Kenapa Sering Bosan? Ternyata hal ini yang menyebabkan kamu sering bosan

Bosan adalah nama lain dari sikap depresi atau apatis. Banyak orang beranggapan seperti itu namun sebenarnya bosan dengan depresi ataupun apatis itu berbeda. Danckert, profesor ilmu saraf kognitif di University of Waterloo di Ontario mengatakan kebosanan mungkin melibatkan rasa terjebak dalam situasi saat ini yang tidak memuaskan, tetapi tidak melibatkan percaya bahwa kesuksesan adalah tidak mungkin (depresi). Kebosanan juga tidak sama dengan sikap apatis, karena orang bosan dalam beberapa cara akan menjadi termotivasi untuk mengakhiri kebosanan mereka.

sering bosan

Ada banyak jenis kebosanan misalnya saja bosan sama pacar, bosan dengan pekerjaan, bosan dengan kuliah, sampai dengan bosan hidup. Tapi tahukan kah kamu kenapa kamu sering bosan? Apa penyebab yang paling krusial yang membuat kamu bosan?

Berikut jawabannya penyebab kenapa kamu sering bosan:


1. Terlalu sering melakukan sesuatu hal yang sama


Melakukan hal yang sama secara berulang adalah hal yang paling membosankan. Contohnya saja dalam kuliah. Pertama saat mahasiswa baru sangat senang dan ingin cepat-cepat masuk kuliah. Namun begitu masuk ke semester tiga dan empat perasaan jenuh mulai muncul. Timbul rasa malas yang luar biasa untuk kuliah. Sama halnya dengan makan, tidak mungkin hari ini kamu makan nasi tempe, terus kemudian dalam seminggu tetap makan nasi tempe. Tentu selera makan akan berkurang atau bahkan tidak ada lagi. Meskipun diharuskan untuk melakukan aktivitas yang berulang misalnya pekerjaan. Cobalah untuk memberikan variasi selingan yang berbeda agar tidak cepat bosan. Ibarat makan nasi cobalah tambahkan beberapa sayur, lauk, sambal dan lainnya.


2. Tidak ada hal yang menarik


Apabila kamu diberikan dua pilihan yaitu duduk mendengarkan rapat dan duduk menonton film kira-kira mana yang kamu pilih? Tentu kamu akan memilih opsi yang kedua. Kenapa? Karena di bayangan kita sudah berpikir bahwa tidak ada hal yang menarik di pilihan yang pertama.

3. Tidak tahu apa yang sedang kamu jalani


Tidak tahu apa yang kamu jalani sekarang ini juga menjadi masalah. Kamu bekerja secara terus menerus tanpa tahu untuk apa? Kuliah setiap hari tanpa ada tujuan yang kamu inginkan. Hilangnya tujuan itulah yang menimbulkan rasa bosan.

4. Hidupmu biasa-biasa saja 


Kata orang hidup biasa-biasa saja itu enak.  Ya, memang enak segala resiko lebih kecil. Namun kamu pernah berpikir atau tidak, kira-kira ibarat sebuah pemandangan hanya diberi satu warna tidak ada gelap terang, tidak ada aksen. Apakah menarik? Tentu tidak, tentu itu sangat membosankan.

Sama halnya dengan hidup, apabila hanya berangkat pagi, pulang sore terus tidur kemudian besok berangkat pagi lagi. Tanpa ada selingan yang diberikan didalamnya tentu itu akan sangat membosankan. Bahkan anak kecil usia satu tahun pun tahu kalau diberikan hal yang biasa dilihatnya dia tidak akan tertarik dan cenderung mengabaikannya.

5. Yang kamu jalani bukan hal yang kamu suka


Yang ini lebih parah menjalani sesuatu hal yang bertolak belakang dengan kemauan. Melakukan hal yang disuka secara terus menerus aja bisa bosan apalagi yang tidak di suka? Serasa hidup di neraka kayaknya. Setiap hari harus terpaksa berhadapan dengan hal tersebut. Bayangkan saja apabila kamu sukanya politik terus ngambil jurusannya matematika. Kebayangkan pusingnya.

6. Tidak membuat tantangan pada diri sendiri 


Tantangan adalah hal menarik untuk mengusir kebosanan. Kurangnya tantangan yang kamu alami akan cenderung membuat hidup semakin membosankan. Ibarat belajar buat apa mempelajari hal yang sudah jelas-jelas mudah. Ambil beberapa resiko untuk membuat hidup kamu jadi menarik. Jangan biarkan hidupmu membosankan.

7. Berada dilingkungan yang salah


Kenali kamu orang yang tipe nya seperti apa. Kalau tidak terbiasa dengan hal keramaian ya jangan memilih berada di lingkungan tersebut. Kita semua berlatar belakang berbeda sehingga tidak semua bisa berada di lingkungan yang berbeda dengan lingkungan awal.

Apabila kamu orang yang nakal, tidak pernah shalat, dan selalu bangun siang tentu akan merasa tertekan dan tidak nyaman berada di pesantren. Lama-lama akhirnya bosan.

8. Kamu terlalu sibuk berpura-pura menjadi orang lain


Kamu terlalu sibuk menjadi orang lain sehingga lupa bahwa kamu adalah diri kamu sendiri bukan orang lain. Terlalu sibuk mengekang diri demi menjadi orang lain dan akhirnya apa? Bosan dan jenuh. Setiap orang berhak menjadi diri mereka sendiri kok. Jadi buat apa susah payah menjadi orang lain.

9. Kamu kurang refresing


sering bosan utuh refresing

Terlalu serius dengan berbagai pekerjaan juga bakal buat kamu merasa bosan. Pikiran jadi penat sehingga susah untuk focus pada pekerjaan berasa semua jadi kacau.

10. Tidak ada penyemangat

Hidup juga butuh penyemangat loh. Butuh alasan kenapa kamu harus melakukannya. Supaya yang kamu lakukan gak hambar. Cobalah untuk mencari penyemangat bisa saja teman, fasilitas, atau pacar. :D

11. Melakukan semuanya sendiri


Melakukan semua sendiri memang melelahkan. Enaknya hidup seandainya semua kita lakukan dengan orang lain. Bekerja dengan orang lain bisa membuat hal membosankan jadi menyenangkan.


Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja yang membuat bosan? Apabila kamu sudah tahu penyebabnya tentu kamu akan mudah untuk mencari solusinya. Berikut beberapa solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi gejala sering bosan:

1. Buat mimpi mimpi dalam hidupmu

Cara termudah supaya tidak cepat bosan adalah harus memiliki mimpi yang ingin kita capai. Misalnya disaat bosan dengan pekerjaan kamu bisa mengingat atau mempertegas kembali bahwa saya punya mimpi dan saya harus mendapatkannya.

Disaat diri mulai Lelah dan bosan ingat kembali mimpi dan alasan kenapa kamu harus melakukan pekerjaan itu. Buat mimpimu mengalahkan rasa bosan yang kamu miliki.

2. Istirahatkan dirimu untuk sesaat

Mungkin kamu terlalu sibuk selama ini sehingga merasa capek dan bosan. Cobalah untuk memikirkan hal-hal yang menyenangkan misalnya piknik. Buat otak kamu kembali segar seperti semula sehingga kamu lupa dengan kebosanan yang dihadapi.

Cara paling ampuh menghilangkan bosan adalah dengan keluar sejenak dari kebosanan tersebut.

3. Lakukan kesenangan yang paling ingin kamu lakukan selama ini

Mungkin ada hal yang tidak sempat kamu salurkan selama ini. Coba lakukan hal itu untuk mengusir kebosanan. Pikirkan satu hal yang paling ingin kamu lakukan. Misalnya saja gathering dengan teman, jalan-jalan, piknik, memancing atau sejenisnya.

4. Tidur

Cara paling simple untuk menghilangkan rasa bosan adalah tidur. Ya kamu dapat melampiaskan rasa bosanmu dengan tidur seharian. Dengan tidur juga otot -otot otak dan tubuh yang semula tegang akan kembali seperti semula. Sehingga lebih mudah untuk control diri dan emosi.

Apabila kamu merasa penat, jenuh dan bosan cobalah untuk bangkit sejenak kemudian berjalan kedekat jendela kemudian hirup nafas dalam-dalam dan biarkan pikiranmu menikmatinya. 

Advertisement