Suka duka seorang blogger

Bagaimana kabarnya semua teman-teman? Mudah-mudahan selalu sehat.

Suka duka sebagai blogger! Itulah judul artikel saya saat ini.

Saya sedang kehabisan ide untuk menulis artikel, biasalah kendala utama seorang blogger. Karena tidak tahu lagi artikel apa yang ingin saya buat, terpikirlah ide untuk menuliskan suka duka saya pribadi yang menjalani hoby sebagai seorang blogger.

Cara translate pdf bahasa inggris

Kali pertama menjadi seorang blogger saya tidak ingat entah tahun berapa. Kalau tidak salah sekitar tahun 2012. Dulu hanya sekedar bikin, tidak tahu mau di apakan sehingga blognya saya telantarkan.

Sampai tahun 2014 blog saya mulai saya aktifkan lagi. Pada Saat itu hanya saya isi seputar sekolah dan kuliah saja. Di tahun 2015 juga  belum terlalu serius nulis artikel.  Barulah pada tahun 2016 blog ini saya geluti dengan serius. Saya baru sadar ternyata ngeblog sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi saya seorang mahasiswa.

Banyak sekali perubahan dari blog ini. Dari segi nama awalnya blog ini bernama man jadda wa jadda. Tapi setelah saya lihat banyak sekali blog dengan nama sama seperti blog saya. Kemudian saya ubah lagi menjadi TTechFo. Setelah saya pikir lagi nama ini terlalu ekstrim. Saya ingin nama yang simple dan unik. Akhirnya saya ubahlah nama blog ini menjadi blog tedieka saja seperti nama saya. :D

Satu ketertarikan saya untuk membangun blog ini kembali hingga saya belikan top level domain adalah google adsense! Yah, itu yang membuat saya serius lagi dengan blog ini. Jadi mulai sekarang saya harus memperbaiki blog ini dengan susah payah karena awalnya isinya hanya sekedar sharing tugas. Lebih parahnya lagi ternyata si google adsense tidak menyukai konten berupa tugas atau makalah kuliah. Apesslah saya.

Hingga sekarang ini banyak sekali suka duka yang saya alami sebagai blogger. Apalagi blogger yang baru belajar seperti saya. Banyak sekali kesulitan-kesulitan dan bahkan kebosanan. Berikut beberapa suka duka sebagai seorang blogger yang pernah saya alami.


DUKANYA :


Capek dan bosan


Salah satu duka setiap pekerjaan adalah capek dan bosen. Apalagi kalau masih di awal, pasti rasanya kayak berat sekali pengen berhenti. Nulis artikel satu saja serasa berat. Terlebih lagi jika ide buntu tidak tahu lagi apa yang mau di tulis. Pasti ide yang muncul cuma satu BOSAN!!

Meskipun capek menguras tenaga dan tak jarang bosan. Seorang blogger pasti akan tetap berjuang..:D haha

Sering begadang/mata pedes


Sebagai seorang blogger pasti pernah mengalami hal ini. Setiap malam begadang didepan laptop demi sebuah artikel. Saking seringnya di depan latop mata jadi pedes banget. Bagaimana tidak? Seorang blogger kehidupannya lebih banyak mantengin laptop.

Mulai dari atur template, SEO, research judul artikel, cari referensi sampai ke buat artikel semuanya terus di lakukan di depan monitor. Makanya tak jarang mata pedes karena kerja ekstra pengen cepat ramai blognya..:D

Gak focus ngeblog, gak terarah


Hal ini pernah saya alami di awal kenal blog 2012 sampai tahun 2015. Wah, lama banget ya? :D Di tahun itu saya buat blog hanya sebagai iseng-iseng aja, belum ada niat untuk serius. Belum lagi kesibukan kuliah yang membuat saya tidak sempat untuk nulis artikel. Akhirnya blog saya hanya saya isi seadanya dan tak berpenghuni. Horor..!

Gak ada pengunjung


Duka yang lain yang tidak kalah ngenesnya adalah blog tidak ada pengunjung. Setiap nulis artikel di lihat page viewnya hanya segitu-gitu aja tidak bertambah. Akhirnya berefek ke malesnya nulis artikel. Badan jadi lunglai, lemah, lesu, dan lemas semuanya jadi satu.

Jaringan konslet


Selain tidak ada pengunjung yang ngenesnya gak ketulungan yaitu internet yang macet-macet. Kerjaannya looooaaaaddiiiiing teruuuss.. Maklum saya dulu di kampung masih menggunakan modem yang hanya nangkap jaringan 3G satu biji.

Bikin artikel yang seharusnya selesai dalam satu jam jadi berjam-jam karena jaringan internet yang lola. Selain itu juga kadang loading halaman blog cuman setengah terus macet itulah yang bikin jengkel banget.

Duit jajan habis pake beli kuota


Duka saya yang terakhir selama ngeblog adalah harus rela uang jajan habis pake beli kuota. :D Maklum saya masih sementara kuliah. Kiriman setiap bulan yang seharusnya pakai makan saya alihkan sebagian jadi untuk beli kuota. :D

Ya, meskipun makannya jadi menghemat, yang penting punya kuota internet. :D hahaha


SUKANYA :


Dapat pengetahuan baru


Sebenarnya pengetahuan yang saya peroleh tentang blog masih sedikit. Tapi cukup lumayanlah untuk menunjang kegiatan blog dibanding sebelumnya. Minimal saya tahu dunia blogger seperti apa dan bagaimana. Sebelumnya saya yang tidak tahu apa-apa tentang blogging, sekarang mulai paham sedikit demi sedikit.

Menurut saya blog itu sangat keren dan bermanfaat. Banyak blogger besar yang menginspirasi saya seperti panduanim.com, kompiajaib.com, sugeng.id, dan banyak lainnya. Sehingga saya tergugah untuk belajar KONSISTEN membangun blog seperti mereka.

Bisa belajar dengan siapa saja


Hal yang saya sukai lainnya dari blog yaitu kita bisa bebas belajar apa saja dari banyak orang. Cara belajarnya pun bisa dengan comment, bertanya, ataupun grup. Tentunya itu semua gratis! Banyak kok para master blogging yang sharing pengalamannya. Sehingga saya yang masih awam bisa mengikuti jejaknya. Belajar insaf dulu..:D

Artikel muncul di halaman 1 google


Siapa yang tidak gembira ketika artikel blognya muncul di halaman satu google?? Semua orang pasti senang dan bangga termasuk saya. :D Selain uang itu adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi seorang blogger. Artikel di baca banyak orang, berarti artikel yang saya tulis bisa bermanfat.

Dengan masuknya artikel blog ke halaman satu, semakin membuat saya bersemangat untuk menulis lebih banyak lagi. Sehingga blog yang saya bangun bisa eksis seperti blognya juragancipir.com. ngarepp..:D

Demikianlah suka duka saya menjadi seorang blogger. Dalam pikiran saya menjadi seorang blogger adalah menyenangkan. Meskipun yang saya alami lebih banyak sengsaranya dibanding sukanya. :D

Advertisement

Load comments