Cara Terbaik Mengamankan Semua Akun di Internet

Cara mengamankan akun internet seperti email, linkedin facebook, twitter dan paypal sebenarnya tidak sulit. Dalam dunia internet banyak orang yang bilang tidak ada keamanan yang benar-benar aman. Namun setidaknya kita bisa meminimalisir resiko keamanan yang terjadi. Bayangkan saja, sudah berapa banyak akun yang kamu miliki di internet hingga sekarang? Apakah semuanya berisi data-data pribadi yang penting? Mulai dari data pribadi nama lengkap, tanggal lahir, alamat dll. Itulah kenapa sebagian orang memilih profil sosial media yang digunakan tidak berisi data pribadi yang benar dan lengkap. Karena bisa saja si penjahat internet meamanfaatkan informasi tersebut untuk membobol akun pentingmu yang lain.
Cara amankan akun di internet

Untuk menyelamatkan akun dari orang yang tidak bertanggung jawab, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan seperti berikut:

GMAIL

1. Hindari penggunaan satu pasword untuk semua akun
2. Lakukan pemeriksaan keamanan pada akun gmail kamu.
Login ke akun gmail, kemudian klik pada bagian Akun Saya, maka akan tampil seperti pada gambar berikut

Pemeriksaan keamanan akun gmail

Kemudian klik mulai, lalu akan muncul informasi pemulihan akun. Silahkan isi nomor Hp dan alamat email untuk memulihkan akun apabila kamu suatu saat lupa kata sandi atau tidak bisa login ke akun tersebut. Terakhir klik selesai.

Silahkan lakukan pemeriksaan terhadap ke empat jenis pemeriksaan keamanan :
  1. Informasi pemulihan akun
  2. Perangkat yang terhubung
  3. Izin akun yang terhubung
  4. Verifikasi dua langkah
Ikuti langkah-langkah di atas sampai selesai!


3. Gunakan verifikasi dua langkah
Untuk memastikan kemanan akun gmail kamu benar-benar aman, silahkan aktifkan verifikasi dua langkah. Cara verifikasi 2 langkah pada akun gmail. Namun cara ini mewajibkan kamu untuk melakukan verifikasi setiap kamu login ke gmail menggunakan perangkat baru.

YAHOO

Cara meningkatkan sistem keamanan pada akun yahoo sangat mudah yaitu:
  1. Pastikan kamu mengubah kata sandi dengan kombinasi huruf kecil, besar dan angka yng unik serta mudah untuk diingat.
  2. Jangan lupa untuk menambahkan alamat email dan nomor telpon alternatif ke account kamu, sehingga saat akun bermasalah ketika login dapat di atasi dengan menggunakan kontak alternatif tersebut.
  3. Menambahkan verifikasi dua tahap untuk keamanan akun kamu. Caranya silahkan simak cara mengaktifkan verifikasi dua tahap di email yahoo.


LINKEDIN

Jejaring sosial linkedin merupakan salah satu jejaring sosial profesional yang sangat berguna untuk karir. Ada yang berpendapat bahwa sebagian besar perusahaan merekrut orang atau karyawannya dengan melihat profil mereka melalui jejaring sosial yang satu ini.

Pada tahun 2012 yang lalu situs ini mengalami kebobolan terhadap 100 juta lebih data email dan password. Bayangkan saja apabila email tersebut merupakan email penting anda? Apa yang akan anda lakukan?

Nah, sebelum itu terjadi di kamu sebaiknya ikuti saran keamanan dari linkedin sendiri. Yaitu dengan cara mengganti pasword ketingkat yang lebih kuat serta mengaktifkan verifikasi dua langkah.
  1. Pertama silhkan login ke halaman LinkedIn Anda, kemudian arahkan mouse ke foto profil dan akan muncul menu Account & Settings, kemudian klik Privacy & Settings.
  2. Selanjutnya klik Privacy category. Scroll ke bawah, lihat pada bagian Security dan klik opsi Two-step verification.
  3. Masukkan nomor ponsel kamu. Masukkan password. Kemudian masukkan kode verifikasi yang masuk di ponsel kamu dan klik Verify.
  4. Kembali ke bagian Privacy yang sebelumnya, scroll ke bawah dan klik Two-step verification. Klik link yang muncul untuk mengaktifkannya. Masukkan kembali password kamu, dan masukan kode verifikasi yang telah diterima dan klik Verify.

Setiap kali kamu akan masuk ke LinkedIn, situs akan meminta kode verifikasi yang dikirimkan ke ponsel kamu. Tidak masalah ribet sedikit asalkan AMAN.

PAYPAL

Keamanan akun paypal sangat bergantung dari cara kamu menggunakannya. Pertama jangan pernah membuka akun paypal kamu di tempat umum. Bisa saja di tempat kamu membuka akun tersebut terdapat aplikasi keylogger atau sejenisnya yang dapat menyimpan password secara otomatis.

Kebobolan akun paypal berawal dari email kamu. Si pencuri apabila sudah bisa login ke email yang kamu gunakan di paypal maka dia akan meminta reset pasword melalui email tersebut. Apabila sudah seperti itu tamatlah sudah riwayat!

Jadi buat kamu yang tidak ingin kebobolan emailnya janganlah mengumbar data diri secara lengkap di internet. Karena data itulah yang digunakan oleh si pencuri tadi untuk mengambil alih email kamu.

Cara yang dapat kamu gunakan untk membuat akun paypal aman adalah:
  1. Amankan email kamu, pastikan bahwa email yang kamu gunakan di paypal sudah aktif verifikasi dua langkah.
  2. Apabila terdapat link yang masuk mengatasnamakan paypal dan menyuruh kamu untuk mengklik link tersebut. Periksa benar-benar link tersebut jangan langsung melakukan klik. Pastikan alamat urlnya adalah https://www.paypal.com. Karena dari link tersebut si pencuri dapat mengambil pasword dan data akun yang kamu miliki.
  3. Silahkan ganti password secara berkala
  4. Aktifkan pertanyaan keamanan di paypal melalui pengaturan > keamanan.


Kesimpulan:
  • Untuk mengatasi maraknya aplikasi keylogger pastikan kamu tidak melakukan aktivitas login ke akun penting di tempat umum seperti warnet.
  • Pastikan kamu sudah menautkan nomor ponsel dan email ke akun yang kamu miliki seperti twitter, facebook, paypal dll.
  • Jangan gunakan password yang pasaran (terutama password tanggal lahir). Usahakan buat satu password untuk satu akun. Hal ini bertujuan untuk menghindari kebocoran akun. Apabila akun kamu yang satu bocor maka akun yang lain tetap aman karena beda password. Apabila kamu sulit untuk mengingatnya silahkan tulis dan simpan password tersebut di tempat paling aman (terserah kamu bagaimana caranya).
  • Hindari untuk menyimpan pasword di browser karena hal itu bisa memicu kebocoran akun kamu sendiri. Apabila password kamu tersimpan di browser dan suatu saat laptop kamu di pinjam teman. Saya pastikan teman kamu melihat password yang kamu simpan di browser tersebut dengan mudah.
  • Pastikan kamu tahu cara yang aman ketika browsing di internet


Sekian cara mengamankan akun gmail, yahoo, linkedin dan paypal di internet semoga bermanfaat.

Advertisement

Load comments