Cara ampuh mengatasi stres dengan cepat

Stres atau depresi adalah permasalahan pikiran yang paling umum bagi manusia yang dapat menghambat kinerja otak menjadi produktif. Permasalahan yang terkesan sepele tapi kalau di biarkan bisa berbahaya. Stres sendiri identik dengan perasaan tertekan. Entah itu karena pekerjaan, cinta, keluarga, atau berbagai masalah hidup yang lainnya. Bahkan sampai gila jika terkena stres berat dan tidak bisa mengatasinya dengan cepat.

Stres atau depresi ini tidak hanya karena permasalahan yang rumit saja melainkan gelisah dan panik juga awal dari sress. Stres juga bisa karena perasaan bosan, kenali penyebab yang bisa membuat kamu sering bosan.

cara ampuh mengatasi stres

Di usia berapa orang akan rentan terkena stres dan depresi?


Berdasarkan suatu penelitian mereka yang berusia antara 20 - 30 tahun rentan terkena stres dan depresi.

Mengapa?

Karena mereka sering dihadapkan dengan berbagai pilihan yang terlalu banyak. Mulai dari kepercayaan, pendidikan, pekerjaan dan bahkan pernikahan. Pada usia inilah kita merasa cemas dan khawatir. Cemas untuk memilih jalan hidup, khawatir apakah bisa untuk menjalani kehidupan yang semakin keras.

Orang yang memiliki keinginan kuat untuk melakukan sesuatu biasanya rentan akan stres. Pada usia 20-30 orang akan cenderung untuk berpikir cepat kerja dan kaya di bawah tekanan orang tua dan lingkungan. Di usia ini adalah usia dengan berbagai target dan pilihan. Salah memilih saja kita pasti akan masuk ke kondisi yang dinamakan stres atau depresi.

Apa dampak dari stres??


Stres memiliki banyak dampak apabila di biarkan begitu saja. Berikut beberapa dampak stres yang fatal bagi kita:

1. Jantung

Stres berawal dari rasa cemas, kemudian panik. Apabila orang dalam kondisi panik dan sangat tertekan, jantung akan berdetak sangat kencang. Kemudian pembuluh darah akan menyempit sehingga resiko untuk terkena stroke sangat besar.

2. Otak

Apabila kamu terbiasa dengan hidup stres, maka kamu akan merasakan bahwa pikiran sangat penat, susah berkonsentrasi apalagi mengingat sesuatu. Orang stres akan cenderung pelupa. Jika stres di biarkan begitu saja akan membuat otak semakin susah mengingat dan mempelajari sesuatu. Artinya otak kamu akan susah untuk menjadi lebih produktif.

3. Rambut rontok

Siapa yang pengen rambutnya rontok? :D tentu tidak ada kan! Ini adalah keluhan yang paling banyak dialami bagi setiap orang yang stres. Rambut lebih cenderung mudah rontok dan kusam. Makanya harus pintar-pintar atasi stres supaya gak botak. :D

4. Emosi

Penyakit emosi mungkin hanya sekedar biasa-biasa saja kalau kita lihat. Paling baper, nangis, dan nyalahin diri sendiri. Tapi justru ini bisa mendorong orang untuk kehilangan akal sehatnya yaitu nekat gantung diri di pohon tomat. Ngeri kan? :D

5. Penyebab munculya talak 3 

Stres juga bisa membuat retak hubungan loh. Semula harmonis, fine-fine aja tapi seiring banyaknya cobaan dan tekanan yang dialami jadi sering bertengkar. Hal ini berlaku hubungan baik itu pacaran, sahabat, bahkan pernikahan. Orang stres akan mudah tersinggung, mudah marah dan agresif. Apabila tidak bisa memanajemen stres dengan baik TALAK TIGA pasti akan terjadi. 


Stres adalah kondisi wajar dan tidak dapat dihindarkan. Semua orang akan merasakan yang namanya kondisi pahit. Tapi bukan berarti kita harus terjerumus dalam kondisi stres ini.


Bagaimana cara menghilangkan stres???


Berikut cara menghilangkan stres yang ampuh :


1. Relaksasi


Salah satu cara ampuh dan cepat yang pertama untuk mengatasi pikiran tertekan dan kacau adalah relaksasi. Relaksasi tidak hanya bersemedi di tempat yang sunyi. Apabila kamu tidak memiliki waktu untuk itu, cukup ambil nafas dalam-dalam kemudian keluarkan dengan pelan. 

Hal itu sudah cukup untuk membuat pikiran kembali santai. Namun apabila dilanda stres berat lebih baik untuk melakukan meditasi. Lakukan di tempat yang udaranya bersih dan terbuka. Meditasi bukan hanya identik dengan hal ghaib, tapi ini memang sudah terkenal sebagai cara untuk menyehatkan tubuh. 

Bahkan orang-orang yang rutin melakukan meditasi mereka awet muda loh. Hal ini dikarenakan peredaran darah pada tubuhnya lancar serta pikirannya selalu tenang.


2. Refreshing


Cara paling mudah untuk mengatasi stres selanjutnya adalah dengan refreshing. Siapkan waktu luang untuk bersantai. Entah itu bersama teman, keluarga, atau pasangan. Bersantai tidak harus pergi piknik. Kamu bisa nongkrong di warkop, pergi memancing atau melakukan beberapa hobi yang menurut kamu menarik.

Lupakan semua beban yang membuat rasa tidak nyaman. Tinggalkan semua masalah di tempat asalnya. Kamu hanya perlu memikirkan bahwa  hari ini adalah hari bahagia buat saya tanpa ada beban dan masalah.


3. Olahraga ringan


Olahraga dapat mengurangi dampak dari penyakit stres. Dengan berolahraga badan jadi berkeringat dan membuat jantung memompa darah secara teratur ke seluruh tubuh. Sehingga seluruh tubuh akan mendapatkan asupan oksigen melalui darah yang dipompa oleh jantung.

Kamu dapat melakukan olahraga ringan seperti lari atau bersepeda sore. Hal itu sudah cukup untuk menghilangkan perasaan gelisah yang ada di dalam diri kamu. Coba rasakan apabila telah keluar keringat pasti otak akan terasa segar kembali.


4. Berbagi cerita


Pastikan kamu selalu berbagi cerita dengan orang lain apabila gelisah. Jangan selalu dipendam tapi coba ceritakan. Ungkapkan semua masalah yang kamu pendam hingga kamu merasa lebih lega. Sebuah masalah apabila di tahan akan semakin besar.

Cobalah untuk berbagi cerita dengannya. Meskipun hanya bercerita, tapi hal itu akan membuat perasaan menjadi jauh lebih baik. Lagi pula tidak menutup kemungkinan kamu justru akan dapat solusi dari teman mu. Selama temanmu bersedia untuk mendengarkan cerita mu kenapa tidak?

Ingat pilih teman yang emang di percaya, jangan sampai justru ember bolong. :D


5. Pijat


Pijat? siapa yang tidak senang di pijat. Meskipun mungkin sebagian orang merasa geli, tapi pijat adalah teknik ampuh untuk memanjakan tubuh. Pijat juga bisa untuk menghilangkan stres loh. Stres pada umumnya di picu oleh kondisi tubuh lelah. Oleh karena itu pijat sangat di rekomendasikan untuk mengobati stres.

Dengan kembalinya otot-otot tubuh maka tubuh akan  terasa enak dan beban hidup pastinya akan terasa hilang. Buruan pergi ke tempat urut sebelum tutup..:D


6. Mandi

Dari sekian cara diatas, cara paling simpel untuk mengatasi stres adalah dengan mandi. Meskipun hal kecil tapi dengan mandi dapat mengatasi masalah stres. Kebanyakan orang apabila kelelahan yang dilakukan adalah mandi. Karena mandi dapat membuat tubuh kembali segar.

Dengan kembalinya tubuh ke kondisi yang fit, otomatis otak juga akan kembali jernih. Pikiran menjadi tenang kembali seolah ikut luntur di siram air.

Selain itu air juga mengandung oksigen, otomatis apabila kita mandi oksigen akan memberikan kekuatan pada tubuh dan kulit kita.

Demikianlah beberapa cara sederhana dan ampuh untuk mengatasi masalah stres pikiran dengan cepat. Semoga bermanfaat.

Disqus comments