6 Cara Ampuh Meningkatkan Nilai IPK

Masalah meningkatkan nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) terkadang menjadi hal yang sangat sulit bagi kebanyakan mahasiswa terlebih lagi MAPALA (Mahasiswa PAling LAma). Kebanyakan mereka yang mempunyai IPK rendah karena terlalu sibuk di organisasi. Kamu dapat memilih antara organisasi atau IPK atau bahkan keduanya. Mempunyai IPK tinggi banyak sekali manfaatnya, diantaranya kamu bisa dengan mudah mendaftar berbagai beasiswa, lebih mudah lanjut kuliah, melamar pekerjaan dll. Namun bagi kamu yang mempunyai IPK sedang ke bawah ( di bawah tiga atau bahkan di bawah dua) tidak usah pusing dan pasrah. Ada kok cara untuk meningkatkan nilai IPK.

Cara meningkatkan nilai IPK


Bagaimana cara meningkatkan nilai IPK saat kuliah?

Berikut saya rangkum berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami selama kuliah hampir tiga tahun. Dari pengalaman tersebut dapat saya simpulkan setidaknya ada enam hal yang menjadi kunci atau cara untuk meraih nilai IPK tinggi di kampus yaitu:

1. Biasakan 1 buku 1 matakuliah

Ini penting! Seseorang bisa mendapatan nilai IPK tinggi kuncinya adalah ada pada catatannya. Saya ingat ada salah satu guru saya pernah berkata "Jangan pernah mengandalkan ingatan saja, ingatan sifatnya terbatas. Biasakan untuk mencatat". Apa hubugannya IP tinggi dengan catatan?

Hubungannya adalah catatan yang baik dan rapi akan memudahkan kamu memahami materi kuliah dan apabila kamu paham terhadap materi kuliah sudah pasti IPK juga akan tinggi. Berbeda halnya apabila kamu hanya pintar tetapi malas mencatat dan buku catatannya di campur aduk menjadi satu. Tentu kamu akan pusing dan malas untuk belajar di karenakan catatan yang amburadul dan akhirnya IPK jeblok.

Gunakan saja buku tulis yang seharga dua ribuan. Kalau bisa jangan gunakan binder karena kertasnya mudah tercecer. Tulis besar-besar di lembar pertama nama mata kuliahnya kalau perlu dengan nama dosennya. Tulis setiap judul materi baru dengan huruf kapital supaya jelas pembatas materi satu dengan yang lain.

2. Ubah posisi duduk saat di kelas

Ingin nilai IPK meningkat? Ubah posisi duduk kamu mulai dari sekarang! Ternyata posisi duduk juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan kamu dalam menangkap materi yang disampaikan dosen. Setiap posisi duduk mempunyai presentasi pemahaman yang berbeda-beda. Semakin dekat kamu duduk dengan dosen otomatis pemahaman kamu terhadap materi yang disampaikan semakin besar.

Tidak percaya?

Silahkan buktikan, apabila dosen selesai menjelaskan di kelas silahkan tanya salah satu temanmu yang duduk di depan sampai yang duduk dibelakang. Presentasikan seberapa besar jarak posisi duduk mempengaruhi hal tersebut.

Mungkin saja bagi kamu yang tidak terbiasa duduk di depan akan sangat tertekan dan mungkin diledeki oleh teman-temanmu sendiri. Tapi ingatlah itu mungkin hanya berlaku sesaat saja kesokan harinya mereka sudah tidak mempermasalahkan hal itu.

Jadi kesimpulannya kenapa sebisa mungkin harus duduk di depan?


  1. Penyerapan terhadap informasi lebih besar. Karena kamu mendapat informasi secara langsung dari sumbernya tanpa ada penghalang. Beda halnya apabila kamu duduk di belakang.
  2. Mengurangi kebiasaan gagal fokus saat perkuliahan
  3. Akan membuat diri kamu lebih percaya diri dan sering bertanya
  4. Akan membantu kamu meraih nilai IPK tinggi


3. Lakukan review materi kuliah minimal 1x seminggu


Cara untuk meningkatkan nilai IPK ketiga adalah dengan melakukan review materi kuliah minimal satu minggu satu kali. Hal ini berfungsi untuk mempertajam lagi ingatan. Ini adalah hal yang sangat susah. Terkadang kita tidak sempat atau bahkan sangat malas untuk melakukan ini. Jangankan review, keja tugas saja kalau belum deadline gak bakalan dikerja.

Apabila ingin meningkatkan IPK sebaiknya kamu luangkan waktu kamu sehari untuk kembali membaca ulang materi yang pernah di ajarkan. Jangan gunakan SKS (sistem kebut sejam/semalam). Kamu akan kualahan saat ujian apabila materi sebelumnya lama tidak pernah kamu baca. Kamu harus mulai dari awal lagi untuk memahami materinya.


4. Buat schedule di laptop


Kenapa di laptop? Karena mahasiswa selalu kerja dengan laptop. Buatlah sticky note dan tulis jadwal penting misalnya tugas, jam asistensi, praktikum, kuliah pengganti, ujian dll. Sehingga begitu kamu membuka laptop kamu akan melihat jadwal atau deadline yang harus kamu kerja. Hal ini berfungsi untuk mengatasi lupa. Supaya kamu tidak melewatkan jadwal penting selama kuliah.

Cara ini lebih baik dibandingkan kamu harus menulisnya dikertas.


5. Tanyakan sejelas-jelasnya sampai kamu paham


Terkadang diikelas selama perkuliahan ada hal-hal yang masih membuat kita bingung atau mengganjal. Namun kita sungkan untuk bertanya karena tidak terbiasa. Apabila kamu ingin meningkatkan nilai IPK, mau tidak mau kamu harus rajin bertanya. Kalau sungkan ke dosen tanya kepada temanmu yang kamu anggap bisa. Tanyakan sejelas-jelasnya sampai kamu mengeluarkan kata "Oooo.. begitu".

Intinnya jangan menyerah begitu saja apabila tidak tahu!


6. Rajin kuliah


Cara untuk meningkatkan nilai IPK yang terakhir ini adalah cara mutlak, artinya harus kamu laksanaan! Orang pintar biasa identik dengan rajin. Kamu rajin makan maka gemuk malas makan sudah pasti kurus. Begitulah hukumnya!

Hadiri semua perkuliahan yang sudah kamu ambil. Paksa diri kamu apabila malas, ingat kembali bahwa kamu harus mencapai target IP tinggi. Jangan sekali-kali mencoba untuk tidak hadir kuliah apabila tidak ada halangan penting. Karena kamu akan ketagihan untuk biasa tidak masuk lagi di perkuliahan selanjutnya. Baca artikel gejala orang yang malas kuliah supaya kamu bisa mengantisipasinya.

Ingatlah bahwa dunia mahasiswa itu bukanlah dunianya orang untuk bersantai jadi wajarlah apabila kamu harus berjuang keras demi suksesnya masa depanmu.

In sya Allah apabila kamu rutin belajar dengan cara di atas, bisa dijamin pasti IPK kamu akan meningkat. Caranya memang mudah tapi prakteknya kadang yang susah. Saya kira semua tidak akan terasa berat apabila kamu punya target yang benar-benar memang kamu inginkan. Jangan sampai kita hanya menjadi mahasiswa yang biasa-biasa saja. Sekian cara meningkatkan nilai IPK versi saya semoga bermanfaat.

Advertisement

Load comments