Cara Membuat Partisi dan Menggabungkan Partisi di Windows

Membuat partisi di hardisk bertujuan untuk memudahkan kita dalam mengelola data yang terdapat dalam hardisk tersebut. Untuk membedakan dimana file sytem dan data pribadi yang kita simpan. Ada banyak cara dalam membuat partisi hardisk yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga, gparted di linux dan disk management di windows. Namun saya hanya kan menggunakan cara disk management di windows buka gparted yang ada di linux, karena kebanyakan orang menggunakan windows.

Sebenarnya biar tidak di tulis tutorialnya semua orang juga tahu. Tapi sempat saja ada yang membutuhkan plus sekalian sebagai pengingat bagi saya apabila lupa caranya. :D

Langsung saja berikut caranya:

CARA MEMBUAT PARTISI DI WINDOWS


1. Apabila kamu menggunakan windows 8 atau 10 cukup tekan Win+X, lalu pilih disk management. Bisa juga dengan mengetikkannya di pencarian 'disk management'.

2. Setelah masuk ke disk management, pilih hardisk yang ingin di partisi misal saya ingin mempartisi hardisk dengan nama DATA. Maka klik kanan pada hardisk tersebut kemudian pilih shrink volume dan tentukan ukurannya, kemudian pilih shrink.

partisi hardisk laptop

3. Akan tampak hardisk yang bertuliskan unlocatted berwarna hitam, selanjutnya klik pada partisi tersebut pilih New Simple Volume dan kilk Next sampai selesai. Kamu juga bisa mengedit namanya jika ingin.
4. Selesai


CARA MENGGABUNGKAN PARTISI


Cara menggabungkan partisi ini biasa dilakukan karena banyak partisi kecil yang sudah di buat atau kamu ingin menambah besar sebuah partisi.

Sebenarnya cara untuk menggabungkan partisi sangat mudah jika partisi yang kamu lakukan berasal dari partisi sebelumnya dan kamu ingin menggabungkannya kembali. caranya yaitu klik kanan pada partisi awalnya, pilih Extended Volume. Ikuti saja intruksinya sampai selesai.

Namun cara ini tidak bisa jika kamu ingin menggabungkan partisi yang tidak berasal dari partisi yang sama. Sebagai contoh kamu mempunyai partisi tiga yaitu D, E, dan F. dan kamu ingin menggabungkan partisi F ke D maka itu tidak bisa kamu lakukan kalau partisi F sebelumnya tidak bersal dari partisi D. Cara itu hanya bisa kamu lakukan dengan bantuan pihak ketiga (Aplikasi).

Gambar di bawah ini merupakan contoh kasus yang menandakan bahwa partisi yang kamu ingin gabungkan berasal dari partisi yang berbeda (lihat pada bagian Extended Volume tidak aktif/mati).

menggabungkan partisi

Lalu aplikasi apa yang bagus digunakan???

Aplikasi yang sangat recomended adalah Aomei Partition Assistant. Sebenarnya saya ingin menuliskannya disini, tapi sudah terlalu banyak yang menuliskan tutorial tersebut. Jadi silahkan cari di internet cukup ketikkan cara menggabungkan partisi dengan Aoemoi Partition hasilnya banyak banget.

Sekian cara partisi hardisk di windows semoga bermanfaat.

Advertisement

Load comments