Cara Mengedit Hasil Scan PDF ke Word Mudah dan Cepat

Cara mengedit hasil scan pdf ke word bisa dilakukan secara online maupun offline menggunakan OCR convert. Secara online kamu bisa mengunjungi halamannya silahkan ketikkan di google dengan kata kunci ocr convert to word. Maka situs yang menyediakan fasilitas convert ini akan muncul semua. Pada artikel sebelumnya saya juga telah memposting artikel tentang cara mengubah file hasil scan ke microsoft word secara online maupun offline.

Namun ternyata ada cara oflline lain yang lebih mudah dari cara yang ada pada artikel sebelumnya. Selain mudah, merubah file jpg hasil scan ke text menggunakan cara ini mempunyai beberapa kelebihan yaitu:
  • Hasil convert yang baik.
  • Dapat kita gunakan untuk convert file hasil scan yang berbentuk pdf.
  • Mudah dan cepat

Cara mengedit hasil scan pdf ke word


Cara ini mempunyai kemiripan dengan artikel sebelumnya, yakni sama-sama menggunakan aplikasi nitro pdf pr0. Jadi bagi yang pdf readernya menggunakan nitro, kita tidak perlu repot-repot menginstall OCR lagi. Cukup manfaatkan fitur ocr yang sudah tersedia di nitro.

Langkah-langkahnya juga sangat mudah yaitu:

1. Pastikan file jpg yang akan diubah ke word dalam bentuk pdf. Silahkan baca cara mudah mengubah file scan ke pdf atau ikuti cara dibawah ini.
2. Klik kanan file jpg yang akan diubah ke word, pilih convert to pdf with nitro. Tunggu hingga proses convert selesai!
3. Setelah selesai maka file tersebut akan otomatis terbuka di nitro. Kemudian klik tab edit pilih OCR, ada pop up muncul pilih make searchable and editale terakhir klik OK. Tunggu hingga prosesnya selesai.
Cara merubah file jpg hasil scan ke word4. Setelah selesai akan terbuka tab baru hasil OCR. Sampai disini kamu sudah bisa mengcopy tulisan tersebut ke word, namun jika ingin merubah seluruh file ke dalam word maka tinggal export to word dengan menekan CTRL+SHIFT+W dan pilih convert.
5. Selesai, sekarang file hasil convert akan terbuka dalam bentuk word.

Gambar dibawah ini adalah hasil convertnya (sebelah kanan dalam bentuk word) sedangkan file hasil scan yang asli dalam bentuk pdf.
Cara merubah file jpg hasil scan ke word
Bagaimana? caranya sangat mudah bukan? Cukup memanfaatkan aplikasi yang ada kita sudah bisa melakukannya. Mulai sekarang kita harus berpikir mengistall satu aplikasi yang banyak fungsinya supaya laptop tidak berserakan dengan aplikasi padahal fungsinya sama. Sekian artikel tentang cara mudah mengedit hasil scan pdf ke word, semoga bisa bermanfaat.

Advertisement

Load comments