Kiat jitu untuk mengatasi budaya telat bangun pagi

Bangun pagi.. Yappzz, itulah masalah yang sering di hadapi oleh kebanyakan orang. Termasuk saya..:D haha Tapi tenang saja di sini saya mempunyai tips jitu yang saya gunakan untuk mengatasi masalah telat bangun yang biasa saya alami.

Seringnya telat bangun disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu karena tubuh terlalu lelah. Apabila tubuh kita terlalu lelah percaya pasti kita esoknya akan telat bangun pagi. Maka dari itu untuk tidak telat bangun kita perlu menjaga stamina tubuh agar selalu prima. Diperlukan sebuah manajemen stress yang baik, sehingga tubuh tidak terlalu kelelahan!

cara mengatasi masalah telat bangun pagi

Kenapa saya sering memasang alarm tapi tidak terdengar??


Saya juga pernah mengalami hal itu. Menurut saya itu karena kita terbiasa mematikan alarm apabila sudah bunyi dan tidur lagi. Itulah masalah utamanya. Terlalu sering mengabaikan alarm yang bunyi maka lama kelamaan alarm yang bunyi pun tidak kita dengar.

Kenapa Saya setiap bangun pagi tidak bisa langsung beranjak bangun pasti butuh waktu lama untuk bisa berdiri dan bangun dari tempat tidur? 


Semua orang mungkin mengalami hal ini. Telinga sudah mendengar bunyi jam alarm tetapi mata enggan untuk terbuka. Mungkin mata sudah terbuka tapi badan yang enggan untuk bangun. Akhirnya tidur lagi deh, ujung-ujungnya kesiangan.

Masalah utama sebenarnya terletak pada kebiasaan. Kita terlalu memanjakan tubuh kita untuk bermalas-malasan. Selalu berpikir “ahh,, masih jam 5 nantilah bangun jam setengah 6”. Pas jam setengah 6 “Masih pagi, ntar ahh lima menit lagi”. Akhirnya apa?? Kita terlalu asik tidur ujung-ujungnya telat bangun.

Semua gambaran di atas adalah kebiasaan buruk kita selama ini yang harus di buang. Penyebab kita jadi akrab dengan budaya TELAT BANGUN!

Terus bagaimana caranya agar tidak telat bangun setiap hari? Apalagi di hari-hari yang penting?


Ada beberapa kiat yang menurut saya sangat penting untuk mengatasi budaya kita yang satu ini. Langsung saja berikut kiat ampuh untuk mengatasi masalah telat bangun:

1. Niat dan berdoa jangan lupa!


Cara agar bisa bangun pagi yang pertama adalah niat dan do’a.
Kenapa harus niat dan berdo'a??
Setiap kita melakukan aktivitas pasti di dahului dengan niat dan doa. Aktivitas sekecil apapun itu termasuk hendak tidur. Niat itu penting. Dari niat bisa  menjadi sugesti, dan sugesti inilah yang akan membangunkan tubuh kita nantinya.

Bahkan orang-orang yang percaya dengan mistis. Dia beranggapan bahwa di setiap badan manusia itu terdapat roh/alias diri kita. Badan kita ini juga hidup. Makanya biasa mereka dengan niat dengan menyebut namanya sendiri untuk membangunkannya itu bisa bangun.

Apapun itu tetap harus niat dan berdoa dengan memohon pada yang memberi kehendak. Ingat niat dan do’anya yang bener..:D kalau lupa bagimana do’anya silahkan minta ajarin mbah google. :D


2. Lepaskan semua beban hidup apabila hendak tidur


Beban hidup menjadikan seseorang untuk susah tidur. Setiap ingin tidur selalu terpikirkan hal-hal esok harinya, yakin saja tidur kita tidak akan nyenyak dan akhirnya telat bangun.

Tidur ibarat kita merestart computer. Semua fungsi dan kerja harus di hentikan baru bisa direstart. Berharap sesudah direstart semua fungsi kembali normal.

Begitupun dengan kita tidur. Lepaskan semua kepenatan dan beban yang ada. Sehingga esok hari kita bisa terlahir kembali dengan tubuh segar dan pastinya tidak telat bangun lagi..:)


3. Tidur di waktu yang tepat


Lamanya waktu tidur juga sangat berpengaruh terhadap bisa tidaknya bangun pagi. Untuk bisa bangun pagi setidaknya kita harus mempunyai waktu tidur yang cukup.

Berapa waktu tidur yang ideal?

Berdasarkan penelitian di California amerika serikat waktu tidur yang ideal adalah sekitar 7 jam. Apabila sesorang tidur kurang atau lebih dari tujuh jam maka rentan akan obesitas dan bahkan kematian.

Selain itu dengan mempunyai waktu tidur yang cukup, akan memberikan tubuh kesempatan yang cukup untuk rileks. Sehingga yakin saja percaya atau tidak, sesudah 7 jam tubuh akan bangun dengan sendirinya.
Hal ini seperti kita cas hp, diperlukan waktu yang memang cukup untuk bisa mengisi daya sehingga siap digunakan lagi.

Berdasarkan pengalaman saya, waktu kecil saya biasa tidur siang dengan waktu 3 jam. Wahh.. luar biasa ya? :D Tapi yang unik apabila dibangunkan dalam waktu kurang dari 3 jam maka saya tidak bakalan bangun. Saya akan bangun apabila waktu tidur saya sudah 3 jam meskipun itu tidak dibangunkan.. Unik kan?? :D Tapi jangan dicontoh karena itu kebiasaan tidur yang buruk dan saya sekarang sudah tobat :D


4. Jangan makan makanan berat sebelum tidur


Kenapa?

Karena makan makanan yang mengandung kalori tinggi akan membuat kamu terasa sangat lelah. Hal itu membuat organ di tubuh harus bekerja keras selain itu juga sangat buruk bagi kesehatan.

Apabila sebelum tidur kita makan terlalu banyak, otomatis tersisa sedikit ruang untuk bagian udara. Nahh,, berawal dari sini lah yang membuat kita susah bangun. Badan kita jadi terasa sangat lelah akhirnya enggan untuk bangun. Badan kita yang seharusnya jadi fresh setelah bangun pagi tapi justru jadi capek dan pegal-pegal.


5. Pasang alarm dengan lagu yang menjengkelkan


Cara ini terbilang sepele tapi sangat ampuh utnuk mengatasi masalah telat bangun pagi. Atur alarm ponsel menggunakan nada atau lagu yag sangat menjengkelkan. Kemudian letakkan alarm itu di atas meja atau di suatu tempat yang tidak bisa kamu jangkau apabila tidak bangun.

Dengan nada yag menjengkelkan ini akan membuat kamu bangun dari tidur. Karena kamu akan merasa terganggu dengan adanya bunyi alarm tersebut. Pastikan agar volume sudah terset ke volume yang paling keras ya..


6. Tidur dengan lampu padam dan usahakan tirai jendela terbuka


Tidur dengan lampu padam juga sangat penting terutama buat kesehatan. Pastilah kita sudah tahu kalau tidur dengan lampu padam membantu hormone tertentu di tubuh untuk bereaksi.

Pastikan lampu selalu padam dan tirai jendela terbuka. Hal ini dimaksudkan agar apabila matahari sudah muncul kita langsung melihat lingkungan di luar. Dengan masuknya sinar matahari pagi tentunya ini akan membuat kita bangun sehingga mengurangi kebiasaan telat bangun pagi.


7. Amankan semua peralatan elektronik


Kiat untuk tidak telat bangun pagi yang terkahir adalah dengan mengamankan semua perlatan elektronik. Terutama hp, tab, laptop da sejenisnya. Hal ini bertujuan supaya kamu langsung tidur dan tidak mengotak atik nya lagi. Dengan begitu waktu tidur akan benar-benar kita manfaatkan dengan baik sehingga esok hari akan bangun dengan badan yang segar. Apabila badan sudah segar tidak capek otomatis kita akan langsung bangun apabila terdengar alarm.

Usahakan setelah bangun langsung mandi. Jangan biasakan untuk bersantai selepas bangun tidur. Mandilah supaya badan segar dan kembali bergairah untuk menjalankan rutinitas pagi.

Demikian beberapa kiat untuk mengatasi masalah terlambat bangun pagi. Sekian semoga bermanfaat!

Disqus comments