Cara Mudah untuk Belajar Bahasa Inggris Sendiri bagi Pemula

Cara mudah belajar bahasa inggris sendiri tanpa perlu kursus tentu banyak diminati oleh orang yang masih pemula. Kebanyak orang ingin belajar bahasa inggris namun terbatas dengan masalah finansial sehingga mencari alternatif lain. Sebenarnya untuk belajar hal apapun bisa kamu lakukan sendiri. Dari kamu masih pemula sampai menjadi expert!
Cara belajar bahasa inggris otodidak

Namun apabila kamu punya uang lebih saya sarankan untuk ikut kursus atau pelatihan. Karena belajar bahasa inggris sendiri itu kadang selalu dihantui dengan perasaan malas, sehingga apabila kamu kursus terlebih lagi banyak teman dan menyenangkan pasti rasa malas tidak akan menjadi penghalang kamu untuk tahu bahasa inggris.

Bagi pemula yang memang ingin belajar bahasa inggris sendiri secara ototdidak bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Kunci utamanya adalah jangan pernah bosan! Karena kita belajar bukan seperti memotret gambar yang dalam sekejap langsung jadi. Namun belajar itu seperti melukis, secara bertahap dan tidak instan. Hanya butuh konsisten untuk menyelesaikannya sehingga akan benar-benar menjadi sebuah lukisan.

Sebenarnya cara cepat dan mudah belajar bahasa inggris itu ada atau tidak?


Ada! Banyak metode untuk belajar bahasa inggris khususnya bagi pemula. Meskipun kamu baru mulai dari nol juga bisa menerapkan metode ini. Cepat atau tidaknya dalam belajar bahasa inggris yang menentukan adalah suasana, mood dan seberapa sering kamu melakukannya. Apabila suasana nyaman dan mood bagus pasti kamu akan dengan senang hati belajar dan akan lebih cepat memahaminya. Jangan lupa juga untuk terus konsisten.

Sebenarnya kita di Indonesia kurangnya kemampuan untuk berbahasa inggris yaitu tidak wajibnya bahasa inggris di Indonesia. Bukan masalah tidak menjaga karifan budaya, tapi lebih ke urgent tidaknya. Bahasa sangat dibutuhkan dalam persaingan dunia modern dan menjadi point pertama ketika di dunia kerja. Apabila mayoritas penduduk indonesia sedikit yang bisa berbahasa inggris, maka secara tidak langsung rakyat kita sudah kalah bersaing di dunia kerja. Terapkan kurikulum beberapa bahasa wajib selain bahasa ibu (indonesia) sejak dini sebelum terlambat.

Kapan waktu yang efektif untuk belajar bahasa inggris?


Waktu yang efektif bisa berbeda-beda setiap orang. Mungkin ada yang suka belajar di waktu malam hari tapi ada juga orang yang tidak suka. Namun waktu efektif untuk belajar secara umum adalah ketika otak dalam kondisi segar. Kapan itu?
  • Saat setelah mandi di pagi hari
  • Saat dalam suasana ruang terbuka
  • Saat santai 
  • Saat jam 3.00-5.00 subuh
  • Saat jam 18.30-20.00 malam hari

Setelah mengetahui kapan waktu terbaik untuk belajar bahasa inggris, selanjutnya kamu harus tahu metode paling mudah yang bisa kamu terapkan dalam belajar bahasa inggris.

Berikut metode paling mudah untuk belajar bahasa inggris sendiri bagi pemula:


Step #1 Siapkan bahannya terlebih dahulu

Bahan yang perlu kamu sediakan adalah dasar -dasar yang kamu butuhkan untuk bisa berbicara dalam bahasa inggris yaitu vocabulary, tenses dan listening. Sedangkan untuk kemampuan reading dan writing itu akan mengikut setelah kamu mahir di tiga dasar bahasa inggris tersebut. Silahkan kamu cari referensi di internet (saya sarankan dalam bentuk video kalaupun tidak ya tidak masalah).

Step #2 Pahami kunci bahasa inggris:

Untuk kamu yang masih pemula supaya tidak bingung belajar bahasa inggris harus mulai dari mana. Seperti halnya bahasa indonesia, bahasa inggris itu kunci utamanya hanya dua yaitu subjek/pelaku dan peristiwa. Apapun kalimat yang dibuat pasti intinya merupakan pola hubungan antara pelaku dan peristiwa. Jika kamu paham ini maka kamu tidak akan kesulitan dalam membuat kalimat. Paling pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami subjek beserta to be nya dan memahami peristiwa (terutama kata kerja). Untuk kata kerja jangan langsung dihapal semua tapi mulai dari hal sehari-hari yang paling sering kamu lakukan misalnya makan, minum, berjalan, dll.

Step #3 Genjot kemampuan bahasa inggris

Kemampuan berbicara dalam bahasa inggris pada dasarnya adalah kemampuan untuk menyusun kalimat. Untuk bisa menyusun kalimat kamu harus tahu banyak tentang vocab dan tahu aturan dalam penyusunan kalimat yaitu tenses. Jadi dua hal itulah yang kamu perlu tahu setelah paham tentang kunci bahasa inggris di atas.

Kalau kamu bingung menghafal tenses silahkan buka youtube, kemudian ketikkan cara menghafal tenses dengan mudah. Maka kamu akan lihat banyak sekali trik atau cara mudah untuk mempelajarinya. Silahkan pilih cara yang menurut kamu mudah dan pelajari.

Selanjutnya untuk melatih kemampuan vocab dan terus mengupgrade kemampuan berbahasa inggris, lakukan beberapa cara mudah dan menyenangkan di bawah ini:

1. Biasakan untuk mendengar lagu dalam bentuk video yang disertai liriknya

Mulai sekarang ganti video klip dengan video lirik dan koleksi lagu-lagu yang berbahasa inggris. Jangan langsung mengoleksi semua tapi coba cari lagu barat yang kamu suka misalnya saya suka lagunya one direction yang judulnya story of my life. Cari kemudian download video beserta liriknya dan coba nyayikan serta pahami makna lagunya secara bertahap. Selain melatih vocab dengan ini kamu juga sudah melatih kemampuan pengucapan kata dalam bahasa inggris sehingga kamu akan terbiasa dan fasih mengucapkannya. Selain melalui video lirik lagu, biasakan juga dengan melatih mendengarkan video conversation/percakapan sehari-hari dalam bahasa inggris. Banyak kok di youtube!

2. Jangan pernah mengartikan kalimat bahasa inggris dengan kata per kata

Mengartikan dengan kata perkata adalah kebiasaan buruk. Bahasa inggris tidak akan nyambung apabila kamu mengartikannya setiap kata. Kamu harus mengartikannya perkalimat. Cari kata yang tidak kamu tahu artinya dan coba pahami maksud kalimatnya. Itu lah artinya.

3. Latih dengan membaca beberapa artikel ringan

Apabila kamu mempunyai waktu santai cobalah untuk membaca artikel ringan yang berbahasa inggris. Contohnya kartun bahasa inggris di webtoon. Setelah kamu anggap terlalu mudah cobalah untuk membaca artikel pendek bahasa inggris. Tingkatkan terus levelnya sampai kamu benar-benar fasih berbahasa inggris.

4. Jangan malas untuk praktik/belajar ngomong dengan bahasa inggris

Biasakan untuk terbiasa mengucapkan kata-kata bahasa inggris. Ada banyak cara untuk melatih apa yang telah kamu pelajari selama ini dengan berbicara langsung. Kalau kamu tidak mau berbicara sendiri, kamu bisa mengajak temanmu yang pintar bahasa inggris, bisa datang ke club bahasa inggris atau chat dengan teman bule. Minta temanmu itu untuk mengoreksi kemampuanmu. Biasakan untuk menyebut benda-benda disekitar dengan istilah bahasa inggris.

5. Ukur intensitas kemampuan bahasa inggrismu dan selalu upgrade

Salah satu cara mengetahui kemampuan bahasa inggris kamu adalah dengan speaking. Mungkin ada orang yang bisa menerjemahkan artikel bahasa inggris namun sangat susah untuk berbicara inggris di depan umum. Inilah yang harus di waspadai.

Saran saya sebaiknya dalam melatih kemampuan speaking, ditemani oleh satu orang teman yang memang sudah bisa berbahasa inggris. Sehingga apabila ada kesalahan bisa dikoreksi dan di perbaiki. Untuk latihan kamu bisa menjelaskan tentang satu tema saja terlebih dahulu. Misalnya menjelaskan tentang kegiatan sehari-hari dalam satu menit. Kemudian tingkatkan waktunya secara bertahap dan coba juga dengan tema yang berbeda. Jangan lupa untuk meminta temanmu mencatat kesalahan selama speaking. Misalnya speechless (seringnya mengucap kata-kata emm, anu, apa, eee,, dan sejenisnya), lancar tidaknya, grammar dll.

6. lakukan secara berulang ulang

Semua tidak akan berguna apabila hanya dilakukan sekali. Lakukan hal di atas secara berulang-ulang, latih terus kemampuan bahasa inggris kamu sampai benar-benar fasih dan lancar.

Oiya apabila kamu bingung untuk mencari cara belajar bahasa inggris online kamu bisa mengunjungi situs seperti BBC learning english, sedangkan untuk video bahasa inggris saya sarankan sering nonton di TEDx dan satu lagi ada aplikasi yang berguna baget buat kamu yang belajar bahasa inggris yaitu duolingo atau silahkan kunjungi situsnya langsung Duolingo.

Sebenarnya bisa tidaknya kita melakukan sesuatu itu terkandung keadaan. Kalau keadaan memaksa kita untuk belajar bahasa inggris pasti kita akan fasih berbahasa inggris. Contoh keadaan yang memaksa, misalnya kita berada di sekolah yang mempunyai kurikulum berbahasa inggris. Apabila kita berada dilingkungan atau kondisi itu pasti mau tidak mau kita akan belajar bahasa inggris.

Itulah tadi cara mudah untuk belajar bahasa inggris sendiri bagi pemula. Saya sebenarnya juga masih dalam tahap belajar bahasa inggris bukan orang yang sudah ahli berbahasa inggris. Itu hanya tips yang kadang saya gunakan untuk belajar bahasa inggris. Intinya adalah rajin berlatih itu saja.
Disqus comments