Apa yang biasa orang cerdas lakukan untuk menghabiskan waktu mereka?

Setiap orang pasti mempunyai kebiasaan yang dilakukan pada saat waktu luang. Baik itu orang yang cerdas maupun sedikit cerdas, mereka mempunyai kebiasaan tersendiri untuk menghabiskan waktu kosongnya. Meskipun orang cerdas hampir semua waktunya selalu diselingi dengan berbagai kesibukan yang padat. Namun apabila mendapatkan waktu luang apa yang kira-kira mereka lakukan?

Kebiasaan orang cerdas

Kamu pasti penasaran dengan aktivitas mereka kan? Kira-kira apa yang mereka lakukan kesehariannya sehingga bisa menjadi sangat cerdas seperti itu. Apakah ada kegiatan mereka yang tidak kita lakukan serta bagaimana triknya mereka mengatur waktu.

Berbicara tentang cerdas apakah kamu tahu apakah bedanya cerdas, pintar dan genius?
Apakah antara cerdas, pintar dan genius itu adalah hal yang sama?

Menurut saya sendiri ketiga kata tersebut berbeda. Cerdas seperti halnya di atas, menurut saya adalah orang yang mampu memecahkan masalah yang belum pernah dia pelajari/temui sebelumnya. Sedangkan pintar adalah orang yang menyelesaikan masalah karena sudah mempelajari. Misalnya orang yang belajar matematika mampu menjawab berbagai soal tentang matematika yang susah, itu adalah orang yang pintar.

Berbeda lagi dengan genius. Genius adalah orang yang berada di atasnya pintar dan kadang idenya sering di luar nalar. Makanya kadang orang genius di identikkan sebagai orang ""Gila" atau psikopat dalam bahasa lainnya.

Baca juga: Orang yang paling cerdas di dunia ini.

Lanjut, apabila kita ingin tahu aktivitas apa yang biasa orang cerdas lakukan untuk menghabiskan waktu luangnya, Berikut saya rangkum buat kamu!

Enam hal yang biasa dilakukan orang cerdas dalam memanfaatkan waktu luang:


1. Tidak membiarkan waktu berlalu begitu saja
2. Mengambil waktu istirahat beberapa hari dalam satu bulan
3. Melakukan apa yang membuat nya bahagia
4. Mendaftar apa yang ingin mereka lakukan
5. Nongkrong dengan orang cerdas
6. Belajar hal baru

Untuk penjelasan lebih lengkapnya dari ke enam hal tersebut, silahkan simak tulisan di bawah ini.

1. Tidak membiarkan waktu berlalu begitu saja


Kenapa saya katakan tidak membiarkan waktu berlalu begitu saja? Alasannya karena mereka sangat menghargai waktu meskipun hanya beberapa menit. Merasa sangat menyesal apabila harus membiarkan waktu berlalu begitu saja.

Bahkan banyak fakta mengatakan bahwa orang cerdas cenderung tidak suka basa basi. Mereka lebih suka to the point mengenai apapun itu.

Lantas bagaimana dengan kita? Apa yang kita lakukan di saat waktu luang? Sepertinya kebiasaan kita bertolak belakang dengan mereka, termasuk saya. :D Kita justru menanti dan mencari-cari waktu luang. Sedangkan mereka menanti dan mencari-cari pekerjaan. Aduh,, pantas saja saya gak cerdas-cerdas. :D

2. Mengambil waktu istirahat beberapa hari dalam satu bulan


Kebanyakan orang cerdas seperti Enstein dan Bill Gates mereka selalu mengambil waktu tertentu yang khusus dalam satu bulan untuk menyendiri (bukan mengurung diri ya). Apa yang mereka kerjakan saat menyendiri? yang mereka kerjakan adalah mengembangkan pemikiran dan hobinya.

Misalnya saja dalam satu bulan kamu mengambil waktu hari sabtu dan minggu untuk istirahat. Dengan mengambil waktu cuti selama 2 hari ini dapat kamu gunakan untuk menyalurkan hoby kamu atau khusus untuk memperdalam pengetahuan tertentu yang membuat mu tertarik. Karena dengan begitu, keinginan kamu akan sesuatu yang semula tidak bisa kamu kerjakan akan tetap tersalurkan.

Selain itu, mengambil beberapa waktu khusus untuk istirahat berguna untuk mengevaluasi dan menata kembali rencana yang sudah berantakan. Sehingga semua akan kembali berjalan sesuai rencana atau target.


3. Melakukan apa yang membuatnya bahagia


Kebanyakan orang cerdas akan melakukan apa saja yang menjadi keinginannya. Sama halnya dengan bill gates yang keluar dari Harvard dan lebih memilih untuk menggeluti hobinya dalam bidang komputer. Namun meskipun begitu beliau justru sukses sekarang di bidang teknologi raksasanya yaitu microsoft.

Sebenarnya apa yang mereka lakukan tidak salah, justru itu yang baik. Daripada harus tersiksa menekuni sesuatu yang sama sekali tidak kita suka akibat pilihan orang lain, mending menekuni hal yang kita senangi. Karena kalau kita menekuni hal yang bukan keinginan sendiri  itu butuh tenaga yang besar untuk menjalaninya. Sedangkan apabila hal itu yang kita tekuni adalah hobi kita, berjam-jam bahkan sesusah apapun itu pasti akan kita geluti.


4. Membuat daftar apa yang ingin mereka lakukan


Seperti yang saya katakan di awal bahwa orang cerdas tidak ingin waktunya melayang sia-sia. Oleh karena itu mereka biasanya akan membuat daftar hal-hal yang ingin mereka capai apabila lagi nganggur. Memikirkan segudang hal atau lebih tepatnya daftar impian yang ingin mereka wujudkan. Hal itu supaya memperjelas hal yang ingin mereka lakukan. Ada yang mengatakan bahwa dengan menuliskan keinginanmu saja itu sudah membantumu untuk mendapatkannya sebesar 20%. Untuk benar-benar mendapatkannya kamu hanya butuh 80% sisanya yaitu USAHA.

5. Nongkrong dengan orang cerdas


Ada pepatah yang mengatakan bahwa lingkungan itu akan mempengaruhi sikap seseorang.  Apabila lingkungannya disiplin maka ia akan terbiasa disiplin begitu sebaliknya. Sama halnya dengan orang yang cerdas apabila ia lagi kosong maka ia akan menghabiskan waktunya bersama-sama dengan orang lain yang bisa senada dengannya.

Ini juga menjadi solusi yang bagus untuk kamu yang ingin cerdas. Kalau ingin ketularan cerdasnya ikut nimbrung dengan kumpulan orang yang cerdas. Cerdas itu sebenarnya adalah kebiasaan. Namun untuk membiasakannya sangat susah. :D

6. Belajar hal baru


Waktu luang sangat bagus untuk melakukan kreasi terhadap apapun. Itulah biasanya waktu ini digunakan juga untuk mengotak-atik sebuah hobi. Tidak jarang juga ide baru lahir dari adanya kebiasaan ini. Selain itu, dengan belajar hal baru juga dapat meningkatkan produktivitas otak manusia.

Selain itu belajar hal baru itu tidak terbatas. Tergantung bidang apa yang kamu sukai dan bagaimana cara melakukannya.

Advertisement