Tips mudah agar kita rajin shalat 5 waktu

Tips rajin shalat 5 waktu - Permasalahan tentang shalat 5 waktu ini merupakan permasalahan yang tidak bisa di anggap sepele. Kita sebagai umat muslim meninggalkan shalat 5 waktu padahal sudah baligh itu adalah dosa besar. Karena shalat wajib 5 waktu ini adalah amalan yang sangat penting. Sampai-sampai Allah menyampaikannya langsung kepada nabi Muhammad SAW.

Anehnya pada generasi sekarang (maaf mungkin tidak semua tapi kebanyakan) sering lalai dalam melaksanakan shalat 5 waktu ini padahal tahu bahwa itu dosa besar. Termasuk admin sendiri yang kadang sangat susah untuk bangun pagi shalat subuh. Baca juga: kiat jitu untuk mengatasi masalah telat bangun pagi

Tapi setelah membaca sebuah tips shalat alhamdulilah mulai bisa rutin. Saya akan membagikannya disini yang saya rangkum dalam tips mudah agar rajin shalat 5 waktu mudah-mudahan bermanfaat :)

ilustrasi shalat

Memang sebuah kebiasaan itu susah untuk di rubah. Awalnya apabila belum biasa mungkin sangat berat tapi lama-lama sudah tidak terasa malah merasa ganjil kalau tidak di laksanakan. Oleh karena itu mari kita tingkatkan ibadah shalat kita agar lebih baik sebelum semua terlambat.

Jangan latih diri untuk kebiasaan yang buruk.

Secara umum ada 3 sajian pokok dalam tips kali ini yaitu:



1. Hukum meninggalkan shalat 

2. Dosa orang yang tidak melakukan shalat 

3. Tips agar rajin shalat wajib 5 waktu



1. Hukum meninggalkan shalat


Imam syafi'i rahimahullah berkata:

Barangsiapa yang meninggalkan shalat wajib bagi orang yang telah masuk Islam (muslim), dikatakan kepadanya : "Mengapa engkau tidak shalat ?". Jika ia mengatakan : "Kami lupa". Maka kita katakan : "Shalatlah jika engkau mengingatnya". Jika ia beralasan sakit, kita katakan kepadanya: "Shalatlah semampumu. Apakah berdiri, duduk, berbaring, atau sekedar isyarat saja". 


Sungguh yang memisahkan antara seorang laki-laki (read: Muslim) dengan kesirikan dan kekufuran adalah shalat” (HR. Muslim, kitab Al-Iman no. 82).

Dari gambaran diatas sudah jelas bahwa tidak ada alasan untuk tidak shalat. Adapun untuk orang yang lalai dalam shalatnya ini berarti telah melakukan dosa besar. Meninggalkan satu shalat saja dosanya lebih besar dari zina, dosa membunuh dan dosa-dosa besar lainnya. 

Bahkan berdasarkan ijma' (kesepakatan sahabat) meninggalkan shalat dengan sengaja adalah kafir.

# Di sadur dari rumaysho.com/2278-pendapat-imam-syafii-mengenai-orang-yang-meninggalkan-shalat.html


2.  Dosa orang yang tidak melakukan shalat


Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an yanga artinya:

Jika mereka bertaubat, mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka (mereka itu) adalah saudara-saudaramu seagama.” (QS. At Taubah [9] : 11)

Ayat di atas sudah jelas maksudnya Dosa bagi orang yang meninggalkan shalat dengan sengaja adalah dosa besar lebih besar dari dosa besar lainnya alias kafir. Baik itu yang meninggalkan karena malas atau menentang kewajibannya.

Astagfirulloh,, sungguh pentingnya shalat bagi seorang muslim sehingga dikatakan apabila kita meninggalkan shalat dengan sengaja termasuk ke dalam golongan orang yang kafir. Mari kita segera intropeksi untuk perbaiki shalat kita. :)


3. Tips agar selalu rajin shalat 5 waktu


Terakhir setelah kita semua tahu hukum dan dosa orang yang meninggalkan shalat, selanjutnya adalah upaya kita untuk mendirikan shalat 5 waktu ini agar selalu terjaga.
  1. Jadikan shalat sebagai kebutuhan, Shalat berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan Allah SWT. Manusia itu lemah, memiliki naluri cemas, selalu mengharap, memerlukan bantuan dan sandaran. Kepada siapa lagi manusia akan mengadukan itu semua kalau bukan Allah SWT?? Jadi sudah sepatutnya kita sadar bahwa shalat adalah jalan kita untuk berhubungan dengan Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa. Maka marilah kita jadikan shalat itu sebagai kebutuhan kita sebagai manusia.
  2. Jangan terbiasa menunda-nunda shalat, Berdasarkan pengalaman pribadi apabila kita terbiasa menunda shalat itu lama-kelamaan justru akan malas. Biasakan shalat segera apabila sudah adzan atau masuk waktu shalat.
  3. Ingat, kamu pilih shalat atau di shalatkan? 
  4. Ingat adzab dan dosa apabila meninggalkan shalat, Tanamkan di hati yang dalam-dalam bahwa apabila kita meninggalkan shalat satu kali saja dengan sengaja berarti itu sama saja dengan kafir dan dosanya lebih besar dari dosa besar lainnya. Bayangkan saja dikatakan lebih besar dari dosa besar.
  5. Shalat adalah penjernih pikiran, Apabila sedang cemas, gelisah atau dirundung masalah biasakan dengan shalat In Sya Allah secara tidak langsung shalat kita akan terjaga meskipun bertahap.
  6. Biasakan shalat berjamaah, Salah satu penyebab malas shalat biasa adalah karena berat sekali. Solusinya coba lakukan shalat berjamaah agar tidak terasa berat. Bayangkan saja shalat 5 waktu berat?? Bandingkan dengan semua nikmat yang di berikan Allah apakah itu setara?? TIDAK!! Tapi seperti itu pun kadang kita malas dan terlalu sombong sehingga tidak mau shalat.
  7. Bergaul dengan teman yang rajin shalat, Ibarat pepatah mengatakan "berteman dengan penjual minyak wangi akan mendapat wanginya, berteman dengan tukang besi akan membuat pakaianmu terbakar dan atau mendapat bau tidak sedap darinya. Silahkan berteman dengan orang yang selalu mendirikan shalatnya.
  8. Apabila shalat subuh yang menjadi kendala kamu, silahkan terapkan tips dari mas +Dean Gradella yaitu: kalau mau tidur jangan kencing dulu. Saya rasa itu sangat efektif. Terbukti setelah saya terapkan juga berhasil. Saya jadi terpaksa mau tidak mau bangun apabila waktu subuh karena kebelet. :D Nah, pas selesai buang air kecil sempatkan lah untuk wudhu shalat. :)
Sekian mengenai tips rajin shalat nya sebagai tambahan ini juga sangat bagus untuk diketahui.


Perbedaan mendirikan shalat dengan mengerjakan shalat 


Ilmu ini di dapat dari threath yang dibuat oleh oGut di web indonesiindonesia.com pas nyimak ceramah dari seorang ustadz pada pengajian Akbar. Beliau membedakan makna kalimat Mendirikan Sholat dan Mengerjakan Sholat.

Berawal dari ayat yang artinya:
"Dirikanlah sholat, karena sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar".


Beliau mengatakan ada 2 jenis orang islam yang sholat yaitu:

1. Orang yang mendirikan Sholat
2. Orang yang mengerjakan Sholat


Apa maksud dari beliau mengatakan demikian?

Berikut penjelasannya:

"Orang yang mendirikan sholat, niscaya terhindar dari perbuatan keji dan mungkar. Sedangkan orang yang mengerjakan sholat, belum tentu terhindar dari perbuatan keji dan mungkar."

Masuk akal kan?? :D

Kalau belum paham lebih jelasnya penjabarannya seperti ini:

1. Mendirikan sholat : Mendirikan sholat disini makudnya tidak hanya melakukan ritual atau sekedar sholat saja, namun orang tersebut juga melakukan apa yang diucapkannya pada saat sholat.

2. Mengerjakan Sholat : Berarti hanya melakukan ritual sholat saja, tidak mengaplikasikan didalam kehidupan. Selain itu juga mengerjakan sholat bisa saja hanya mengerjakan satu waktu, misal hanya mengerjakan sholat magrib saja, sedangkan yang lain tidak.

Silahkan share apabila bermanfaat :)

Mari kita sama-sama perbaiki diri,  semoga tulisan ini bisa bermanfaat terimakasih. 
Disqus comments