Siapapun bisa kuliah di perguruan tinggi favorit, bahkan GRATIS!

Bermimpi untuk kuliah gratis di perguruan tinggi favorit bukan hal yang mustahil di era sekarang ini. Pemerintah indonesia sudah mengesahkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 yang intinya pemerintah membuka peluang bagi masyarakat tidak mampu untuk mengenyam kuliah di perguruan tinggi negeri.

kuliah bisa gratis

Siapapun pemerintahnya, dimanapun daerahnya di Indonesia semua orang bisa berkuliah ke universitas terkenal. Buang jauh-jauh pemikiran bahwa kuliah itu hanya untuk orang kota saja, hanya untuk orang menengah ke atas.

Buka pikiran kamu dan tanamkan sedalam-dalamnya bahwa sekarang kuliah bisa gratis! Kamu hanya perlu punya semangat dan mimpi yang tinggi untuk mencapainya. Ada pepatah mengatakan if you can dream it, you can achive it! Sudah banyak orang sukses mengenyam pendidikan bahkan sampai S3 berasal dari keluarga miskin, keluarga tukang batu, yatim, bapaknya tukang becak, buruh tani bahkan sampai mantan TKW.

Banyak sekali remaja desa yang berpikiran kuliah itu mahal. Dengan beberapa tambahan pertanyaan yang menghantui pikiran seperti di bawah ini:


  1. Saya sekolah di SMA biasa-biasa saja dan bahkan bukan termasuk SMA negeri di daerah saya, apakah saya masih bisa kuliah di universitas negeri atau favorit??
  2. Saya orang miskin, kuliah itu mahal bagaimana saya bisa membiayai kuliah saya?
  3. Saya takut karena tidak mempunyai kenalan untuk kuliah jauh dari daerah, bagaimana solusinya?
  4. Kuliah ke universitas ternama sudah menjadi impian saya, tapi saya tidak tahu harus mulai dari mana?
  5. Saya tidak termasuk orang yang pintar, bagaimana caranya?


BACA JUGA ARTIKEL MENGENAI KULIAH YANG LAIN :

Kunci utama bagi kamu yang berasal dari keluarga dengan ekonomi kembang kempis untuk kuliah adalah SEMANGAT! Agar semangatmu untuk yakin bisa KULIAH bertambah, silahkan baca atau googling kisah dan perjuangan para mahasiswa Indonesia yang hanya modal semangat namun berhasil mewujudkan impiannya untuk mengeyam pendidikan tinggi. Saya yakin dengan membaca bagaimana perjuangan mereka, kamu akan merasa MAMPU untuk menjadi sama dan sukses seperti mereka.

Untuk pertanyaan di atas, berikut bahasannya supaya kamu mempunyai gambaran secara jelas.


#1 Saya sekolah di SMA biasa-biasa saja dan bahkan bukan termasuk SMA negeri di daerah saya, apakah saya masih bisa kuliah di universitas negeri atau favorit?


Jawabannya simpel, yaitu BISA BANGET!
Sekolah SMA negeri bahkan internasional tidak akan mampu menjamin kamu bisa masuk di universitas terbaik. Karena di balik usaha ada Tuhan yang menentukan. Apabila kamu berasal dari SMA negeri yang biasa-biasa saja atau bahkan swasta (yang tidak terkenal sekalipun) masih punya peluang untuk bisa masuk di universitas terbaik.

Kuncinya hanya satu yaitu SEMANGAT yang BESAR untuk bisa kuliah di universitas terbaik. Usaha akan sebanding dengan hasilnya, seperti hukum fisika yang menyatakan bahwa W= F*s. Usaha sama dengan gaya dikali dengan hasil perpindahannya. Apabila usahanya NOL maka perpindahannya pun akan nol alias tidak bergerak. Begitu sebaliknya, tidak mungkin usahanya nol tapi perpindahannya akan 100!

Biarpun dikata kamu dari keluarga ekonomi rendah namun apabila belajar dengan sungguh-sungguh dengan target di atas, kamu pasti akan bisa mencapainya.

Saya ceritakan sedikit bahwa orang-orang yang masuk di universitas terbaik bukanlah orang-orang yang semuanya pintar. Mereka tidak jauh seperti kita, hanya mereka punya semangat dan keberanian untuk belajar dan tidak bermalas-malasan berpangku tangan menunggu nasib mereka. Jadi tidak usah minder dalam bersaing! Mereka sama seperti kita, makan nasi, punya rasa malas dan putus asa.

2. Saya orang miskin, kuliah itu mahal bagaimana saya bisa membiayai kuliah saya?


Kamu yang masih berpikiran kuliah itu mahal adalah SEBUAH KESALAHAN!

Kenapa saya katakan sebuah kesalahan?

1. Pemerintah Indonesia sudah menjamin melalui UU Nomor 12 tahun 2012 melalui beasiswa bidikmisi bagi mahasiswa kurang mampu dengan prestasi akademik bagus. Bantuan dana yang diberikan adalah sebesar 3.600.000 setiap semster (6 bulan) bahkan sekarang saya dengar ada kenaikan menjadi 3.900.000 setiap semesternya + SPP.

Maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kamu dustakan?

2. Biaya kuliah setiap universitas negeri sekarang sudah menggunakan sistem uang kuliah tunggal (UKT) dimana semua pembayaran sudah di gabung menjadi satu ke dalam UKT dan disesuaikan dengan penghasilan orang tua. Kamu tahu berapa biayanya? Cukup murah,, untuk Unhas sendiri UKT I hanya 500.000, UKT II 750.000, UKT III 2.000.000. Bisa dilihat selengkapnya di Uang Kuliah Tunggal Universitas Hasanuddin.

Buat kamu yang ekonomi menengah ke bawah kemungkinan hanya masuk di UKT satu dan dua. Bagaimana murahkan?

3. Banyak beasiswa yang menanti kamu setelah masuk kuliah. Namun beasiswa ini hanya bisa kamu apply antara kamu baru lulus SMA (pendaftaran kuliah) atau saat kamu sudah semester IV ke atas. Diantaranya yaitu VDMS,  Karya Salemba empat, Tanoto Foundation, BNI, SPP gratis PemProv SulSel, Pertamina Sobat Bumi dan masih banyak yang lainnya.

Apabila kamu serius ingin kuliah kamu pasti bisa masuk di antara sekian banyak peluang besiswa tersebut.

Bagaimana masih berpikiran kuliah itu mahal?

3. Saya takut karena tidak mempunyai kenalan untuk kuliah jauh dari daerah, bagaimana solusinya?


Percaya saja apabila niatmu sudah teguh kamu pasti akan mendapat jalan keluarnya. Saya pernah membaca seorang mahasiswi kuliah ke luar negeri yaitu ke jerman hanya modal nekat tanpa ada keluarga disana karena impiannya bisa kuliah di jerman. Tapi berkat semangat dan kerja kerasnya dia bisa kuliah di sana.

Apabila tidak ada kenalan, pasti banyak alumni asal sekolahmu, kenalan gurumu, atau bahkan tetanggamu yang kuliah di universitas tersebut. Pokoknya cari info ke semua orang.

Apabila benar-benar tidak ada, permantap niatmu dan silahkan minta restu orang tua apakah diijinkan atau tidak. Serta sampaikan alsanmu kenapa harus kuliah disana.

Warning:
"Semua Universitas itu pada dasarnya hampir sama hanya berbeda fasilitas, Baik yang terkenal atau tidak tujuannya sama yaitu tridharma perguruan tinggi. Asalkan kamu belajar dengan baik pasti berhasil. Ingat sukses tidak di batasi oleh lingkungan, tapi lingkungan orang sukses akan membuat kamu ikut berpikir menjadi orang sukses! Intinya kalau tidak mau mengambil resiko maka bergaullah dengan orang sukses supaya kecipratan sukses."


4. Kuliah ke universitas ternama sudah menjadi impian saya, tapi saya tidak tahu harus mulai dari mana?


Kamu tidak tahu harus mulai dari mana??

Silahkan banyak bercerita dengan orang yang sudah kuliah, kamu pasti akan tahu mulai dari mana dan bagiamana caranya. Coba iseng-iseng gali pengalaman seniormu yang kuliah di universitas yang kamu impikan. Tanyakan bagaimana rasanya kuliah disana?, bagaimana caranya mendaftar? dll. Dijamin kamu akan tercerahkan secerah-cerahnya setelah mendengar ceritanya.

Manfaatkan semua link yang kamu punya!

5. Saya bukan termasuk orang yang pintar, bagimana caranya?


Jawabannya kamu harus PINTAR! Kalau biasa-biasa saja akan tersisih oleh orang yang pintar.

Kalau sudah tahu kamu kurang pintar jalan satu-satunya yaitu kamu harus RAJIN. Supaya kamu tidak menjadi orang yang biasa-biasa saja dan dianggap sebelah mata.

Bagaimana caranya supaya PINTAR?

Caranya hanya satu yaitu MEMBACA!

Perbanyak membaca karena di surah Al Qur'an yang pertama kali turun (QS. Al Alaq) adalah perintah membaca itu menunjukkan betapa pentingnya membaca.

Sebagai tambahan motivasi, Miftachudin (anak seorang tukang batu yang sekolah S2 ke university of manchester inggris) berkata:

"saya tahu rasanya rendah diri karena lahir di desa, lahir dari keluarga kurang mampu, lahir dengan segala keterbatasan. Rasa rendah diri yang membuat kita kalah sebelum berperang karena terlalu banyak kekhawatiran. Sering kali berpikir Apa iya saya bisa kuliah tinggi? Apa iya saya bisa mendapatkan nilai bagus? Apa iya saya bisa lulus? Apa iya saya punya biaya?"


Tapi sekali lagi saat kita yakin dengan cita-cita, berjuang terus menerus, dan berdo'a, maka impian untuk kuliah hanya masalah waktu.

Siapapun kamu, kamu berhak perjuangkan mimpi-mimpimu. Keterbatasan boleh nyata, tapi mimpi itu tak ada batasnya. 

Tanamkan moto pemain Manchester City untuk mengobarkan semangat timnya saat bertanding "There is place in history waiting for you". Silahkan ukir sejarah terbaik untuk diri kalian dimanapun karena pasti ada tempat untukmu menunggu dalam sejarah.

Dimana ada kemauan pasti ada jalan, bahasa jawanya there is a will, there is a way.

Berikut saya berikan cuplikan kisah dodo pengamen yang diterima masuk ke Universitas Indonesia. Untuk cerita lebih lengkapnya cari aja di youtube banyak kok.


Jangan takut gagal bersaing dalam hal belajar, tetap semangat dan semoga sukses dengan impiannya..


Advertisement

Load comments