POKEMON GO, Game booming yang hampir menyaingi pengguna twitter

Game booming dan lagi tren saat ini, pokemon go! Yap,, Buat kamu mungkin sudah familiar atau bahkan sedang bermain game ini. Game yang di rilis 6 juli 2016 ini oleh perusahaan pokemon company dan Niantic memang banyak sekali di gemari oleh banyak orang. Permainan ini memungkinkan kita untuk menangkap, menukar, melatih dan mempertarungkan setiap kharakter pokemon yang ada di dalam ponsel. (Wikipedia.org).



Permainan pokemon ini memang lagi booming di kalangan tua muda. Permainan yang berbasis peta menggunakan system GPS real dengan peta milik mbah google (google map). Disempurnakan dengan teknologi augmented reality menjadikan game ini terlihat sempurna.

Cara bermain game pokemon go juga cukup mudah. Pemain memulai permainan dengan menciptakan sendiri avatar atau sosok monster pokemon yang sesuai dengan kharakter yang kita inginkan. Setelah kharakter di buat, kharakter pokemon tadi akan tampil sekaligus peta lingkungan sekitar sebagai latar permainan. Saat menangkap pokemon pemain akan menggunakan layanan aplikasi kamera ponsel. Sehingga pemain seakan-akan bisa menangkap pokemon yang muncul di dunia nyata.

Pemain game ini harus bergerak kemana-mana untuk memainkannya. Saat mencari, pemain akan bertemu dengan pemain lain yang memainkannya atau bisa juga bermain dalam satu kelompok. Benar-benar seru ya?

Untuk menangkap si pokemon di butuhkan semacam bola yang dinamakan pokeball. Pokeballs ini bisa didapatkan dengan cara menggunakan koin yang biasanya ada di lokasi. Seperti taman, lapangan, public area lainnya.

Keseruan lainnya nih pemain bisa mengapgrade pokemon yang lebih power full seiring dengan naiknya level. Pokemon juga bisa di ubah menjadi bentuk yang baru. Game popular ini baru tersedia secara resmi di autralia, selandia baru, amerika serikat, jepang dan singapura. Bisa di unduh secara gratis di ponsel berbasis Ios maupun android.

Meski demikian negara-negara yang belum bisa mengunduh secara resmi seperti di Indonesia, tetap bisa memainkan game ini dengan mengunduh di link tertentu di internet. Pengguna iphone di Indonesia biasanya mengakali hal ini dengan menggunakan akun gmail yang di buat dengan menggunakan alamat di negara yang sudah tersedia game tersebut. Sedangkan bagi penggguna android dapat menimati game ini dengan mengunduh di luar google playstore.  Pemain yang tidak mengunduh secara resmi tetap bisa memainkannya. Namun dengan sejumlah sejumlah keterbatasan. Salah satunya yaitu tidak tersedianya fitur untuk membuat akun secara global.

Game ini menyasar kalangan remaja yang baru mengenal pokemon pertama kalinya dan orang-orang yang berusia 30 tahunan yang pengen bernostalgia dengan sosok pokemon yang sudah diketahuinya sejak kecil.

Karena ke populerannya pokemon go ini mampu meraup keuntungan 7 milayar US $ atau sekitar Rp 92 triliun sejak pertama kali dirilis. Waw, amazing! Gak heran brow kalau game ini mendulang keuntungan yang sangat besar karena sudah menggunakan teknologi yang canggih dengan memadukan nuansa 3G di kehidupan nyata.

Uniknya lagi nih berkat boomingnya game pokemon go ini, pundi rupiah juga tak hanya di raup oleh perusahaan yang menciptakannya. Karena saking banyaknya penggemar game ini dan banyak gamers yang malas keluar rumah alias pengen instan bermain game pokemon dimanfaatkan sebagian orang dengan menawarkan jasa pemburu pokemon. Tidak hanya di luar negeri yang menawarkan jasa pencarian pokemon. Jasa ini juga mewabah ke Indonesia. Dengan tarif jasa penangkapan pokemon sebesar 50 ribu setiap 100 pokemon yang di tangkap. Sampai ojek online pun di pakai jasanya agar bisa menangkap pokemon.

Saking demennya udah gak peduli bagaimana caranya yang penting mesti dapat pokemon! Hahaa

Kelebihan pokemon go


Meskipun banyak berita-berita yang mengatakan bahwa game pokemon go berdampak negative. Mengakibatkan orang jatuh, luka dan sebagainya. Namun game ini juga mempunyai sisi kelebihan. Apa aja kelebihannya?

1. Game ini mengusung konsep baru


Konsep baru maksudnya bagaimana?
Maksudnya yaitu game pokemon go ini mengusung konsep yang berbeda dengan kebanyakan game-game lainnya. Game ini lebih menuntut pemainnya untuk bergerak. Dimana kebanyakan game yang dimainkan oleh seorang gamer itu identic dengan duduk diam bermain malas bergerak alias ansos (anti social). Tapi di game ini kamu harus bergerak, berjalan untuk bisa mendapatkan si pokemon.
Kalau malas bergerak bagaimana? Ya gak bakalan dapat pokemon. Bisa sih kalau mau memanfaatkan jasa penangkapan pokemon. Tapi kan gak seru, kita yang main game berarti kita yang harus menjalankan game nya dong. Masa’ di carikan! Gengsi lah!

2. Membuat daerah yang sepi jadi ramai, bahkan kuburan pun seandainya ada pokemonnya banyak pasti rame juga.


Dengan adanya game pokemon ini sekarang menjadi lebih banyak orang yang berkeliaran jalan kaki di taman, pinggir jalan, dan tempat-tempat lainnya. Mungkin ada tempat yang dulunya sepi banget sekarang mendadak jadi rame karena di jadikan spot berburu pokemon. Yah,, lumayan minimal mengurangi tempat-tempat horror di muka bumi ini. :D

3. Bikin badan sehat dan kuat


Banyak yang mengatakan game pokemon go ini bikin badan sehat. Ya, memang! game ini membuat badan kita mau tidak mau akan bergerak dengan berjalan mencari si pokemon. Otomatis dengan mencari pokemon selama berjam-jam dengan berjalan kaki itu sudah menggantikan fitness kamu.
Mungkin saja nanti ada game yang lebih ekstrem lagi. Judulnya doraemon go atau apalah. Cara bermainnya dengan cara berlari untuk menangkap monster kan lebih sehat lagi.


Dampak pokemon go


Ternyata game ini tidak hanya membawa kesenangan. Pada saat bermain game ini banyak orang yang jatuh atau terluka akibat ke asyikan mencari si pokemon. Sehingga tidak memperhatikan keadaan yang ada di sekitar mereka. Bahkan kecelakaan lalu lintas terjadi saat pemain memainkan pokemon sambil menyetir kendaraan.

Ada juga berita yang mengatakan bermain pokemon dapat menorehkan catatan criminal. Seperti pada seorang pemuda di amerika serikat. Karena terlibat perampokan bersenjata api. Perampok ini mengincar para pemain pokemon go yang tengah asik nongkrong di depan sebuah mini market. Perampok menggunakan fitur geolocation aplikasi pokemon go untuk mengintai lokasi yang baik dan sepi jauh dari mana-mana untuk menyergap korbannya.

Ada juga berita yang menyebutkan gara-gara asyik mencari pokemon sampai kecebur jatuh di pantai. Pokoknya banyak banget silahkan googling aja. Semua dampak tersebut tak lain karena terlarut dalam suasana game sehingga lupa bahwa kita sedang berjalan di dunia nyata.

Sebenarnya bermain game ini sah-sah saja untuk refreshing dan hiburan. Karena kesenangan adalah sifat alami yang selalu di inginkan oleh setiap manusia. Namun harus tahu waktu dan tempatnya ya. Jangan sampai larut dan wasting time sehingga tugas yang lain berantakan.

Setiap game pasti ada sisi baik dan negatifnya, sama halnya dengan game pokemon ini. Game ini di buat dengan tujuan hiburan. Jadi, silahkan nikmati untuk kesenangan dan refreshing. Tapi ingat,, jangan sampai karena asyik bermain membuat kamu jadi lupa segalanya dan tugas yang harus di selesaikan jadi berantakan. Bawa enjoy aja  .. POKEMON GO!!

Advertisement

Load comments