10 Situs yang harus dikunjungi dan wajib di baca oleh mahasiswa

Situs yang bermanfaat dan pastinya bakalan nambah pengetahuan kamu khususnya mahasiswa. Pengen beli buku terkendala tidak ada uang, pengen yang gampang dan gratis? Banyak kok! Pokoknya situs berikut dijamin bakalan buat kamu lebih pinter deh dan GRATIS. Dari banyakya situs maupun blog di internet ternyata ada situs keren yang bisa menunjang kegiatan kita sebagai mahasiswa.

Situs yang wajib dikunjungi oleh mahasiswa

Sekarang belajar tidak harus mahal dan apalagi harus jauh. Rugi banget kalau anak muda tidak pernah memanfaatkan kecanggihan teknologi ini. Semuanya sudah ada di depan mata, mau belajar materi perkuliahan di MIT sekarang gampang banget. Kamu hanya perlu mengunjungi situs-situs tersebut dan dalam sekejap dunia serasa digenggaman.

Apabila kamu belum tahu, berikut beberapa situs yang keren dan bermanfaat yang tidak boleh kamu lewatkan:


1. Academic Earth


Situs pertama yang wajib kamu kungjungi adalah academic earth dimana situs ini didirikan dengan landasan that everyone deserves access to a world-class education (setiap orang berhak mendapatkan akses ke pendidikan kelas dunia). Situs ini sejak tahun 2009 mulai menyajikan kursus tentang berbagai topic dari universitas top dunia seperti MIT dan University of Oxford dan itu semuanya gratis. Kebanyakan pembelajaran di situs ini di sajikan dalam bentuk video jadi gak bakalan boring. Pokoknya top markotop deh!

2. YouTube education


Tentu kamu sudah pada tahu dari namanya, situs ini adalah dari youtube. Kalau kamu bosan dengan pembelajaran membaca teks dan ingin mencoba yang lebih menarik, youtube education solusinya. Situs keren ini merupakan salah satu channel video di  youtube yang membahas tentang pendidikan mulai dari video kuliah, pertanyaan seputar sains dll. Video di channel ini membahas lengkap berbagai topic seperti seni, sejarah, matematika, sains, hukum, teknik dll.

Apabila ingin tahu mengenai channel youtube lainnya yang keren dan bermanfaat silahakan baca 5 channel youtube yang bakalan nambah pengetahuan kamu.

3. TED.com


Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan nama situs yang satu ini yaitu TED  (seperti nama saya). :D Situs ini sifatnya meyebarkan ide jadi buat kamu yang butuh inspirasi atau semangat wajib mampir kesini, silahkan langsung go ke ted.com saja. Isi dari situs ini adalah berupa video yang berdurasi sekitar 18 menit yang biasa menjelaskan langsung mengenai suatu topic dengan narasumber orang-orang hebat dunia seperti Mark Zuckerberg, Stephen Hawking dan masih banyak tokoh dunia yang hadir di setiap topic. Hal inilah yang menjadikan situs TED ini sangat berbobot dan recommended banget.

TED berprinsip ideas worth spreading percaya pada kekuatan ide-ide untuk mengubah sikap, hidup dan, pada akhirnya, dunia.

4. Project Gutenberg


Situs atau web selanjutnya adalah project Gutenberg yang berisi tentang berbagai jenis buku yang bisa kamu download gratis. Disini kamu dapat bebas memilih dari 53.000 jenis buku yang di sediakan gratis. Tidak perlu biaya dan pendaftaran untuk mendonload. Kamu hanya perlu mencari bukunya kemudian apabila sudah ketemu klik pada buku tersebut. Selanjutnya tinggal pilih salah satu format untuk mendownload. Proyek ini dijalankan secara sukarelawan dengan bantuan donasi dari pembaca seperti yang dilakukan oleh Wikipedia. Apabila ingin mencari referensi buku gratis tidak ada salahnya untuk mampir ke situs ini.

5. University of reddit


University of Reddit
University of Reddit adalah salah satu situs yang menawarkan pembelajaran dengan mengambil mata kuliah atau topic sendiri. Setelah memilih topic kamu harus mendaftar terlebih dahulu untuk bisa tergabung dengan kelas di topic tersebut. Hal ini semacam kuliah online. Kamu juga akan mendapat kiriman file perkuliahan baik itu tugas atau sekedar bahan bacaan dari pemateri situs topic tersebut. Wow, keren kan??

Saya awalnya menduga bahwa komunitas reddit (salah satu komunitas online dunia) berhubungan dengan university of reddit ini, tapi ternyata tidak. Dihalaman paling bawah di bagian footer dia menegaskan bahwa University of Reddit is not in any way affiliated with Reddit or Conde Nast.

6. Information is beautiful


Belajar dengan cara visualisasi yang indah. Buat kamu yang bosen belajar hanya monoton warnanya yang hitam putih, disitus ini kamu akan mendapatkan kesan belajar yang berbeda. Disini kamu akan di suguhi dengan berbagai visualisasi pembelajaran dari berbagai topic yang menarik.

Apabila kamu bingung mencari visualisasi untuk memperjelas sesuatu. Kamu dapat menjadikan situs ini sebagai rujukan atau referensi tambahan. Namun sayangnya gambar di situs ini tidak bisa untuk di download. Namun kalau kamu mahasiswa tentu tidak akan habis akal dengan permasalahan seperti ini. Masih ada seribu cara untuk mendapatkannya. :D

7. Coursera


Situs keren yang menyediakan pembelajaran gratis selanjutnya adalah Coursera. Sesuai namanya situs ini menawarkan kursus gratis dengan berbagai topic dari berbagai universitas di dunia. Kamu bakal dibimbing langsung oleh professor loh dan semuanya bisa kamu dapatkan gratis. Selain itu kamu juga akan dibekali dengan silabus. Jadi serasa kuliah beneran pokoknya. Tapi kamu harus punya skill bahas inggris ya.. Karena perkuliahannya dalam Bahasa inggris.

8. Quora


Quora adalah salah satu komunitas diskusi online terbesar di dunia. Anggota forum ini berasal dari berbagai Negara dan banyak juga anggota expert dari berbagai bidang. Berbeda dengan forum diskusi di indonesia yang kebanyakan hanya membahas masalah curhat tidak jelas. Di forum ini semua pertanyaan disampaikan dalam bentuk narasi yang rapi dan pastinya berbobot. Selain itu kamu juga bebas menanyakan apa saja terkait suatu topic. Selain dijawab oleh anggota quora di seluruh dunia, kamu juga akan mendapat jawaban langsung dari orang expert di bidang yang kamu tanyakan.

Untuk bisa menikmati layanan quora kamu terlebih dahulu harus daftar menggunakan akun gmail atau facebook. Tenang aja daftarnya mudah kok. Setelah daftar langsung saja sikat semua artikel yang ada di quora. Situs ini juga yang kadang menjadi tempat pelarian saya untuk mencari inspirasi artikel blog. :D

9. MITOPENCOURSEWARE


Sudah pernah dengar tentang MITOPENCOURSEWARE? Situs ini adalah salah satu tempat kursus yang di sediakan oleh MIT.  Dick K.P. Yue, Profesor, MIT School of Engineering mengatakan bahwa alasan untuk membuat situs ini simple yaitu “untuk mempublikasikan semua materi kursus kami secara online dan membuat mereka tersedia secara luas untuk semua orang.”

Sayangnya situs tersebut belum mendukung translate ke Bahasa Indonesia. hanya 6 Bahasa yang didukung yaitu persia, korea, cina, portugis, turki dan spanyol.

Untuk memulai kursusnya silahkan kamu klik menu Find Course, kemudian pilih Topic. Silahkan pilih Topic > Sub topic dan speciality (kalau ada). Silahkan scrool halaman ke bawah dan lihat akan muncul beberapa judul kursus yang tersedia. Terkahir silahkan pilih salah satu judul tersebut. Lihat gambar berikut:

Situs kursus MIT

10. Future Learn


Selanjutnya adalah future learn. Situs ini juga menyediakan berbagai topic kursus namun yang paling banyak adalah megenai bisnis dan ekonomi. jadi buat kamu yang tertarik dengan bisnis dan ekonomi buruan daftar kursusnya gratis!

Demikian artikel tentang situs gratis yang yang wajib dikunjungi dan dibaca oleh mahasiswa untuk menambah pengetahuan. Semoga bermanfaat!

Advertisement

Load comments