Siapakah Orang Paling Cerdas di Dunia ini? Bagaimana Saya Bisa Seperti Mereka?

Cerdas adalah orang yang menyelesaikan masalah tanpa pernah mempelajarinnya sebelumnya. Apakah kamu pernah berpikiran sebelumnya siapa kira-kira orang paling cerdas di dunia ini? Ada banyak orang cerdas di dunia ini. Bukan hanya SATU tapi BANYAK!


Orang cerdas

Ada cukup banyak orang cerdas di bumi ini. Contohnya dibidang matematika ada Terence Tao. Peraih medali Fields (kehormatan paling bergengsi di bidang matematika yang sering dibandingkan dengan Hadiah Nobel). Ada 22 perhargaan terkemuka yang di terimanya. Beliau sekarang berada University of California, Los Angeles. Kamu dapat membaca lebih detailnya di wikipedia.

Selain itu di bidang fisika ada Prof. Hawking. Di lain bidang ada Ramarni Wilfred yang menulis buku filsafat tentang keadilan saat usianya 10 tahun, dan Bill gates yang pernah menjadi orang terkaya dan berpengaruh di dunia. Namun jika hanya ingin berpatokan pada IQ ada manusia yang lebih tinggi IQnya dari Hawking maupun Enstein yaitu Nicole Barr (IQ 162) dua tingkat lebih tinggi dari albert enstein. Ada juga manusia yang mempunyai IQ 300 dan merupakan IQ paling tinggi yang pernah tercatat di dunia yaitu William James Sidis yang menyelasikan SDnya hanya dalam waktu 7 bulan. Baca juga Apa yang lebih penting menjadi orang yang cerdas secara intelektual atau emosional

Namun sebenarnya siapa orang tercerdas di dunia ini?


Banyak versi yang mengatakan orang paling cerdas. Semua itu tergantung bidang dan tempatnya. Bagaimana menurut kamu tentang petani yang menemukan bibit unggul? tentang narapidana yang lolos dari tahanan? atau seorang yang berhasil sukses mendirikan usaha hingga luar negeri?

Apakah mereka bukan termasuk orang yang cerdas? Mereka juga termasuk orang yang cerdas. Masih banyak orang cerdas yang tidak nampak di permukaan.

Tidak mungkin mereka bisa melakukan itu semua kalau tidak cerdas. Hal itu membuktikan bahwa cerdas itu relatif. Menurut saya pribadi orang paling cerdas di dunia ini adalah orang selalu bersemangat utuk membuat hidupnya lebih baik. Yaa,, tidak ada orang yang tidak cerdas di dunia ini kalau dia berusaha. Cerdas lebih ke cara bertahan hidup, keadaan yang memaksanya untuk menjadi cerdas.

Apakah benar saya bisa menjadi orang yang paling cerdas?


Ya benar! Kamu bisa menjadi apapun sesukamu bahkan menjadi secerdas mereka. Kamu tahu tidak bahwa pengetahuan manusia itu pada dasarnya di mulai dari meniru? Contoh simpelnya saja dulu orang tidak pernah berpikiran bisa ada pesawat yang bisa terbang seperti sekarang. Berawal dari melihat burung yang bisa terbang bebas kemudian orang mulai berpikir untuk bisa juga seperti burung yang bisa terbang. Kemudian dilakukanlah berbagai percobaan dan teciptalah pesawat seperti sekarang ini.

Lalu bagaimana cara menjadi orang cerdas seperti mereka?

Untuk bisa menjadi secerdas mereka kamu hanya perlu mencontoh orang cerdas. Perlu di garis bawahi mencontoh ya bukan menjiplak. Misalnya dari  perilaku, kebiasaan dan hal-hal yang mereka senangi. Dari situ kamu akan tahu apa yang menyebabkan mereka bisa secerdas itu. Namun ini bukanlah hal mudah, hanya orang-orang yang punya semangat tinggi yang bisa.

Berikut kebiasaan orang cerdas yang bisa kamu contoh :


1. Bermain alat musik

Kenapa bermain alat musik? Karena orang yang biasa bermain alat musik adalah orang yang kreatif dan lebih mudah untuk mengatur emosi. Sebuah penelitian mengatakan seperti yang dilansir brilio.net seorang pengusaha sukses pada mudanya adalah seorang pemain alat musik. Bahkan salah satu pendiri microsoft Paul Allen mengatakan bahwa "Musik memungkinkan kamu melihat, bahkan melampui apa yang ada dan mengekspresikan dirimu dengan cara yang berbeda."

Tidak bisa dipungkiri bahwa bermain alat musik adalah cara yang menyenangkan yang bisa membuat orang menjadi kreatif. Dalam bermain alat musik seseorang dituntut untuk mencari dan menemukan pola yang bisa menghasilkan nada musik yang enak di dengar. Proses inilah yang menjadikan bermain alat musik termasuk kebiasaan orang yang cerdas.

Bahkan digadang-gadang bermain alat musik juga dapat meningkatkan IQ karena kamu dituntut untuk fokus dan mendengar dengan baik. Supaya semua irama yang dimainkan pas dan selaras.

2. Baca apapun

Sudah menjadi rahasia umum bahwa membaca berperan penting untuk menjadikan orang cerdas. Namun banyak yang tidak terlalu menikmati membaca. Terkadang ada yang berpendapat membaca sangat membosankan dan benar-benar tidak efisien. Orang lebih senang untuk menonton visual dalam bentuk video daripada membaca. Padahal sebenarnya membaca lebih efektif daripada hanya sekedar menonton video.

Sebagi contoh misalnya disediakan dua pilihan yaitu membaca buku hary potter atau menonton film hary potter? Tentu 90 dari 100 orang kan memilih menonton filmnya langsung. Padahal dengan membaca kamu bisa melatih otak untuk berimajinasi berbeda halnya jika kamu menonton langsung. Otak tidak lagi berimajinasi tentang ceritanya karena sudah di visualisasikan secara langsung di video.

3. Olahraga secara teratur

Bagaimana olahraga bisa membuat kita cerdas? Simpelnya seperti ini, setiap kamu olahraga otomatis akan membuat jantung bekerja secara cepat sehingga supplay aliran darah ke seluruh tubuh khususnya otak akan menjadi lancar. Sehingga kamu bisa berpikir secara jernih. Penyebab kita biasa jenuh dalam berpikir adalah sedikitnya oksigen yang masuk ke otak. Oleh karena itu supaya supplay oksigen kita lancar di anjurkan untuk berolahraga secara teratur. Intinya tubuh sehat Otak juga akan sehat.

4. Pelajari hal baru dan bahasa baru

Otak memang paling suka apabila dirangsang dengan hal-hal yang baru. Ada sebuah penellitian mengatakan bahwa semakin muda kamu mempelajari bahasa (billingual) juga akan membuat otak kamu menjadi awet muda. Orang dengan otak bilingual dan monolingual sama-sama mampu menyelesaikan persoalan yang di berikan namun orang yang bilingual akan lebih cepat menyelesaikannya. Dari pnelitian tersebut disimpulkan bahwa orang yang memiliki kemampuan 2 bahasa asing atau lebih memiliki kemampuan yang lebih baik dalam kecerdasan. Selain itu dengan mempelajari bahasa baru dapat menunda adanya penyakit pikun di usia tua.

5. Belajar secara berulang

Orang cerdas pasti akan mempelajari sesuatu secara berulang-ulang sampai menemukan apa yang diinginkannya contoh Thomas Alfa Edison. Beliau menghabiskan uang sebesar 40.000 dollar dan 6000 bahan yang dicobanya demi untuk menghasilkan sebuah lampu pijar. Kemudian apakah kamu tahu berapa kali beliau melakukan percobaan? 100? 500? 1000? Tidak cukup hanya 1000. Namun Thomas Alva Edison pernah gagal 10083 kali dalam percobaannya untuk menciptakan lampu pijar

6. Lakukan olahraga otak/main game

Olahraga otak tidak mutlak dilakukan hanya dengan mengisi teka-teki. Olahraga ini lebih kepada mengembangkan kemampuan atau hoby yang kamu miliki. Dengan begitu otak kamu akan tetap aktif dan terstimulus untuk selalu tertantang.

Kamu bisa melakukan hal lain seperti bermain game. Pokoknya lakukan apa saja yang menjadi kesukaanmu dan buat otak kamu semakin tertantang untuk bisa menang.

7. Meditasi

Meditasi tidak selamanya identik dengan hal mistis. Meditasi bisa kamu lakukan hanya dengan duduk tenang kemudian tarik napas untuk merelaksasikan otak. Hal ini sangat bermanfaat untuk perkembangan otak. Setelah berpikir keras otak harus direlaksasi supaya tidak terjadi konslet.

Kalau kamu pusing dengan semua cara di atas. Untuk menjadi cerdas kamu hanya perlu melakukan sesuatu dengan menyenangkan karena menyenangkan membuat semuanya jadi mudah. Cara menjalani hidup yang baik juga termasuk orang cerdas.

Terkadang memang terlihat mudah untuk mengatakannya tapi itu cukup sulit untuk dilakukan. Kita bersama-sama berubah untuk lebih baik. Tetap ambisius walaupun gagal, kita baru gagal beberapa kali belum 10083 kali.

Advertisement