Cara Menghapus Virus Shortcut di Flashdisk Secara Permanen

Cara menghapus virus shortcut di flashdisk secara permanen banyak dicari oleh si pengguna windows. Kasus file hilang dan berubah menjadi shortcut sering sekali terjadi khususnya file yang disimpan di flashdisk. Cara menghilangkan virus shortcut ini sebenarnya sangat mudah. Pada artikel ini saya akan membahas mengenai cara yang biasa saya gunakan untuk menghapus virus shortcut di laptop secara permanen.

Virus shortcut di windows adalah salah satu jenis virus yang sangat menyebalkan. Apakah jenis virus ini berbahaya? Sebenarnya tidak berbahaya! Karena virus ini hanya bersifat menghidden file atau folder namun tidak merusak filenya.
cara mengatasi virus shortcut
Gejala apabila file di fd terjangkit virus shortcut sangat mudah dikenali. Apabila kita membuka fd kemudian menemukan shortcut fd (bukan file isi fd) atau beberapa file dan folder berubah menjadi shortcut atau bahkan semuanya, sudah pasti itu kelakuan si virus menyebalkan ini. Asal mula virus shortcut adalah dari internet, sehingga komputer yang selalu digunakan untuk online pasti lebih mudah terjangkit. Terlebih lagi jika komputer tersebut tidak menggunakan antivirus yang mumpuni. Maka hati-hatilah ketika mencolokkan fd atau memory penyimpanan yang lain di warnet.

Cara menghapus virus shortcut di flashdisk secara permanen


Apa yang harus saya lakukan untuk menghilangkan virus shortcut?

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi virus ini. Virus shortcut sifatnya hanya menghidden file dan kemudian menggandakannya sebagai shortcut. Maka hal yang harus kamu lakukan tentunya adalah memunculkan file yang di hidden tersebut.

Berikut cara menghilangkan virus shortcut di laptop (khususnya flashdisk):

1. Menghapus virus shortcut dengan CMD

Cara menghapus virus shortcut di laptop yang pertama adalah dengan CMD. Cara ini adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah ini. Semua virus shortcut di komputer akan dibabat sampai bersih. Untuk cara penggunaanya kamu bisa baca artikel saya sebelumnya yaitu cara mengatasi file flashdisk yang hilang. Setelah file yang dihidden muncul dan kamu ingin menghapus shortcut yang ditimbulkan oleh virus tersebut, cukup scan saja fdnya dengan antivirus. Bisa juga dihapus melalui cmd dengan perintah del *.lnk s/ d/ kemudian tekan enter, jika muncul error, gunakan perintah del *.lnk dan tekan enter (pastikan kamu sudah berada di direktori flashdisk tersebut).

2. Menghapus virus shortcut dengan Antivirus Smadav terbaru

Salah satu antivirus shortcut terbaik produk buatan Indonesia ini memang cukup ampuh untuk mengatasi masalah virus shortcut. Namun meski demikian pastikan kamu menggunakan versi smadav terbaru. Karena terkadang ada beberapa virus shortcut yang lolos apabila menggunakan antivirus versi yang lama. Ingat virus juga berkembang dan bisa lebih canggih!

Lalu bagaimana cara menghilangkan virus shortcut dengan smadav?

Caranya cukup melakukan scan saja pada flashdisk yang terinfeksi virus shortcut. Ingat gunakan smadav terbaru!

3. Menghapus virus shortcut dengan Eset Internet Security

Eset internet security adalah antivirus untuk virus shortcut andalan saya. Jangankan virus shortcut, aplikasi ucbrowser aja langsung di warning. :D saya juga tidak tahu kenapa bisa uc di warning, mungkin diangggap virus kali ya. Selain itu antivirus ini juga tidak terlalu memberatkan laptop, makanya saya suka menggunakannya.

Bagaimana cara saya mencegah supaya tidak terjangkit virus shortcut lagi di laptop?

Caranya adalah gunakan antivirus yang up to date. Saran saya untuk kamu yang sering online gunakan antivirus kusus untuk internet seperti avas internet security, Kaspersky Internet Security, AVG internet security, eset dll. Antivirus tersebut sudah cukup ampuh sebagai pembasmi virus shortcut. Selain itu kejahatan internet akan terjadi kapan saja, lebih baik peduli dengan keamanan dan privasi online dari sekarang sebelum terlambat.

Sekian artikel tentang cara menghapus virus shortcut di flashdisk secara permanen, semoga bermanfaat !

Advertisement

Load comments