10 Tips Penting Memilih Laptop yang Berkualitas Bagus

Tips memilih laptop yang bagus - Banyak orang ketika ingin membeli sebuah laptop baru bingung ingin memilih mana laptop yang berkualitas bagus. Mungkin bagi orang yang melek teknologi sih tidak masalah. Namun jika baru pertama kali beli laptop pasti akan kebingungan juga. Tapi jangan pusing, karena artikel yang kamu baca ini akan menjelaskan secara detail apa-apa saja yang perlu kamu perhatikan ketika memilih dan membeli laptop baru.

Harapan saat kamu membeli laptop baru pasti kepengen dengan kualitas baik, dapat bertahan lama setidaknya 3 tahun, dan murah. Harga memang terkadang menjadi faktor penentu dari kualitas sebuah produk. Namun setidaknya kamu tidak ketipu atau merasa kecewa dengan laptop yang telah kamu pilih.
Tips Mencari Laptop yang Berkualitas Bagus

Tips Memilih Laptop yang Berkualitas Bagus

Sebenarnya banyak faktor yang bisa dijadikan acuan untuk menilai kulitas sebuah laptop. Namun disini tedieka.com merangkumnya menjadi 11 tips penting khusus bagi kamu yang masih bingung dalam memilih laptop.

1. Lihat kebutuhan

Percuma membeli laptop kualitas dewa dan mahal jika untuk keperluan mengetik sehari-hari. Rasanya seperti beli pizza tapi nyatanya tidak suka makan pizza cuma sia-sia ngeluarin banyak duit. Kan sayang tuh seharusnya sisa uangnya bisa untuk keperluan yang lain.

Kebutuhan adalah faktor penentu dari harga laptop. Jika hanya untuk keperluan mengetik sebaiknya membeli laptop yang kisaran 3 jutaan. Jika untuk mengetik, desain grafis dan multitasking yang tidak terlalu berat seperti kegiatan mahasiswa atau perkantoran bisa membeli laptop dikisaran 4-5 jutaan. Namun jika untuk keperluan gaming, edit video dan pekerjaan yang membutuhkan performa tinggi saya sarankan minimal core i5 RAM 4GB. Atau sekalian beli asus rog atau acer predator yang lebih mantap.

Baca juga: Cara Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa

2. Sesuaiikan Range Budget

Setelah tahu laptop seperti apa yang dibutuhkan, hal selanjutnya adalah uang. Jangan sampai ingin beli laptop bagus tapi tidak sesuai budget. Siapkan kisaran budget yang diperlukan misalnya ingin beli laptop untuk desain grafis yang harganya ada di antara 4-5 juta.

3. Pilih Desain Laptop

Pertama-tama dalam mencari sebuah laptop yang diperhatikan adalah desainnya. Apakah desainnya elegan, kokoh dan tahan untuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama? Lihat juga bahan dasar body laptopnya, ada yang plastik (polycarbonate), dan ada juga yang metal (alumunium). Sesuaikan dengan selera.

Secara umum model desain laptop ada dua yaitu hibryd (2 in 1: laptop sekaligus tablet) dan konvensional. Hal ini juga penting, selain bentuk desain yang kece juga perlu ketahanan yang baik. Silahkan kamu cari beberapa desain laptop sejenis di internet. Setelah dapat barulah melangkah ke faktor yang lain.

4. Kenyamanan keyboard dan touchpad

Hal ini adalah faktor penting yang harus diperhatikan. Karena terkadang banyak keyboard yang tidak nyaman digunakan saat mengetik. Selain itu test juga touchpadnya, ada beberapa kasus seperti pada salah satu notebook acer yang suka lari-lari cursornya. Tes juga senisitif tidak klik kiri dan kanan pada touchpad. Terkadang ada jenis laptop yang diklik keras baru bisa bekerja kursornya.

5. Perhatikan Spesifikasi Utamanya 

Ini adalah bagian yang paling penting! Spesifikasi utama yang perlu diperhatikan dari sebuah laptop adalah processor, jenis hardisk, RAM, dan kartu grafis atau VGAnya. Pertama lihat processornya, semakin tinggi itu semakin bagus. Kemudian jenis hardiskya pastikan tipe SATA bukan SSD karena SSD adalah tipe hardisk yang sering error. Setelah itu cek RAMnya semakin besar semakin bagus, malah sekarang ada yang sudah DDR4. Terakhir adalah cek kartu grafisnya, kartu grafis standar adalah intel HD lebih bagus lagi jika sudah support nividia. Cara mudah untuk mengeceknya adalah dengan menekan tombol Win+R, kemudian ketikkan dxdiag. Jika muncul dialog klik yes saja. Nanti akan muncul semua spesifikasi di atas.

Selain itu, kamu pasti tidak ingin jika laptop yang kamu beli cepat lowbet kan? Nah, sebelum membeli pastikan juga kamu melihat bagian spesifikasi baterainya atau tanya langsung ke penjual. Pastikan kamu tidak kecewa dengan perfoma baterai yang dimiliki laptop tersebut. Biasanya laptop baterai secara umum dapat bertahan sekitar 5-8 jam.

6. Konektivitas Laptop

Kemudian selain spesifikasi di atas, yang harus kamu cek juga adalah konektivitas laptop. Konektivitas yang umum ada di laptop adalah colokan USB, DVD, proyektor LCD, Micro SD, dan kabel LAN. Jangan lupa untuk mengecek kelengkapannya ya sob!

7. Layanan Garansi dan Service Center

Perlu diketahui laptop yang mempunyai kualitas baik biasanya menyediakan waktu garansi yang lama. Ada yang menyediakan garansi sampai 2 tahun dan ada juga yang hanya satu tahun. Kemudian lihat juga jenis garansinya, apakah garansi resmi atau distributor? Pastikan garansinya resmi bukan dari distributor! Selain itu perhatikan juga apakah layanan service centernya sudah tersedia di daerah kamu. Jangan sampai service centernya masih jarang, kan bisa berabe kalau rusak.

8. Ukuran Laptop

Ukuran laptop juga harus diperhatikan, jika kamu orang yang mobilitasnya tinggi sebaiknya cari laptop yang tidak terlalu berat. Selain itu ukuran layarnya sebaiknya yang 14 inci untuk laptop standar. Karena layar laptop juga ada yang lebih besar dari 14 inci.

9. Merek atau Brand

Sebenarnya merek dari sebuah laptop tidak terlalu penting. Hanya saja ada namanya merek yang sudah terpercaya seperti apple, acer, thosiba dll. Sekedar saran jika kamu masih awam dan ragu dengan merek baru lebih baik pilih merek yang sudah jelas.

10. Bandingkan dengan laptop lain

Terkadang laptop memiliki spesifikasi yang hampir sama namun harganya tidak sama. Hal itu dipengaruhi lagi oleh brand. Coba cari laptop yang mempunyai spesifikasi sejenis kemudian bandingkan mana yang harganya lebih bersahabat itulah yang dibeli.

Setelah yakin dengan semua pertimbangan di atas, sekarang saatnya cus untuk beli laptop baru gan! :D Itulah tips penting dalam memilih laptop yang berkualitas baik yang wajib kamu tahu. Semoga bermanfaat!
Disqus comments