Cara Mengembalikan File Ketikan di Word yang Hilang dan Belum Sempat Tersave

Mengembalikan file dokumen hasil ketikan di word yang hilang dan belum sempat tersave, Emang bisa? Bisa banget! Kejadian mengetik dokumen di word dan tiba-tiba terclose sendiri belum sempat tersimpan bukanlah kasus langka. Cukup banyak terjadi di kalangan para pengetik termasuk saya. Kebayang kan jengkelnya kalau kita sudah mengetik lama plus banyak banget, ujung-ujungnya hilang tidak tersave? Serasa pengen banting rumah seandainya bisa.Sayangnya tidak bisa! :v

Dokumen hasil ketikan ini bisa hilang karena beberapa factor. Misalnya dokumen hilang gara-gara word tiba-tiba berhenti (stop working) ataupun gangguan daya selama mengetik, yang paling sial itu kalau tiba-tiba word tertutup sendiri tanpa pamitan, tahu-tahu langsung ngilang gitu aja. Panas rasanya ubun-ubun mikirnya.

memulihkan dokumen yang tidak tersimpan

Sebenarnya dokumen word yang hilang tersebut dapat kita kembalikan. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara memulihkan dokumen hasil ketikan di word yang tidak tersimpan.

Catatan: Sebagi informasi di website resmi Microsoft tidak menjamin semua dokumen yang hilang bisa dikembalikan, ada beberapa dokumen yang mungkin tidak dapat dipulihkan. Jadi jangan heran kalau ada dokumen yang tidak bisa di recovery lagi.

Langkah-langkah untuk mengembalikan dokumen word yang tidak tersimpan:


Langkah pertama,


  1. Apabila kamu mengedit dokumen dan mempunyai dokumen asli yang sudah tersimpan namun hasil editan kita belum sempat tersimpan caranya mudah. Cukup buka kembali dokumen yang kita edit tersebut. Kemudian lihat biasanya berkas dokumen yang hilang akan ditampilkan kembali di panel pemulihan. Klik dokumen pemulihan tersebut dan jangan lupa untuk menyimpannya.
  2. Apabila file tersebut tidak ada di panel pemulihan lanjut ke langkah 2.


Langkah 2, Mencari secara manual berkas dokumen autorecover


  1. Saya menggunakan word 2016, langsung tekan CTRL+O untuk membuka dokumen. Kemudian pilih pada bagian recover unsaved dokumen. Kamu juga dapat mencari file recover unsaved di folder ini C:\Users\tedieka\AppData\Roaming\Microsoft\Word\. Warna merah nama user laptop saya. Jika kamu menemukan dokumen yang dicari untuk membukanya  klik dua kali setelah CTRL+O tadi dan jangan lupa save.
  2. Jika masalah belum teratasi, lanjut ke langkah 3.


Langkah 3, Mencari berkas yang tersimpan sementara di %temp%


  1. Semua berkas hasil edit dan ketikan yang kita kerjakan akan tersimpan sementara di folder temp ini dengan ekstensi .tmp. Apabila ingin mengakses folder ini tekan Tombol Windows+R secara bersamaan lalu ketikkan %temp% kemudian enter. Jika kamu tidak yakin berkas mana yang hilang, copy semua berkas .tmp ke lokasi tertentu yang mudah di akses.
  2. Kemudian buka word, klik open dan cari dokumen .tmp tersebut berada, Jangan lupa untuk mengubah kolom disamping file name menjadi all file supaya file .tmp bisa terbaca.
  3. Buka berkas sementara tersebut satu persatu apabila kamu telah menemukannya jangan lupa untuk menyimpannya terlebih dahulu.


Ada beberapa alasan kenapa file dokumen yang kamu ketik tidak bisa dipulihkan:


  • Autorecover belum sempat dibuat oleh windows. Secara default file Autorecover ini tidak akan tersimpan sampai 10 menit sejak kamu mulai mengetik di dokumen tersebut. Namun kamu dapat mengubah rentang waktu tersebut melalui tools menu, pilih options, dan klik tab save. Atur rentan waktunya sesuai selera. Dengan mengatur rentan waktu menjadi lebih pendek dapat mengurangi resiko file tidak tersimpan atau hilang.
  • Karena dokumen terclose! Apabila dokumen terclose (dengan menekan tanda silang di pojok kanan) maka autorecover akan otomatis terhapus. Tidak ada acara untuk mengembalikan dokumen setelah file terclose.


Sekian artikel tentang cara mengembalikan file dokumen di word yang hilang dan belum sempat tersave. Semoga bermanfaat!
Disqus comments