Cara Mudah Mengubah File Gambar Hasil Scan Menjadi PDF

Cara mengubah file gambar hasil scan ke pdf. Ternyata masih banyak juga orang yang belum tahu cara untuk mengubah file gambar hasil scan menjadi format pdf. Padahal caranya sangat mudah dan simpel. Biasaya hal ini dibutuhkan apabila kita ingin mengirim atau mengupload file dokumen tugas dan dokumen untuk keperluan pendaftaran online.

File hasil scan tidak tersedia langsung dalam bentuk pdf, biasanya mempunyai format jpg, tiff atau bmp. Sehingga supaya file yang kita kirim lebih rapi kita harus mengubahnya ke pdf. Apabila kamu ingin mengubah file jpg hasil scan ke pdf tanpa software, kamu bisa memanfaatkan tools online misalnya smallpdf.com. Namun apabila ingin convert file jpg hasil scan ke pdf secara offline silahkan ikuti tutorial berikut.

convert file jpg ke pdf


Cara mengubah file gambar/jpg hasil scan menjadi pdf:


1. Apabila hanya terdiri dari satu gambar


Cara yang paling mudah untuk mengkonvert file jpeg/gambar hasil scan ke dalam format pdf adalah dengan cara konvert langsung dengan aplikasi pdf. Cara ini tidak hanya mudah, namun juga memberikan hasil yang baik. Ada banyak aplikasi pembaca pdf yang dapat digunakan, salah satunya adalah foxit reader dan nitro. Kalau menggunakan adobe acrobat reader DC saya belum pernah mencobanya. Tapi ingat cara ini hanya berlaku untuk konvert satu file jpg saja.

Baca juga:


Caranya simpel yaitu klik kanan pada file gambar hasil scan yang ingin diubah ke dalam pdf. Kemudian pilih convert to pdf (lihat pada gambar di bawah). 

mengubah gambar hasil scan ke pdf


Tunggu beberapa saat hingga file hasil konvert terbuka dan jangan lupa untuk save.


2. Apabila terdiri dari beberapa file gambar hasil scan dan ingin digabungkan menjadi satu


Jika kita mempunyai banyak file hasil scan dan ingin menggabungkannya menjadi satu dokumen pdf, tidak bisa lagi menggunakan cara diatas. Ada dua cara mudah lain yang bisa kita gunakan yaitu dengan cara menggunakan microsoft office word dan corel draw.

#1 Cara pertama mengunakan Ms. Word

Cara ini sudah banyak dibahas di blog-blog yang lain. Jadi saya tidak akan membahas secara mendalam cara ini. Secara singkat caranya adalah:
  1. Membuka aplikasi Word
  2. Atur margin pada lembar kerja baik itu margin atas, bawah dan samping supaya file bisa full satu lembar.
  3. Masukkan gambar atau file jpg hasil scan, kemudian sesuaikan dengan margin yang telah diatur sebelumnya
  4. Tambahkan lagi gambar yang lain pada halaman selanjutnya dan atur seperti langkah nomor 3.
  5. Setelah selesai eksport melalui file > export > create pdf/xps.
  6. Selesai

Cara ini sangat familiar karena semua orang mempunyai aplikasi word namun terkadang hasilnya kurang rapi. Karena kita perlu menyesuaikan antara gambar dengan layoutnya secara manual. Jadi rapi atau tidaknya tergantung kemampuan masing-masing orang dalam menyesuaikan gambar hasil scan dengan layout dokumen di word.

#2 Cara kedua menggunakan aplikasi corel draw

Kalau kamu sering bergelut dengan dunia desain tentu tidak asing dengan cara ini. Selain digunakan untuk membuat desain poster dan spanduk saja, corel juga biasanya digunakan untuk mendesain majalah atau proposal. Di corel terdapat fitur seperti sheet dalam excel. Sehingga kita bisa dengan mudah menggabungkan dokumen yang berlembar-lembar dengan fitur ini.

Caranya yaitu:

  • Silahkan buka corel drawnya dan atur layout dokumen yang digunakan misalnya A4. Melalui menu layout > page setup > pada size ganti menjadi A4.
convert jpg ke pdf
  • Import gambar hasil scannya dengan cara menekan tombol CTRL+I secara bersamaan.
  • Letakkan kursor yang berubah menjadi garis siku-siku tersebut ke ujung kiri bagian atas sesuaikan dengan garis lembar kerjanya seperti gambar berikut.
mengubah gambar hasil scan ke pdf
  • Setelah kursor posisinya sudah tepat dengan garisnya, klik satu kali. Maka gambar yang diimport tadi akan menyesuaikan bentuknya secara otomatis dengan ukuran kertas yang kita pilih sebelumnya.
  • Selanjutnya tambahkan lagi halaman kedua dengan mengklik icon yang saya beri tanda lingkaran merah berikut, kemudian ikuti lagi langkah dua sampai empat diatas.
convert jpg ke pdf
  • Setelah semua selesai, selanjutnya kita export file tersebut ke format pdf. Klik file > pilih publish to pdf. Atur tempat penyimpanannya dan namanya kemudian klik save. Tunggu beberapa saat hingga dokumennya terexport semua.

Menggunakan cara kedua ini bisa lebih cepat dari cara pertama karena kita tidak perlu lagi menyesuaikan gambar secara manual dengan layout dan hasilnya juga lebih rapi. Kekurangannya adalah tidak semua orang menginstall aplikasi corel draw.

Setelah menggabungkan file jpg tersebut menjadi satu kedalam file pdf, tentu ukuran filenya akan membengkak. Silahkan simak cara memperkecil ukuran file pdf sebagai solusinya. Sekian cara mudah untuk mengubah gambar hasil scan menjadi pdf versi saya, semoga bermanfaat.

Advertisement