7 hobi yang bisa kamu jadikan pekerjaan bergengsi

Hobi setiap orang pasti berbeda-beda meskipun terkadang ada yang sama. Ada yang hobi olahraga, membaca, menulis, menggambar/desain, otomotif, computer dan lain sebagainya. Hobi Itulah kadang yang di sebut dengan keahlian. Berawal dari hobi yang hanya sekedar suka, seseorang bisa mengembangkannya menjadi sebuah pekerjaan yang bergengsi dan tentunya menghasilkan uang.

hobi yang bisa jadi pekerjaan

Pada saat usia anak-anak kita mungkin tidak sadar bahwa lingkungan turut membentuk hobi yang kita miliki. Kamu yang lahir di lingkungan keluarga musisi pasti kamu akan meniru kebiasaan lingkungan dan tanpa di sadari kamu akan terus bermain music sehingga akan menjadi hobimu.

Begitu juga dengan orang yang lahir di lingkungan yang modern pasti dia akan lebih tertarik dengan teknologi misal computer.

Dengan kata lain hal yang sering kita lihat, lakukan pada waktu kecil itu akan membentuk sebuah hobi dan apabila kita kembangkan akan menjadi keahlian yang bisa menjadi pekerjaan bergengsi kamu nantinya.

Baiklah, berikut beberapa hobi yang bisa kamu jadikan pekerjaan bergengsi yang menghasilkan uang :


1. HOBBY MERACIK


Hobi ini sangat cocok buat kamu yang suka mencampu-campur suatu bahan untuk mendapatkan sensasi baru. Misalnya saja nih hobi meracik kopi atau obat-obat herbal alami alias jamu.

Meracik juga bukan pekerjaan gampang loh! Tidak semua orang bisa melakukannya. Hanya kamu yang punya hobi ini yang punya keahliannya.

Hobi meracik jamu herbal alami


Kamu mungkin berpandangan kenapa harus repot-repot bikin jamu kan sudah banyak obat modern dari apotik. Eiittzz,, tunggu dulu jangan salah. Di jaman modern ini masyarakat justru memburu obat-obat yang herbal alias alami dibandingkan yang kimiawi. Karena mereka tahu bahwa yang alami itu lebih aman dan terkesan tidak mempunyai efek samping yang besar.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuka warung kedai atau semacam kafe jamu yang menyediakan berbagai menu jamu herbal. Lagian di Indonesia kan melimpah ruah bahan herbalnya. Usaha seperti ini sudah ada yang menjalankan di luar negeri loh dan terbukti tetap eksis sampai sekarang.

Jadi kalau ada yang sakit ringan atau hanya sekedar ingin menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh bisa datang di kedai jamu kamu. Lawong orang luar negeri aja ada yang sekolah jauh-jauh buat ambil jurusan meracik jamu di Indonesia. Masak anak bangsa sendiri gak ada?

Hobi meracik kopi


Hal ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Semakin hari semakin banyak saja masyarakat pecinta kopi yang pengen merasakan sensasi kopi yang nikmat atau hanya sekedar teman bersantai. Kopi-kopi yang ada sekarang tidak hanya kopi pahit hitam saja. Melainkan sudah tersedia berbagai rasa dan tentunya dengan berbagai kreasi yang unik. Hal itulah yang menyebabkan semakin hari pecinta kopi semakin menjamur.

Kalau kamu punya hobi ini tidak ada salahnya untuk di kembangkan. Seperti halnya kedai jamu kamu juga bisa membuka usaha kopi shop berawal dari hobi yang kamu miliki. Dengan menyediakan berbagai jenis kopi racikan dengan berbagai rasa dan pengalaman yang baru.


2. HUNTING PHOTO


Hobi yang kedua adalah hunting photo. Hobi ini sangat cocok buat kamu yang hobi berphoto selfie. Saya kira ini hampir semua kalangan suka. Mulai dari muda sampai ke orang tua semua pada hobi dengan yang satu ini.

Kalau kamu salah satu orang yang punya hobi berburu photo atau suka motret nentengin kamera kemana-mana. Jangan sia-siakan deh hobinya. Dari awalnya yang hanya sekedar hobi, hal ini juga bisa menjadi pekerjaan kamu lho. Yap.. photographer!

Tahu gak seorang photographer yang sudah professional karyanya dapat di hargai ratusan ribu hingga jutaan rupiah..? bahkan hanya untuk satu photo. Nahh.. tunggu apa lagi buruan asah skill mu..

Gak usah khawatir deh karya mu gak laku. Kalau sudah punya skill banyak kok kontes photo, lelang photo, sampai ke photo pra wedding dan pernikahan. Gimana tertarik pengen upgrade skill photografi mu??


3. BERENANG DAN MENYELAM


Emang hobi menyelam atau berenang bisa jadi pekerjaan ya?? Ya.. iyalah bisa banget! Terutama buat kamu yang punya hobi menyelam di laut alias diving. Selain bisa melihat pemandangan bawah lautnya yang indah juga bisa di jadikan pekerjaan bro. ibarat gebetan sekali sabet langsung dapat dua! :D

Terus apa pekerjaannya?

Kamu bisa jadi pelatih diving. Lumayan lho sekalian itung-itung buat rekreasi. Selain itu kamu juga bisa menjadi penyedia jasa penyewaan perlengkapan diving. Kamu tahu sendiri di Indonesia spot buat diving banyak banget kan?


4. MEMASAK


Memasak bukan hanya memasak di rumah ya? Tapi memasak yang memang professional. Banyak orang professional memasak lahir dari hobinya yang suka dengan makanan, senang memasak dll. Tetapi ingat memasak tidak hanya buat perempua saja. Justru di kota-kota besar, hotel, kapal dan sebagainya kokinya kebanyakan adalah seorang pria bro.

Saya juga gak  tahu kenapa banyakan laki. Mungkin karena perempuan rawan baper takutnya kalau pas masak baper jadi gak enak deh masakannya. Hahaha..

Udahlah gak usah di pusingkan soal itu biar Tuhan yang atur. Soal pekerjaan dari hobi masak memasak ini gampang banget. Kalau udah punya keterampilan dan skill memasak yang TOP MARKOTOP. Yakin deh,, kamu tinggal buka warung depan rumah itu pembeli bakalan menjamur. Gak usah repot melamar sana sini.

Sekali merasakan cita rasa masakan yang enak pasti keesokan harinya si pembeli bakalan datang lagi. Entah itu karena ada ciri khas rasanya atau apa, intinya hatinya udah kecantol ama masakan buatanmu. Ingat di jaman sekarang ini manusia pengennya yang instan banyak yang males masak. Jadi gak usah takut gak ada pembeli. Semakin hari semakin banyak orang yang milih makan di luar daripada harus masak sendiri.


5. HOBI MENULIS DAN MEMBACA


Hobi ini biasa banyak berada di kamu yang haus akan cerita dan suka berfantasi. Hobi menulis dan membaca sepertinya mulai sedikit peminatnya padahal jobnya luar biasa. Maklum lah semakin modern pola kehidupan semakin konsumtif. Hanya pengennya menikmati tapi gak mau membuat.

Kamu salah jika memandang sebelah mata pekerjaan dari orang-orang yang punya hobby ini. Pernah baca cinta dalam kardus, Cinderella, dan harry potter? Semua itu adalah hasil karya dari orang yang berhoby menulis dan membaca loh. Siapa sih yang gak kenal dengan harry potter? Seluruh dunia bahkan tahu ceritanya seperti apa. Betapa bangganya orang yang membuat karya itu.

Gak usah bermimpi ke harry potter. Di kehidupan sehari-haripun banyak kok pekerjaan yang berhubungan dengan menulis. Contoh yang paling fenomenal adalah sebagai seorang blogger. Jika kamu suka menulis dan berfantasi silahkan tuliskan ide itu dalam sebuah cerita, panduan ataupun artikel di blog.

Apabila tulisanmu mulai dikenal orang, banyak yang berkunjung ke blogmu otomatis pundi rupiah sudah gampang masuk kantong. Baik itu melalui iklan affiliate, review produk, dan sebagainya. Bahkan hanya bermodalkan iklan kamu bisa meraup keuntungan berjuta-juta dalam sebulan apabila trafik sangat tinggi.

Alternative lain yang gampang jika kamu malas membuat blog. Kamu jadi penyedia jasa menulis artikel. Baik itu di blog orang lain, maupun media massa. Mulailah dari hal kecil, kemudian apabila sudah lihai dalam menulis coba tuangkan kedalam suatu karya tulis untuk di bukukan.


6. HOBI UTAK-ATIK KOMPUTER


Hoby bergengsi berikutnya adalah hoby otak-atik computer. Hobi yang satu ini bisa di bilang hobi yang paling banyak jobnya. Buat kamu yang mempunyai ketertarikan dengan dunia computer baik itu  software dan hardware, buruan deh latih skillmu sebagus-bagusnya.

Di bidang hardware kamu bisa jadi ahli mekanik computer. Bisa jadi tukang rakit dan service hardware di perusahaan ataupun usaha sendiri.

Selain itu di bidang software juga banyak banget pekerjaan bergengsi. Mulai dari yang coding, sampai ke desain. Apabila kamu hobi coding ngutak atik bahasa pemograman baik itu c++, pascal, java dll. Itu merupakan sebuah karunia buat kamu. Kenapa?? Karena manfaatnya banyak banget.

Saya beri gambaran yang paling sederhana begini. Apabila kamu ahli bermain coding percaya saja uang bakalan ngalir dari internet. Contoh kecilnya saja pembuat template blog. Di hargai mulai dari 70 ribu sampai ke ratusan ribu rupiah. Bayangkan saja jika kamu punya karya template blog 5 saja. Kemudian kamu jual dengan harga 100ribu dan kita asumsikan ada 50 peminat. Kira-kira sudah berapa hasilnnya? Lumayan kan?

Begitupun dengan desain. Punya hobi desain jangan disia-siakan harus di asah terus. Banyak desainer di butuhkan baik itu di perusahaan mulai dari logo, baju dan desain lainnya. Harganya apabila desainmu keren bisa sampai jutaan loh.


7. HOBI MENYANYI DAN MUSISI


Hoby yang terakhir adalah menyanyi dan musisi. Ini adalah hobi yang mempunyai kebanggan tersendiri bagi yang memiliki. Buat kamu yang suka menyanyi, mahir dalam hal music buruan latih skillmu. Di jaman sekarang ini dengan bermodalkan kamera kemudian menyanyi buat video sudah bisa tenar di internet. Otomatis kalau sudah tenar panggilan job pasti bakalan banjir.

Siapa tahu kalau suatu saat kamulah yang menjadi penyanyi dan musisi terkenal di tanah air Indonesia bahkan sampai ke luar negeri berkat hobi ini.

Apapun itu hobimu jangan pernah sia-siakan. Hoby adalah awal dari sebuah keahlian! Coba salurkan  hobi sekali seminggu atau dengan meluangkan waktu beberapa hari atau justru geluti terus menerus. Tidak ada yang tahu bahwa hobimu akan membawa sukses nantinya.

Seperti itulah beberapa hobi yang bisa dijadikan pekerjaan bergengsi kalau ada yang kurang silahkan di tambah sendiri ya..

Advertisement

Load comments