6 Fitur Menarik dari Google yang Wajib Kamu Coba

Google memang banyak menyimpan hal yang menarik. Mulai dari nama sampai sejarah terbentuknya juga menarik. Perusahaan raksasa internet ini pertama kali berdiri pada tahun 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin lulusan dari universitas Stanvord (wikipedia). Hingga sekarang google banyak sekali menyimpan hal yang menarik khususnya fitur dan layanan yang ditawarkan.

Tahukah kamu ada hal menarik dari google sebelum dia besar seperti sekarang. Mulai dari nama google yang kita kenal sekarang ternyata dulu adalah backrub, dan ternyata nama google berasal dari kesalahan ejaan para pengembangnya dari kata googol. Karena populernya ejaan google sehingga nama itu berubah menjadi google seperti sekarang.

Fakta menarik lainnya adalah seperti yang dilansir halaman merdeka.com, bahwa google dulunya hanya mampu menganalisis 30-50 halaman saja untuk setiap detiknya. Bandingkan dengan sekarang yang bisa menganalisa ribuan bahkan jutaan web setiap setengah detik. Selain itu hebatnya google adalah baru berumur 3 bulan sudah masuk daftar 100 website baru yang diperhitungkan dunia. Lah,, terus kita sudah lama ngeblog hampir bertahun-tahun masak tidak bisa masuk daftar 100 web terbaik di indonesia?? :D

Fitur menarik dari google

Banyak sekali kelebihan yang ada di mesin pencari google ini dari segi fitur. Salah satu penyebab kebanyakan orang menyukai google adalah karena tampilannya yang sederhana, cepat (hanya mmbutuhkan setengah detik saja untuk mengindeks halamannya), banyak fiturnya dan semua informasi ada di google. Google adalah solusi bagi setiap orang. Orang tidak bisa memecahkan masalah tertentu, atau mencari informasi tertentu pasti larinya ke google. Itulah kelebihan google yang tidak di miliki oleh web lain.

Sebelumnya saya telah menulis artikel tentang 5 game keren dari google yang bisa dimainkan langsung melalui google penelusuran.  Kali ini masih berkaitan dengan hal menarik dari google yaitu:

9 fitur menarik dari google yang harus kamu coba 


1. Mengedit dan menambahkan gambar menggunakan google doc


Apabila kamu mempunyai sebuah dokumen yang dikirimkan lewat email dan kamu ingin mengeditnya. Coba manfaatkan fitur google doc. Terlebih lagi kalau hanya ingin mengedit sedikit halaman dan menambahkan gambar, Kamu tidak perlu lagi repot-repot untuk mendownload dokumen tersebut untuk mengeditnya.
Kebanyakan orang tidak memanfaatkan fitur ini. Namun justru ternyata fitur ini mempunyai kelebihan yang unik, salah satunya yaitu untuk menambahkan gambar. Melalui google doc semua kebutuhan edit dokumen khususnya gambar dapat kamu lakukan dengan sangat mudah.

Sebelum memanfaatkan fitur ini, kamu harus menyimpan file tersebut ke google drive. Kemudian setelah itu buka dengan google dokumen. Setelah terbuka silahkan klik ikon bintang di sudut kanan bawah yang bertuliskan jelajahi.

Fitur menarik google

Cari gambar yang kamu inginkan, kemudian drag ke dokumen. Done! Selain itu kamu juga bisa mencari halaman web untuk di tambahkan sebagai catatan kaki langsung secara instant.

Fitur menarik dari google

Fitur ini sangat bermanfaat untuk keperluan edit dokumen yang tidak terlalu ribet atau hanya sebatas tugas kuliah.


2. Mencari gambar yang sejenis melalui google search by image


Fitur menarik dari google yang kedua adalah kita bisa mencari gambar yang sama atau berhubungan dengan menggunakan layanan google search by image. Kamu mungkin pernah kebingungan ingin mencari sumber dari gambar yang digunakan, namun lupa dengan nama halaman webnya atau ingin mencari gambar lain yang sama dengan resolusi tinggi atau ingin mencari gambar yang mirip. Google search by image solusinya!

Cara menggunakannya juga sangat mudah, cukup ketikkan di pencarian google "google image atau langsung klik linknya google image.  Klik pada bagian gambar kamera, kemudian kamu akan disediakan dua pilihan :

  • Tempel url gambar, atau
  • Upload gambar
Untuk lebih mudahnya cari gambarnya langsung di internet, kemudian drag masuk kebagian tempelkan url. Atau bisa juga melalui upload gambar. Maka secara otomatis google akan menampilkan web yang berkaitan dengan gambar tersebut. Sebagai contoh saya ingin mencari gambar "gitar yamaha" yang mirip.

Fitur menarik dari google wajib di coba

Ada dua pilihan yang bisa saya manfaatkan disini yaitu:
  1. Pilihan "Terkaan terbaik untuk gambar ini: gitar yamaha". Apabila saya klik maka google akan menunjukkan web yang paling cocok dengan gambar gitar yamaha tersebut.
  2. Apabila kita scrool halaman agak ke bawah ada pilihan, "Gambar yang mirip secara visual". Apabila saya pilih maka google akan menunjukkan gambar hasil pencarian yang paling mirip dengan gambar yang saya cari dari semua web yang ada. 
Sungguh menarik kan?


3. Google Allo: asisten pribadi untuk mendapatkan update setiap hari

Google allo ini sudah masuk ke Indonesia sejak september 2016 lalu. Fitur ini sangat menarik dan digadang-gadang sebagai aplikasi chat yang menjadi pesaing whatsapp. Ada tiga fitur yang terdapat di google allo ini yaitu fitur chat personal, chat grup dan chat dengan google assistant.

Namun dari semua fitur yang paling menarik dan canggih adalah chat dengan google assistant. Lumayanlah buat obat galau bagi para jomblo. :D Hahaa.. Bukan, bukan itu fungsinya. Google Allo berfungsi sebagai solusi dari masalah yang kamu hadapi. Kalau kamu ingin menyakan kafe, toko atau mall terdekat. Tinggal chat aja ke Mas Allonya. Goolge Allo akan menunjukkan kamu tempat-tempat tersebut yang berada dekat dengan lokasi kamu.

Selain itu si assistant ini juga mampu menjabarkan semua informasi yang ada di internet. Pokoknya informasi apa saja yang kamu buthkan, google Allo akan mencarikannya untukmu.

Kerennya lagi apabila kamu malas untuk membuka pesan email, goole Allo ini bisa menunjukkan daftar email yang masuk di tanggal tertentu, agenda di kalendar, mengakses photo dan konten dalam sekejap.

Tidak cuma keren, namun google assistant ini juga yang terbaik (memiliki kecerdasan buatan yang luar biasa). Kamu tidak perlu lagi membuka banyak aplikasi untuk chatting dan membaca informasi. Cukup 1 aplikasi untuk semua.

Menarik kan fiturnya? Sangat amazzing!!  Penasaran? Unduh langsung Google Allo.

4. Gborad: Mencari emoji dan video saat chat menjadi lebih gampang


Selanjutnya fitur yang menarik adalah Gboard yaitu aplikasi keyboard untuk android dari google. Layanan yang paling menarik dari aplikasi ini adalah tersedianya jalan pintas pencarian di keyboard melalui tombol "G"". Kelebihan dari tombol G ini adalah kita bisa chat sekaligus searching pencarian apapun sambil chattingan.

Tombol G ini juga berfungsi sebagai pencarian, kamu bisa mencari sticker emoji apa yang paling cocok dengan hanya mengetikkan namanya. Jadi sekarang tidak perlu lagi muter-muter mencari emoji, cukup ketik dan kirim.

5. Mencari website yang hampir mirip atau sama


Ternyata di google kita bisa mencari situs atau web yang mirip dari segi fungsi dan isinya. Hal ini tentu akan berguna apabila kita sedang mencari sumber referensi situs penyedia fasilitas yang sama. Cara mencarinya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengetikkan keyword "related:(disertai nama situsnya). Misal related:www.facebook.com. Hasilnya akan seperti ini.

Namun sepertinya tidak semua situs bisa kita cari dengan keyword ini. Sepertinya hanya situs-situs tertentu saja yang bisa.

6. Mencari file type tertentu

Fitur terakhir dari google yang menarik adalah kita bisa mencari file tipe tertentu secara langsung. Apabila kita ingin mencari file dengan ekstensi tertentu misal doc, ppt, xls, atau yang lainnya. Kamu bisa menggunakan keyword "nama dokumen yang kamu cari kemudian tambahkan filetype:(ekstensi file)".

Contoh:
Saya ingin mencari file tentang jurnal pndidikan, namun yang saya inginkan hanya file doc saja. Jadi saya ketikkan di google " jurnal pendidikan filetype:doc".

Lantas apa bedanya kita mengetik "jurnal pendidikan doc" dengan "jurnal pendidikan filetye:doc"? Saya kan juga bisa mencari file tipe dokumen dengan hanya mengetikkan "jurnal pendidikan doc"?

Bedanya adalah hasil pencariannya!

Apabila ingin hasil pencarian lebih akurat dengan menampilkan seluruh file doc dari semua sumber terkait dengan kata kunci yang kamu ketikkan. Maka gunakan tambahan "filetype:doc". Buktinya lihat pada gambar di atas, gambar thumbnail post artikel ini.

Sekian fitur menarik dari google yang wajib kamu tahu dan silahkan dicoba coba, semoga bermanfaat.

Advertisement

Load comments