Cara Mengatasi Performing a TLS Handshake pada Mozilla Firefox

Performing a TLS handshake ini adalah masalah yang sangat menjengkelkan. Saya mengalami masalah ini beberapa waktu lalu. Saya tidak ingat asal mulanya seperti apa, yang jelas begitu saya aktifkan hotspot smartphone untuk mengakses internet dilaptop selalu tidak bisa akses internet. Padahal tulisan di ikon wifi taskbar laptop tertulis connected (internet access). Namun berulang kali saya coba akses internet tetap tidak bisa.

Ciri utamanya jika kamu mengalami hal ini adalah terdapat tulisan Performing a TLS handshake bla bla di bagian browser mozilla sebelah kiri bawah. Seperti gambar di bawah ini!
Cara mengatasi performing a TLS handshake pada mozilla firefox
Ciri lainnya adalah tidak dapat mengakses internet disemua browser (saya sudah mencobanya). Mulai dari google chrome, IE, Microsoft edge, dan UC browser tetap tidak bisa akses internet. Namun ketika laptop saya koneksikan dengan jaringan wifi tidak ada masalah, dan saat browsing langsung melalui smartphonenya juga lancar. Intinya masalah hanya muncul ketika saya mengkoneksikan laptop saya dengan wifi smartphone.

Saya sangat bingung ketika mengalami masalah ini karena aktivitas internet seperti blogging, tugas dll saya selalu mengandalkan hotspot kartu GSM dari smartphone. Beberapa cara sudah saya coba seperti menghapus jaringan wifi yang tersimpan, mengubah proxy bahkan sempat putus asa berpikir untuk menginstall ulang laptop.

Sebenarnya sudah ada satu artikel yang menjelaskan masalah ini (yang menurut saya bagus). Itupun setelah saya baca komentarnya banyak yang tidak berhasil mengatasi masalah error performing a TLS handshake ini. Namun dari semua komentar ada satu orang yang berhasil mengatasinya. Berikut isi komentarnya:
Cara mengatasi performing a TLS handshake pada mozilla firefox
Dari situ akhirnya saya terpikir “mungkin masalah saya juga disebabkan oleh antivirus?”. Tapikan saya kan tidak menginstall Avast? Sekedar informasi antivirus yang saya install adalah eset internet security. Namun saya tetap curiga dengan antivirus ini, karena sifatnya yang selalu memblock lalu lintas yang menurutnya bermasalah. Karena penasaran akhirnya saya nonaktifkan antivirus tersebut, dan tenyata dugaan saya benar! Setelah saya nonaktifkan saya dapat mengakses internet melalui hotspot seperti semula.

Jadi cara saya mengatasi masalah error performing a TLS handshake adalah dengan mematikan antivirus. Jika kamu mengalami masalah yang sama dengan saya, coba periksa apakah dilaptop terdapat antivirus pihak ketiga? Antivirus internet baik itu Avast, eset, Avira maupun AVG dapat memicu terjadinya masalah ini.

Sekian artikel tentang cara mengatasi error performing a TLS handshake di mozilla firefox yang tidak bisa akses internet semoga dapat bermanfaat.

Disqus comments