Hapus sekarang juga! Ternyata aplikasi ini yang bikin lambat kinerja android kamu

Banyak sekali aplikasi smartphone yang diberikan Android melalui google play store. Apabila kamu teliti pasti kamu akan menemukan beberapa aplikasi yang membuat smartphone menjadi lambat. Bahkan bisa jadi hang karena seringnya mengalami not responding akibat beban kerja smartphone yang sangat besar.
Aplikasi yang membuat lambat kinerja android

Terkadang kita menginstall banyak sekali aplikasi tanpa memperdulikan kemampuan dari sebuah smartphone. Memang benar bahwa semua aplikasi di play store itu aman dan bermanfaat. Namun ada beberapa aplikasi yang justru apabila kamu install akan membuat kinerja smartphone kamu menjadi sangat lambat padahal dari segi manfaat tidak terlalu penting. Aplikasi tersebut adalah:
  1. Aplikasi Penambah RAM
  2. Aplikasi penghemat baterai
  3. Aplikasi tweak
  4. Aplikasi Launcher smartphone
  5. Aplikasi atau widget di layer home
  6. Aplikasi pembersih file sampah

Apabila kamu menginstall salah satu dari aplikasi di atas saya sarankan untuk menghapusnya sekarang juga. Karena aplikasi tersebutlah yang menjadi biangkerok penyebab smartphone menjadi lemot.

Kenapa bisa?

Berikut alasannya satu persatu!

1. Aplikasi Penambah RAM
Aplikasi penambah RAM yang sering kita kenal adalah RAM Manager PRO, Smart RAM Booster PRO dan ROEHSOFT RAM Expander (SWAP). Banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut yang katanya bisa membuat kinerja smartphone menjadi lebih cepat dengan adanya fitur yang bisa mengoptimalkan kinerja RAM dan memory internal ponsel. Cara kerjanya yaitu dengan menambah RAM virtual memory.

Namun tahukah kamu bahwa saat kita menggunakan fitur tersebut ada efek yang ditimbulkan?
Salah satu efeknya yaitu smartphone bekerja dengan beban diluar batas dan tidak sesuai standar. Mungkin saja pada awal menggunakan aplikasi ini kamu menjalankan game atau aplikasi tertentu bisa berjalan mulus. Namun coba lihat beberapa minggu kemudian apakah HP kamu masih tetap cepat atau justru akan smakin lambat. Saya yakin smartphone kamu akan semakin menurun kinerjanya terlebih lagi saat tidak menggunakan aplikasi penambah RAM tersebut.

2. Aplikasi penghemat baterai
Banyak sekali aplikasi penghemat baterai yang di tawarkan di play store. Inginnya supaya baterai hemat, namun hasilnya justru smartphone menjadi slow respon. Kenapa bisa?

Karena aplikasi penghemat baterai akan mematikan beberapa fitur yang dianggap boros baterai sehingga akibatnya ada beberapa fungsi di smartphone yang terganggu sehingga sering lambat respon.

Selain itu juga aplikasi penghemat baterai terkadang mempunyai fungsi tambahan seperti fungsi mempercepat pengisian baterai. Hal ini tentu akan menuntut smartphone kembali bekerja di luar batas atau tidak normal.

3. Aplikasi Tweak android
Aplikasi tweak adalah aplikasi yang berfungsi untuk membuat smartphone bekerja secara maksimal. Contoh tweak seperti Bravia Engine atau Dolby akan membuat smartphone yang sudah di root bisa menampilkan gambar yang tajam dan suara lebih nyaring. Namun seringkali kita tidak sadar bahwa cara ini akan membebani lagi smartphone, sehingga lama kelamaan smartphone akan menjadi panas dan bahkan hang atau error karena overload.

4. Aplikasi Launcher Smartphone
Meskipun terdapat aplikasi launcher yang ringan, namun tetap saja aplikasi launcher pada android merupakan aplikasi yang memakan memori RAM terbesar, terlebih lagi apabila kamu sedang tersambung ke jaringan internet. Semua fitur yang terdapat di launcher tersebut seperti fitur cuaca, berita dll akan aktif. Sehingga mau tidak mau smartphone akan bekerja sangat keras  untuk menjalankan launcher tersebut. Hasilnya ya memori RAM full smartphone menjadi lambat.

5. Aplikasi atau Widget di Layar Home
Kenapa widget dilayar home bisa membuat lambat kinerja smartphone android?

Jawabannya karena widget tersebut membutuhkan akses internet. Semakin banyak widget di layar beranda smartphone, akan semakin lambat smartphone tersebut. Bayangkan saja apabila di layar beranda ponsel kamu terdapat widget cuaca, berita, dan widget lainnya. Otomatis akan membutuhkan akses internet yang tinggi dan juga pemakaian RAM yang tinggi pula. Padahal informasi di widget tersebut bisa kita dapatkan langsung di internet tanpa memasang aplikasi widgetnya.

6. Aplikasi Pembersih File Sampah
Sebelumnya saya telah menulis tentang kesalahan dalam mengatasi android yang lemot. Disitu saya mengatakan bahwa salah satu penyebab android lemot adalah karena adanya aplikasi pembersih file sampah ini.

Demikian beberapa aplikasi yang membuat android kamu semakin lambat. Pengalaman penggunaan aplikasi tersebut dapat berbeda tergantung spesifikasi smartphone yang kamu gunakan. Sekian semoga bermanfaat.

Disqus comments