Rahasia Membuat Desain Simpel Namun Tampil Keren

Pernah buat desain namun hasilnya kurang keren? Giliran lihat desain karya orang lain kesannya simpel tapi kok terlihat bagus? Ingin tahu caranya? Yuk, simak rahasia membuat desain simpel namun tampil keren berikut ini.

Saya bukan orang yang expert dalam hal desain, namun saya sudah cukup "akrab" dengan bidang ini. Setelah saya perhatikan selama ini ternyata membuat desain bukanlah perkara yang susah. Bahkan seorang yang semula tidak tahu tentang desain pun jika "dipaksa" pasti akan mahir juga. Namun pasti tidak akan bisa langsung ahli dalam sekejap mata. Apabila kamu masih pemula dan ingin belajar mendesain tidak usah bingung harus mulai darimana. Tidak usah berlebihan ingin menggunakan effect ini dan itu. Cukup kuasai inti dari tools yang digunakan dalam mendesain.
rahasia membuat desain elegan
Misalnya saja ada pekerjaan dari kampus, kamu kebagian job membuat desain pamflet dan banner. Pertama sekali yang wajib kamu tahu adalah aplikasi yang biasa digunakan, kalau saya untuk membuat banner, poster, dan phamflet lebih suka menggunakan coreldraw. Kemudian kuasai bagaimana caranya untuk menulis, membuat poligon, dan memotong gambar di aplikasi tersebut. Kalau tiga itu sudah kamu pahami selanjutnya hanya perlu permainan warna dan model. Itulah inti dari desain!

Dalam artikel ini saya akan share rahasia yang menurut saya penting dalam mendesain sesuatu. Bisa dibilang prinsip wajib yang harus diingat bagi pemula!

Rahasia membuat desain simpel namun terlihat keren


1. Gunakan warna mencolok atau soft color

Warna mencolok bukan berarti norak, namun lebih untuk menarik perhatian bagi setiap orang yang melihatnya. Bayangkan saja jika warna desain kamu tidak mencolok, kemudian dipasang di mading berdampingan dengan desain poster lain? Pasti 80% orang tidak akan memperhatikan desainmu. Namun jika desain yang kamu buat bisa "mencolok" sudah pasti setiap orang yang lewat akan berhenti dan penasaran untuk membaca poster yang kamu buat.

Selain itu juga kamu bisa menggunakan material color (apalah namanya itu) yang warnanya lebih lembut. Hal ini akan menjadi warna yang luarbiasa jika desain yang kamu buat disebar melalui internet. Warna soft inilah yang digunakan oleh kebanyakan desain sekarang.

Supaya lebih jelas berikut saya berikan contoh desain yang menggunakan warna terang dan soft.
Warna soft
Warna terang

2. Pastikan warna dasar desain tidak lebih dari tiga warna

Rahasia untuk membuat desain terlihat keren yang kedua adalah tidak menggunakan kombinasi warna background lebih dari tiga warna. Lebih bagus lagi jika background hanya menggunakan satu warna yang menonjol. Bukannya semakin banyak warna semakin bagus? Iya kalau kamu ahli dalam mengaturnya, namun jika tidak justru akan terlihat sangat berantakan.

Kalau kamu masih bingung dalam mengatur warna, lebih baik jangan gunakan warna background lebih dari tiga warna. Supaya hasilnya menjadi elegan dan orang yang melihat bisa langsung fokus terhadap isi desain.


3. Warna untuk element desain seperti tulisan dll gunakan warna background

Supaya hasil desain terlihat matching, gunakan saja warna backround sebagai warna element desain yang lain. Misalnya background yang digunankan memiliki tiga warna yaitu hitam, biru dan merah. Maka untuk mewarnai element desain yang lain cukup bermain di tiga warna tersebut.

Coba perhatikan gambar pertama di atas, saya hanya menggunakan perpaduan warna dari animasi orang yang ada digambar tersebut. Simpelkan?

4. Gunakan efek shadow

Inilah sentuhan terakahir yang dibutuhkan agar desain terlihat elegan dan keren. Efek ini bertujuan untuk mempertegas desain yang dibuat supaya tidak kaku (lebih ekspresif). Cara menggunakannya juga tidak susah, cukup mainkan tools transparancy di corel. Sebagai contoh pada gambar pertama dan kedua di atas, untuk shadownya saya hanya menggunakan polygon warna hitam, kemudian saya atur transparancy secukupnya. Maka jadilah seperti flat desain, mudah kan? Penjelasan lengkapnya tentang cara membuat long shadow silahkan baca Cara membuat efek long shadow.

Untuk mendesain sesuatu kamu harus kreatif, nah supaya kamu kreatif wajib hukumnya melihat-lihat desain atau gambar desain yang sudah ada. Tujuannya supaya pengalamanmu tentang model dan perpaduan warna dalam mendesain semakin baik. Dimana tempat yang bagus untuk mencari referensi desain? Banyak kok, saya paling sering mencari referensi di freepik.com atau shutterstock. Gunakan teknik ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi).

Sekian artikel tentang cara dan rahasia membuat desain simpel namun tampil keren mudah-mudahan bermanfaat.
Disqus comments