Cara Mengatur Printer Agar Tidak Berisik Saat Nge-Print

Suara berisik yang ditimbulkan printer canon terkadang sangat mengganggu terlebih lagi saat print sesuatu pada malam hari. Print yang saya gunakan adalah canon E400 dan sekarang hasil printnya malah bergaris untuk warna hitam karena cartridge yang buntu atau entah kenapa. Terpaksa saya harus menggunakan mode hight saat ngeprint.

Namun bukan itu yang saya permasalahkan. Melainkan suara yang keras dan berisiknya pada saat proses print. Ternyata suara print pada saat proses mencetak tersebut bisa di atur sehingga tidak berbunyi sangat keras dan mengganggu. Caranya settingnya yaitu menggunakan "quite mode".

Cara mengaktifkan mode diam saat ngeprint dapat dilakukan melalui beberapa cara yaitu:


#1. Melalui Menu Pengaturan di Windows


Caranya sangat mudah pertama silahkan masuk ke bagian setting dengan menekan tombol "Windows+I" secara bersamaan ( hanya berlaku untuk windows 8 ke atas). Kemudian masuk pada bagian device, cari tipe printernya seperti punya saya ini canon e400. Setelah ketemu klik, dan pilih manage seperti gambar berikut.

Cara setting quiet mode printer

Maka akan tampil beberapa menu utuk printer canon e400. Selanjutnya klik printer properties, akan muncul tab baru pilih menu maintenance dan terakhir pilih quiet mode. Ganti pengaturannya menjadi always use quiet mode. Done!

setting quiet mode printer

#2 Cara Kedua Melalui Microsoft Word atau Aplikasi pdf


Apabila kamu ingin lebih gampang langsung saja setting melalui aplikasi penampil dokumen seperti word dan pdf reader. Apabila menggunakan microsoft word caranya sangat mudah yaitu:


  1. Saat kamu hendak print setelah menekan tombol CTRL+P (pastikan jenis printernya sudah sesuai), pilih pada bagian print properties. 
  2. Pilih maintenance, kemudian quiet mode dan terakhir pilih always use quiet mode.

Apabila menggunakan aplikasi pdf caranya juga sama seperti di atas. Berikut saya contohkan melalui salah satu aplikasi pembaca pdf yaitu foxit reader.

  1. Tekan CTRL+P untuk ngeprint, kemudian pilih menu properties.
  2. Untuk langkah nomer 2 sama seperti di atas. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut.

Cara setting printer agar tidak berisik

Setelah menerapkan settingan quiet mode di atas, coba print beberapa dokumen dan lihat betapa halusnya print kamu sekarang. Suara berisik seperti tersangkut yang biasa terdengar di print canon sudah hilang. Dengan mengatur ke settingan quiete mode ini juga bisa memperpanjang umur cartridge kita.

Sekian tips untuk mengatur printer agar tidak bunyi keras saat ngeprint semoga bermanfaat.

Advertisement