2 Cara Ampuh Mengatasi HP Android yang Lemot

Cara mengatasi HP yang lemot - HP Android lemot memang menjadi masalah yang serius dan cukup sering di alami oleh pengguna smartphone Android dengan spesifikasi RAM kecil. Bagi pengguna Android dengan RAM dibawah 1 GB ke bawah pasti akan akrab dengan masalah ini. Saya pengguna Sony Xperia E1 dengan RAM 512 MB. Hampir setiap hari rasanya ingin banting HP karena ngelag tapi masih gak tega juga sampai sekarang mahal soalnya.. :D Apabila kamu sering mengalami masalah kinerja yang lambat, berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat HP Android kamu. Pastikan kamu sudah membaca kesalahan dalam mengatasi hp android yang lemot.

Mengtasi android yang lemot

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan HP android menjadi lemot diantaranya yaitu:
  1. Lemot saat internetan (Gunakan browser yang ringan seperti opera mini dan kosongkan cache)
  2. Lemot karena cepat panas (Reset ke pengaturan awal, kosongkan pemakaian ram, hindari penggunaan saat dicas, dan stop penggunaan tidak wajar)
  3. Lemot setelah di root (Kalau masalah ini saya kurang paham karena belum pernah ngalami. Tapi saya lihat tutorialnya diinteret sudah banyak kok yang ngasih solusinya)


Cara praktis mengatasi Android yang lemot:

Cara mengatasi masalah android yang lemot secara umum ada dua yaitu tanpa menggunakan aplikasi dan dengan aplikasi. Untuk selengkapnya silahkan baca penjelasan berikut:

#1 Cara mengatasi HP Android lemot tanpa aplikasi:


1. Restart Android

Cara pertama dan paling simpel adalah dengan melakukan restart Android. Perlu dipahami bahwa penyebab utama HP Android lemot adalah terbatasya memory baik itu RAM maupun memory internal pada HP. Apabila Android kamu memiliki RAM dan memory internal yang besar tentu hal yng namanya lemot tidak akan pernah terjadi. Oleh karena itu melakukan restart menjadi alternatif ampuh untuk mengatasi HP lemot. Karena dengan melakukan restart, berarti semua aplikasi pada smartphone akan berhenti dan memory RAM akan kembali normal. 

2. Bebaskan beberapa ruang memory 

Cara yang kedua adalah dengan membebaskan beberapa ruang memory, jangan biarkan memori penuh. Tujuannya yaitu supaya aplikasi di HP memiliki ruang kerja yang luas sehingga aplikasi  bisa berjalan lancar. Hal yang dapat kamu lakukan yaitu:
  • Bersihkan cache aplikasi melalui setting > penyimpanan > aplikasi > kelola ruang. Cara tersebut bisa berbeda tergantung jenis HP Android kamu. 
  • Hapus aplikasi yang tidak penting
  • Pindahkan aplikasi ke kartu SD
Untuk cara yang ketiga biasa hanya bisa dilakukan apabila kamu dalam posisi root. Namun bagi pengguna Android kitkat ke atas fitur ini sudah tersedia. Silahkan masuk ke setting > penyimpanan > aplikasi > kelola ruang dan terkhir pilih Pindahkan ke kartu SD. Hal ini hanya bisa kamu lakukan terhadap aplikasi yang kamu install (aplikasi dari playstore) bukan bawaan android. Lihat gambar berikut:

Transfer aplikasi ke kartu SD


3. Bila Android kamu memiliki memory terbatas, hindari penggunaan launcher dari pihak ketiga (kustom)

Apakah kamu pengguna Android dengan RAM terbatas? Kalau iya, sebaiknya jangan menginstall launcher dari pihak ketiga biarkan saja default. Meskipun tampilan launcher default terkesan membosankan dan biasa-biasa saja. Hal ini juga demi kinerja ponsel kamu. Apabila kamu tidak ingin melihat HP android kesayangan menjerit dan akhirnya force close.

Ibarat ikan tawar yang memang bisanya cuma hidup di air tawar tapi kamu paksa untuk berenang di kolam air asin. Yah, sudah pasti mati! 

Kalaupun kamu ingin sekali untuk menginstall launcher dari luar, sebaiknya gunakan yang minimalis dan pastikan hanya tema saja yang aktif. Nonaktifkan semua fitur pemberitahuan, widget, transisi dan segala jenisnya yang bakalan membuat HP lemot.

4. Hindari multitasking yang berlebihan

Terkadang kita tidak sadar bahwa sedang terbuka banyak aplikasi sosmed dan browser di latar belakang. Meskipun aplikasi ini secara tidak langsung tidak tampak, namun aplikasi yang terbuka ini tetap aktif dan menggunakan memori RAM ponsel kamu. Jadi demi kebaikan dan supaya HP tidak lemot saat internetan sebaiknya hindari multitasking yang tidak perlu. Kalau perlu pastikan hanya satu aplikasi yang terbuka.

5. Hapus widget yang tidak terlalu penting

Masih jaman pakai widget? Pakai widget itu jaman dulu. Sekarang yang penting adalah kinerja bukan tampilan. Hapus semua widget yang gak penting seperti kalender, cuaca, berita, dan beberapa widget bawaan launcher.

6. Gunakan aplikasi versi lite

Ini merupakan alternatif paling bagus buat kamu yang punya HP android dengan RAM kecil alias standar. Sekarang sudah banyak beredar aplikasi versi lite di playstore. Coba gunakan aplikasi ini untuk menunjang kebutuhan kamu. Banyak sekali aplikasi yag menyediakan versi lite seperti line, facebook, bahkan antiviruspun juga ada versi litenya.

Kenapa saya sarankan untuk menggunakan aplikasi versi lite?
  • Memori internal HP Android kamu terbatas. 
  • Aplikasi ini akan jauh lebih ringan dibandingkan dengan aplikasi aslinya. Hal ini tidak akan memberatkan kinerja RAM
  • Ringan di RAM = HP tidak cepat panas = Bateray awet

7. Jangan install aplikasi sosmed terlalu banyak

Hal ini yang biasa kita lakukan menginstall semua aplikasi sosmed di HP. Karena rasa penasaran dan ingin coba sehingga semua sosmed mulai dari fb, twitter, linkedin, pinterest, instagram, line, whatsapp, telegram, bbm dan masih banyak lagi semuanya diinstall. Padahal apabila kamu jeli, kamu bisa menggunakan aplikasi seperti twitter, fb, linkedin, pinterest hanya dengan menginstall satu aplikasi yaitu UC browser atau Opera. Tentu hal ini dapat menghemat penggunaan memori internal.

Sekedar saran sebaiknya install aplikasi sosmed yang memang sangat kamu butuhkan seperti line dan whatsapp. Apabila ada versi lite, gunakan versi tersebut.

8. Hindari penggunaan walpaper bergerak

Walpaper bergerak memang terlihat keren dan menarik, namun sangat menghambat kinerja ponsel. Tidak percaya? Buktikan saja! 

9. Update firmware

Cara terakhir adalah update firmware HP. Tidak jarang HP lemot seperti lamanya respon dari touchscreen disebabkan oleh frimeware yang jadul. Jadi apabila update firmware tersedia saya sarankan untuk melakukan update segera. 

#2 Cara mengatasi android lemot dengan aplikasi:


Apabila HP kamu mempunyai RAM kurang dari 1GB,saya sangat tidak menyarankan menggunakan opsi kedua ini. Karena bisa jadi HP kamu akan justru jadi tambah lemot karena menginstall aplikasi ini.

Untuk cara mengatasi masalah android yang lemot dengan bantuan aplikasi, saya sarankan menggunakan dua aplikasi berikut:
  1. Download clean master, aplikasi ini sangat recomended, bisa dikatakan ini adalah aplikasi terbaik yang pernah saya gunakan untuk membersihkan file cache secara otomatis. Tentu pengalaman ini bisa berbeda tergantung penggunanya. Namun hati-hati dengan aplikasi seperti ini pilih yang memang sudah dipercaya. Jangan sampai justru aplikasi ini yang membuat ponsel kamu menjadi lambat.
  2. Aplikasi seeder, Aplikasi selanjutnya adalah seeder untuk tutorialnya silahkan baca (https://jalantikus.com/tips/cara-mengatasi-android-yang-lemot-dengan-aplikasi-seeder/)
Sekian cara mengatasi android lemot semoga HP Androidnya tidak lemot lagi.

Advertisement