5 Tanda Bahwa Profesi yang Kamu Jalani Harus Segera diganti

Pada zaman ini yang penuh dengan berbagai kesempatan dan ide baru, sangatlah susah untuk langsung menemukan pekerjaan yang benar-benar cocok dengan minat kamu. Seringkali, kita memilih jalan yang salah sejak masuk perguruan tinggi, sehingga kita akan merasa tidak puas dengan apa yang harus kita kerjakan setiap hari.

Salah memilih jalan sejak perguruan tinggi akan berdampak pada profesimu kelak. Sudah banyak bukti pekerja yang resign karena salah profesi ini. Terpaksa memilih pekerjaan sesuai gelar pendidikan yang rutinitasnya tidak mereka minati. Hal ini kecil tapi banyak orang tidak menyadarinya.

tanda salah profesi

Apakah kamu juga termasuk orang yang merasa salah memilih profesi? Berikut ini tim Jooble, salah satu situs lowongan kerja terpercaya telah berbagi beberapa tips bagaimana kita dapat menyadari bahwa pekerjaan yang kita jalani harus segera diganti.

#1 Makin susah masuk kantor


Baru bangun sudah merasa tak enak dan kena bad mood?
Hari Senin adalah hari terburuk bagi kamu?
Tidak ada yang menyenangkan dirimu setiap pagi?

Jika iya, coba pikirkan apa alasannya. Kalau kamu memang merasa terbebani bekerja setiap hari sehingga jadi malas masuk kantor, alasannya hanya satu yaitu kamu tidak cocok dengan pekerjaanmu.

#2 Tidak adanya perkembangan karir


Saat baru mulai bekerja kamu selalu penuh energi dan entusiasme. Tetapi, setelah lama menyelesaikan tugas-tugas atasan tanpa adanya promosi atau penghargaan yang layak, kamu mulai merasa kecewa dan kurang dihargai di tempat kerja. Sehingga seringkali kehilangan minat bekerja. Kalau ini sudah dirasakan olehmu, ini pasti adalah tanda kamu seharusnya pertimbangkan apakah tetap butuh pekerjaan ini atau mungkin ini saatnya membuat surat lamaran baru.

Tidak ada gunanya kamu bertahan apabila tidak bisa berkembang!

#3 Perbedaan ide dan prinsip


Kadang-kadang istilah “ide korporatif” berperan sangat tinggi di suatu perusahaan, sehingga dapat menciptakan sebuah budaya atau prinsip-prinsip tertentu yang diikuti oleh semua pegawai yang bekerja di sana. Nah, di sinilah masalahnya! Jika seandainya prinsip kamu bertabrakan dengan nilai-nilai utama perusahaan dan atasanmu, kamu lama-lama akan mulai merasa tidak nyaman bekerja di kantor tersebut. Tentu saja, hal ini dapat mempengaruhi tingkat produktivitas dan keberhasilanmu.

#4 Bekerja demi uang


Jika suatu hari kamu tiba-tiba mulai menyadari bahwa bekerja hanya karena uang, larilah dari perusahaan itu! Bekerja hanya karena akan mendapatkan gaji pada akhir bulan berarti setiap hari memaksakan diri untuk masuk kantor tanpa benar-benar menyukai apa yang kamu lakukan.

Pekerja yang berkembang adalah pekerja yang selalu menyukai pekerjaannya meskipun tidak mendapatkan gaji. Rela mengerjakan sampai lembur tanpa merasa lelah. Itulah pekerjaan yang paling cocok untuk kamu.

#5 Tingkat stres yang tinggi


Manajemen yang terlalu kuat dan deadlines yang agak ketat pelan-pelan dapat membuat kamu lelah bekerja atau malah kena depresi dan penyakit jantung. Ada beberapa tipe orang yang tidak cocok bekerja dibawah tekanan dan ada juga yang justru sebaliknya. Jika kamu tidak terbiasa dengan hal ini tentu akan membuat kamu stres luar biasa. Coba pertimbangkan, mungkin tekanan tersebut menghalangi perkembangan diri dan karir kamu dan ini saatnya kamu ganti pekerjaan.


Advertisement