2 Cara Cek Keaslian HP Android (Cara Singkat)

Cara cek keaslian HP Android sebenarnya tidak sulit. Kenapa kita harus mengecek keaslian hp android yang kita miliki? Karena smartphone yang asli mempunyai kualitas terbaik. Semakin terkenal produk atau brand akan semakin banyak produk tiruannya. Khususnya buat kamu yang beli hp baru lewat internet, sebelum terlambat buruan cek keasliannya. Lihat perbedaan antara HP yang asli dan palsu, apabila palsu segera kembalikan atau tukarkan smartphone tersebut.
Cara membedakan smrtphone ori dan palsu

Sebenarnya fenomena smartphone KW ini bisa kamu hindari. Asal kamu membelinya langsung dari gerai resmi brand smartphone tersebut. Namun sayangnya sifat manusia yang selalu tergiur dengan harga. Pasti akan memilih membeli barang yang harganya murah. Tidak taunya bahwa smartphone yang dibelinya adalah palsu. Berikut ada 2 cara singkat yang bisa kamu jadikan alternatif untuk melihat apakah smartphone kamu asli atau bajakan.

1. Cek Menggunakan Kode IMEI smartphone Android


Apa itu IMEI?

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Biasanya terdiri dari 15 atau 16 digit. Nomor IMEI ini digunakan operator seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang terdaftar di jaringan mereka.

Cara untuk melihat IMEI di smartphone

Dial ke *#06#, akan tampil kode IMEI perangkat smartphone.

Apabila kode IMEI kamu ada dua jangan heran, itu berarti smartphone kamu dual SIM. Pilih salah satunya dan lanjut ke langkah selanjutnya di bawah ini.


Cara cek IMEI untuk android:


#1 Masuk ke Ceck IMEI.

Masukkan IMEI smartphone kamu dan kemudian klik check tunggu beberapa saat akan muncul hasilnya seperti gambar di bawah.

Cara cek IMEI smartphone

Gambar di atas adalah contoh smartphone saya sony xperia e1 dual dan alhamdulilah smartphone saya adalah asli.

Kalaupun kamu mengecek disitus tersebut namun invalid atau tidak tersedia. Mungkin smartphone kamu keluaran terbaru sehingga database imei kamu belum tersedia di ceck imei. Namun untuk memastikan asli atau tidak, kamu dapat meminta tolong ke layanan cs brand smartphone atau datang secara langsung di gerai brand tersebut untuk mengecek keaslian HP kamu.

#2 Masuk ke numberingplans.com

Silahkan masukkan IMEI smartphone pada kotak yang disediakan dan klik analyse. Apabila smartphone kamu asli maka akan muncul beberapa informasi mengenai smartphone tersebut.
Apabila muncul tulisan: "This IMEI number seems to be correct, but we do not have any information on this specific handset. Please add the missing information below." Jangan panik itu tandanya smartphone kamu masih asli namun IMEI kamu masih belum terdata di system numberingplans.

Tambahan:
Untuk HP samsung kamu juga dapat menggunakan tombol dial *#0*# kemudian klik menu sensor > image test. apabila muncul gambar anjing/dog maka samsung kamu asli.


2. Cek dengan Membandingkan Spesifikasinya


Setela mengecek keaslian HP android melalui IMEI, langkah selanjutnya adalah cek spesifikasi smartphone. Apakah sesuai dengan spesifikasi aslinya. Periksa spesifikasi di smartphone dan bandingkan dengan yang ada di situs resminya. Kamu dapat melihat spesifikasi smartphone melalui menu pengaturan kemudian masuk ke tentang ponsel. Namun apabila ingin melihat spesifikasi lengkap smartphone yang kamu miliki, bisa menggunakan bantuan aplikasi di bawah ini:

#1 Menggunakan aplikasi AIDA


Silahkan download software AIDA di playstore kemudian untuk melihat detail smartpone, buka aplikasi tersebut maka akan tampak secara langsung detail dari smartphone kamu.

#2 Menggunakan Antutu Benchmark


Silahkan unduh aplikasi tersebut dan jalankan maka akan terlihat secara lengkap spesifikasi yang dimiliki oleh smartphone kamu.

Gimana mudah kan? Sekian cara untuk mengecek keaslian smartphone/HP android semoga bermanfaat.

Advertisement

Load comments