Cara Mudah Melacak Lokasi HP Android yang Hilang Hanya dengan 2 Langkah

Cara melacak lokasi smartphone android sangat mudah dengan adanya koneksi internet. Era modern sekarang ini memungkinkan kita untuk mencari keberadaan smartphone yang hilang atau sekedar ingin mengetahui lokasi seseorang dengan hanya beberapa langkah.

Cara melacak hp android yang hilang

Cara ini sangat berguna apabila smartphone android yang kamu gunakan hilang atau kamu lupa entah dimana terakhir kali kamu menyimpannya. Selain itu juga cara ini sangat berguna untuk memonitor lokasi pacar, temen bahkan selingkuhan yang suka bohong.

Cara mencari lokasi ini hanya berhasil jika HP yang kamu gunakan memiliki akses internet dan dalam keadaan aktif. Selain itu sepertinya cara ini membutuhkan akses lokasi, jadi pastikan akses lokasi di smartphone kamu dalam mode aktif untuk berjaga-jaga apabila HP hilang.


Berikut cara mudah melacak lokasi hp yang hilang:


Cara cepat melacak hp android yang hilang dalam 2 langkah


Cara ini adalah cara tercepat untuk mencari posisi smartphone android kita yang hilang. Hanya dengan dua langkah mudah kamu sudah bisa menemukan hp kamu yang hilang. Caranya yaitu:

  • Login ke akun gmail yang terdaftar di hp android kamu menggunakan browser bisa di hp atau laptop
  • Selanjutnya masuk ke google.com dan ketikkan find my phone dan otomatis google akan mendeteksi keberadaan smartphone tersebut (dengan syarat GPS dalam mode aktif).

fitur find my phone google untuk android yang hilang


Selain cara cepat di atas, ada beberapa cara yang lain yang bisa kamu gunakan sebagai alternatif untuk menemukan atau mencari posisi hp android yang hilang yaitu menggunakan nomor HP dan akun gmail. Berikut penjelasan lengkapnya:


1. Cara melacak lokasi smartphone android tanpa aplikasi


1. Menggunakan nomor HP


Berikut langkah-langkahnya:

Menggunakan web www.lacakgsm.com

Disini dikatakan bahwa kamu dapat melacak posisi HP dengan nomor GSM maupun IMEI dengan keakuratan mencapai 98%. Namun sepertinya fitur ini tidak gratis. Kamu harus melakukan pendaftaran dan selanjutnya mengikuti langkah-langkah yang dikirim pada email balasan untuk melakukan aktifasi dan konfirmasi keanggotaan. Menurut sumber dari web yang mengulas tentang website lacakgsm ini, kamu harus membayar dengan jumlah tertentu untuk dapat menikmati layanannya lacak lokasinya.

Jujur cara ini saya belum pernah mencobanya langsung. Tapi apabila sedang dalam kondisi terburuk cara ini patut untuk diperhitungkan.

2. Melalui akun gmail yang sudah terdaftar di akun HP

Cara ini hampir mirip dengan cara yang pertama. Untuk menggunakan cara ini kamu harus mendaftarkan terlebih dahulu email yang kamu gunakan ke smartphone android kamu. Kalau sudah ada email yang terdaftar ke hp android, silahkan lanjut ke tahap 2.

Tahap 1:
Caranya yaitu dengan masuk ke menu setelan > tambah akun > pilih google > "yang sudah ada" (kalau sudah mempunyai akun google) kalau belum punya akun gmail pilih opsi "baru" > Silahkan ketikkan nama gmail serta sandinya > Tunggu sampai tahap konfigurasi selesai.

Tahap 2:
Setelah itu kamu hanya perlu masuk ke Android Device Manager login menggunakan email google tersebut. atau silahkan login di browser dengan menggunakan akun gmail tersebut setelah itu silahkan masuk ke google.com dan ketikkan find my phone dan otomatis google akan mendeteksi keberadaan hp android kamu.

Ada tiga pilihan yang dapat kamu pilih di android device manager ini yaitu:
- Deringkan untuk menderingkan smartphone android dalam mode online dengan sangat keras meskipun GPS tidak aktif
- Kunci untuk menguci semua akun yang ada di HP android kamu.
- Hapus untuk menghapus data dan mengembalikan smartphone ke settingan pabrik.

Apabila GPS Smartphone android tidak aktif kamu dapat melakukan reset ke pabrik dengan menekan tombol erase (hapus) sehingga GPS yang ada di smartphone akan kemabali menyala dan lokasi HP android akan kembali terdeteksi.

2. Cara melacak lokasi smartphone android menggunakan aplikasi 


Cara mengetahui posisi HP android dengan bantuan aplikasi ada banyak cara diantaranya yaitu:

1. Zenly


Langkah untuk melakukannya sangat mudah yaitu:
  • Download aplikasinya
  • Daftar pakai nomer hp
  • Masukkan kode verifikasi
  • Tanda biru pada zenly adalah lokasi android kalian
Bagaimana cukup mudah kan?

2. Lockwacth


Kelebihan aplikasi ini adalah kemampuannya untuk melacak smartphone dan memfoto muka si pencuri dengan kamera depan ponsel. Namun aplikasi hanya bekerja jika si pencuri mencoba untuk membuka pola ponsel namun gagal.

Caranya aplikasi ini bekerja yaitu dengan mengirimkan kamu sebuah email yang isinya photo serta lokasi smartphone android yang hilang tersebut.

Yuk, install aplikasi ini untuk berjaga-jaga sebelum HP kita hilang. 

3. Android Device Manager


Cara ini terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu mendownload aplikasi tersebut di play store kemudian menginstallnya di android kamu. Selanjutnya silahkan buka aplikasinya dan login dengan alamat email yang sama dengan email yang kamu gunakan di smartphone. Setelah itu aplikasi android device manager ini akan secara otomatis mendeteksi keberadaan lokasi hp android kamu.

4. Menggunakan Android Lost


Kamu hanya perlu mendownload aplikasinya di playstore dan menginstalnya. Untuk tutorialnya silahkan cek di youtube atau browsing di google banyak kok. Salah satu kelebihannya yaitu dengan cara ini kamu bisa mengaktifkan fitur gps dan wifi yang tidak aktif. Serta dapat melihat dan mengontrol beberapa aplikasi yang ada di hp android. Seperti alarm dan sms.

Sekian cara mudah melacak lokasi hp android yang hilang semoga bermanfaat.

Advertisement