Bahaya, Jangan Pernah Mematikan Laptop dengan Menekan Tombol Power Langsung

Berkaitan dengan mematikan laptop secara paksa dengan menekan tombol power, beberapa hari yang lalu laptop kesayangan dan satu-satunya yang saya miliki mengalami kerusakan pada bagian hardisk (bad sector). Sangat menyusahkan apabila laptop rusak, terlebih lagi saya kuliah 80% menggunakan laptop. Laptop saya pada waktu itu terjangkit masalah bad sector.

penyebab bad sector pada hardisk

Apa itu Bad Sector??


Saya hanya paham bahwa bad sector itu adalah kerusakan pada hardisk dimana ada bagian hardisk yang rusak baik itu logical atau fisiknya. Error pada hardisk terbagi menjadi dua yaitu rusak fisik dan logical (kekeliruan oleh OS). Nah,, kekeliruan oleh OS (operating system) atau kerusakan logical ini kita masih bisa berharap untuk menyelamatkannya. Silahkan baca cara memperbaiki laptop yang tidak bisa diinstall (bad sector)

Apa tanda-tanda sebuah hardisk mengalami bad sector?


Tanda-tanda yang bisa mencirikan sebuah hardisk terjangkit bad sector adalah seringnya crash (blue screen), Hardisk lama bereaksi saat mengakses folder, komputer sangat lambat apabila mengeksekusi suatu perintah dari user, dan terdapat bunyi-bunyi tak beraturan di sekitar hardisk. Tanda yang paling gampang adalah seringnya laptop not responding dalam jangka waktu yang lama. Hal  ini menandakan bahwa OS membutuhkan waktu yang lama untuk membaca file atau program yang tersimpan di hasrdisk dikarenakan adanya suatu bad sector.

Apa hubungannya bad sector dengan mematikan laptop secara paksa atau menekan tombol power?


Pada saat laptop saya bawa ke tempat service, teman saya bertanya kepada tukang servicenya:

"Kira-kira apa yang menyebabkan hardisk bisa terkena bad sector ya?"
Tukang servicenya bilang: "Itu biasa terjadi karena sering kena benturan"

Dalam hati saya bergumam "Perasaan laptop saya tidak pernah terbentur."
Tidak masuk akal apabila bad sector terjadi karena laptop saya kena benturan?

Karena penasaran akhirnya saya googling dan ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan bad sector pada hardisk diantaranya adalah MEMATIKAN LAPTOP DENGAN MENEKAN TOMBOL POWER. Alamakkk!! itu ternyata yang menyebabkan hardisk saya rusak..!!

Kebiasaan mematikan laptop dengan menekan tombol power saya lakukan apabila tugas numpuk dan laptop sedang not responding dalam waktu yang lama atau pada saat install ulang laptop dan terjadi kesalahan langsung saya tekan tombol power untuk mematikannya. Selain itu juga mencabut baterai laptop pada saat laptop masih menyala juga meningkatkan resiko terjadinya bad sector.

Mulai sekarang saya telah insaf, kembali ke jalan yang benar, dan sudah kapok menggunakan tombol power untuk mematikan laptop..:D

Jadi, apabila laptop  sedang not responding meskipun itu lama biarkan saja jangan terburu-buru mematikannya secara paksa dengan tombol power. Karena lama kelamaan akan berefek pada hardisk. Sayangilah hardisk sebelum akhirnya rusak seperti yang saya alami. Sekian semoga bermanfaat.

Advertisement