Cara Mengatasi Kursor yang Hilang di Laptop Windows 7, 8 dan 10 dengan Mudah

Pada hari kamis pagi tiba-tiba kursor di laptop saya hilang. Padahal baru saja saya beli kuota dan berencana untuk menulis artikel di blog ini lagi. Begitu saya nyalakan saya heran kok kursornya hilang? Saya beranggapan mungkin karena ada driver/aplikasi yang hang sehingga menyebabkan pointernya tidak muncul. Akhirnya laptop saya restart dan hasilnya tetap kursornya tidak muncul.
cara mengatasi kursor yang hilang
Laptop yang saya gunakan adalah laptop acer dengan OS windows 10. Sebelumnya pada malam harinya laptop ini saya sleep, begitu paginya mau digunakan eh malah kursornya tidak ada. Terlebih lagi saya tidak punya mouse. Maka menganggurlah kuota ini!

Karena tidak menemukan solusi, saya akhirnya bertanya ke si google. Setelah browsing saya mendapatkan tiga solusi yaitu:
  1. Menekan tombol Fn+(F1-F12) 
  2. Menghilangkan ceklist pada hide pointer while typing
  3. Install ulang driver

Cara pertama saya coba menekan kombinasi tombol Fn dengan F1 sampai F12 namun gagal. Karena penasaran, cara ini sampai saya ulangi tiga kali dan tetap gagal. Kemudian untuk cara kedua juga sudah saya lakukan. Saya sudah menghilangkan ceklist pada hide pointer while typing dengan susah payah menggunakan tombol keyboard namun tidak berhasil juga. Untuk cara yang ketiga saya tidak mencobanya karena tidak ada mouse untuk mendownload driver (CD driver saya hilang).

Karena heran kenapa tidak berhasil, akhirnya saya pelototin satu-satu tombol F1-F12. Dan ternyata betapa bodohnya saya tidak melihat logo TOUCHPAD pada tombol F7. Benar saja setelah tombol itu saya tekan, kursor di laptop acer saya langsung muncul kembali. Tidak perlu menggunakan tombol Fn tapi langsung menekan tombol touchpad tersebut.


Saran saya untuk mengatasi masalah ini adalah:
  1. Lihat terlebih dahulu ada ikon touchpad atau tidak pada salah satu tombol antara F1-F12. Biasanya laptop acer terletak pada F7 seperti punya saya. Jika ada tekan tombol tersebut.
  2. Jika tidak ada, silahkan gunakan kombinasi tombol Fn+F1 sampai F12. Silahkan uji yang mana berhasil.


Kesimpulan:
  • Penyebab dari kursor hilang bisa saja dikarenakan tombol touchpad tersebut tidak sengaja tertekan.
  • Menekan tombol tersebut juga bisa untuk mengatasi kursor yang sering goyang sendiri dan susah diarahkan seperti pada notebook axio, dan acer aspire one jadul.


Advertisement

Load comments