan tambang di seluruh dunia. Misal: Chevron, total, Pertamina, Antam, dll 

#3 Bidang Teknologi Informasi

Di tahun 2016 ini apa seh yang gak berhubungan dengan teknologi?? Hampir tidak ada. Semua menggunakan teknologi. Nah, itulah makanya kenapa bidang ini juga masuk ke jurusan yang mempunyai prospek bagus. 

Contoh jurusan yang berkaitan dengan bidang ini yaitu:
  • Teknik komputer/IT
Siapa yang gak tau jurusan yang satu ini? Apabila kamu ahli komputer dan mahir dengan bahasa pemrograman/programming siap-siap saja uang akan ngalir. Jaman modern sekarang ini seorang ahli informatika sangat di cari baik itu oleh perusahaan negeri ataupun swasta.

#4 Bidang pembangunan

terdiri dari:
  • Teknik sipil
  • Teknik Arsistektur
Teknik sipil ini adalah salah satu jurusan yang mempelajari tentang perencanaan lengkap kontruksi sebuah bangunan baik itu gedung, jembatan, jalan tol, bendungan dll. 

Seperti yang kamu tahu setiap tahun bangunan semakin bertambah, inilah yang membuat lapangan kerja jurusan yang satu ini gak bakalan habis.  

#5 Bidang mesin dan elektro

Buat kamu yang hobi di bidang otomotif saya sarankan untuk masuk ke jurusan ini.
  • Teknik elektro
  • Teknik mesin
Kedua jurusan diatas adalah jurusan yang berpeluang besar sama halnya dengan teknik sipil. Bidang ini adalah bidang yang gak bakalan habis peluang kerjanya. Semakin hari semakin banyak peralatan mesin yang di ciptakan dan berhubungan dengan aplikasi listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dari semua jurusan di atas silahkan pilih sesuai dengan selera dan minat kamu. Tapi ingat sebagus apapun jurusan yang kamu pilih tidak pasti bahwa kamu langsung dapat kerja dan sukses. Itu kembali lagi ke kamu yang akan menjalani.

Advertisement

Load comments