Jenius: 8 Tanda yang tidak kamu sadari bahwa kamu adalah orang jenius

Genius atau biasa orang menuliskannya dengan jenius adalah sebuah kemampuan intelektual yang di atas rata-rata. Bukan hanya di bidang akademik tetapi juga berbagai bidang lainnya. Orang yang mempunyai kemampuan intelektual di atas rata-rata itulah orang jenius.

Kamu mungkin pernah lihat temanmu atau bahkan dirimu sendiri jago perhitungan, cepat memahami sesuatu hal yang rumit dan lihai di suatu bidang. Tanpa di sadari, kamu adalah  bagian dari orang-orang yang jenius.

Kamu tahu gak bahwa sebenarnya orang yang jenius itu mempuyai sebuah ciri-ciri atau tanda. Sesuatu yang tanpa kita sadari ternyata kita termasuk orang yang jenius.

Tanda-tanda itu sebenarnya sangat mencolok. Tetapi kita semua tidak sadar dengan hadirnya tanda atau kebiasaan tersebut.

Kenapa saya bilang mencolok?

Karena orang jenius itu adalah orang langka. Makanya kebiasaan mereka pastinya juga akan berbeda dengan orang di sekitarnya.

Baiklah, berikut tanda-tanda yang membuktikan bahwa kamu adalah seorang yang jenius. Kira-kira kita masuk gak ya?? :D

tanda bahwa kamu orang jenius


1. Tidak mau di kekang aturan


Tanda bahwa kamu termasuk orang jenius yang pertama adalah tidak mau dikekang aturan.

Kenapa bisa?

Orang jenius adalah tipe orang yang berpikir bebas, menghargai kebebasan individu dan ingin melakukan apa yang mereka mau. Tidak heran apabila orang yang jenius anti aturan apalagi aturan yang bersifat mengekang.

Mereka lebih suka bekerja dengan kemauan sendiri, tidak ada yang membatasi dan lain sebagainya. Karena dengan tidak adanya paksaan dapat melahirkan ide kreatif yang mereka miliki.


2. Punya ketertarikan tersendiri atau minatnya kuat


Seorang yang jenius akan mempunyai keinginan yang kuat. Entah itu dibidang olahraga, akademis, teknik dan lain sebagainya. Tidak ada seorang pun yang bisa mencegahnya. Lebih cenderung mengabaikan hal-hal yang menurut nya membosankan.

Sebagai contoh bill gates misalnya. Dia adalah pendiri Microsoft perusahaan perangkat lunak terbesar dan terkaya. Sejak sekolah menengah pertama tertarik dengan dunia computer. Begitu kuliah di Harvard dia justru mengambil jurusan hukum seperti keinginan ayahnya. Tapi apa yang terjadi? Tidak lama kemudian dia kembali beralih ke teknik computer sesuai dengan minatnya.

Seperti itulah orang yang jenius. Dia pasti mempunyai ketertarikan sendiri yang tidak dapat di paksa oleh orang lain. Seperti halnya bill gates yang memilih keluar dari Harvard demi untuk mengejar impiannya.

Apakah ada orang yang menurutmu jenius tapi dia justru acuh begitu saja apabila mendapatkan hal-hal yang tidak di senanginya.  Apabila kamu juga mempunyai ciri yang seperti itu selamat! Kamu adalah tipe orang yang jenius.


3. Kurang memperhatikan penampilan/sederhana


Pernah lihat orang jenius penampilannya glamour? banyak gaya? Tentu tidak kan! Kebanyakan orang jenius dia akan berpenampilan sangat sederhana. Terlihat apa adanya. Gak bakalan pusing kalau penampilannya di nilai jelek oleh orang lain.

Dia terlalu sibuk dengan pikirannya yang entah kemana arahnya. Sehingga tidak sempat mengurusi penampilan.

Saya ambil contoh misanya Mark Zuckerberg, Steve Jobs, dan (alm) bob sadino.

Siapa yang gak kenal seo facebook Mark Zukerberg?

Yaa,, semua orang pasti kenal. Dia sebenarnya kaya raya tapi selalu berpenampilan menggunakan kaos oblong.

ATAU

(alm) bob sadino? Pebisnis kaya yang terkenal dengan penampilannya memakai celana puntung.

Mereka semua berpenampilan seperti itu bukan karena tidak mampu beli. Tapi karena tidak punya waktu untuk memusingkan soal penampilan. Baginya waktu terlalu berharga apabila di gunakan untuk hal seperti itu.


4. Mempunyai imajinasi kuat/suka mengamati

Mungkin pernah perhatikan salah satu temanmu dia orangnya banyak tanya, kepo, dan kepengennya semua di tahu. Itu juga salah satu tanda orang jenius lohh..

Ada juga yang mungkin gemar mengamati sesuatu sampai sedetail mungkin. Kalau belum di tahu semua yang di amati belum puas. Terlebih lagi kalau itu mengenai hobi atau kesukaannya. Pasti bakalan lama melototinnya.

Itulah kenapa dia selalu banyak pertanyaan di otaknya. Karena selalu ingin mengetahui sesuatu. Otaknya sudah berimajinasi ke mana-mana membayangkan yang tidak orang lain bayangkan. Berpikir yang orang lain tidak pikirkan. Itulah jenius..! Bagaimana kamu termasuk ciri ini nggak?? :D


5. Memiliki pembendaharaan kata yang luas


Ada beberapa golongan orang yang jenius tapi dia justru pintar beretorika. Kelihatan beda apabila kamu sedang berbicara dengan orang yang jenius dan orang yang biasa-bisa saja. Pasti mereka lebih menguasai apa yang diucapkan, terlihat meyakinkan dan mempunyai efek sugesti yang besar.

Tetapi terkadang hal ini hanya berlaku bagi bidang yang di sukainya saja. Untuk bidang-bidang yang lain mereka kurang. Karena mereka beranggapan bidang yang lainnya itu membosankan.

Silahkan cari kira-kira ada gak teman mu yang seperti itu? Atau mungkin justru itu adalah kamu sendiri.

6. Lebih suka bergaul dengan yang lebih tua atau dewasa

Orang jenius biasa lebih cenderung berpikir serius. Makanya banyak dari mereka yang lebih suka bergaul dengan yang lebih dewasa darinya.

Karena apa?

Karena mereka senang mendengarkan pengalaman orang dewasa. Merasa ingin mengikutinya, merasa mendapat banyak ilmu baru apabila bergaul dengan orang dewasa. Dibandingkan dengan teman seusianya yang hanya asik-asikan.


7. Bagus dalam permainan puzzle dan sejenisnya


Hal ini tidak di ragukan lagi. Seorang yang jenius pasti lihai dalam permainan puzzle,  teka-teki dan semacamnya. Karena mereka menyenangi permainan-permainan yang seperti ini. Selain itu  juga mereka berasumsi bahwa permainan tersebut dapat bermanfaat bagi otak nya.

Mereka akan alergi terhadap permainan yang hanya senang-senang tidak berguna.


8. Orangnya kadang gila


Hahaha.. emang orang jenius beneran kadang gila??

Ada yang mengatakan jenius dan gila itu beda tipis. Karena mereka sama-sama bisa melakukan apa yang orang biasa tidak bisa melakukan.

Tapi memang iya! kadang teman saya yang jenius saya perhatikan idenya kadang ide gila. Ide yang bener-bener ekstrim dan beda. Berkat ide gilanya itu biasa lahirlah sebuah hal yang tak terduga.

Seperti halnya isac newton dan kawan-kawannya. Berawal dari ide gila tapi akhirnya luar biasa.


Berikut saya kutip pernyataan Bob Sadino pebisnis kaya yang berpenampilan sederhana pemilik kemfood dan kemchick:

Rencana itu Cuma berlaku buat mereka yang belajar manajemen, Dari A, B, C, D sampai Z. Padahal dalam bisnis tidak ada yang seperti itu, bisnis tidak mungkin lurus dan runut saja. Tapi sayangnya disekolah kita sudah terlalu sering diajarkan bikin rencana.  Padahal rencana itu racun, bencana!” (dikutip dari hipwee.com)

Terdengar gila kan? Dia berprinsip bisnis dengan rencana itu racun dan bencana.

Itulah beberapa tanda yang dimiliki oleh orang jenius. Ingat jadi jenius boleh yang penting jangan kelewatan jadi psikopat ya ! Kita harus memanfaatkan kejeniusan untuk hal-hal yang bermanfaat. Terutama bagi orang yang disekitar kita.

Disqus comments