9 Tempat Wisata di Daerah Maros yang Terkenal Super Keren

Buat kamu yang hobi travelling, mungkin sekarang kamu sedang mencari-cari tempat apa saja yang paling keren di daerah Maros dan Makassar untuk dikunjungi. Kamu sudah berada di tempat yang tepat. Maros merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang sudah terkenal akan pesona wisatanya. Jika kamu sedang berada di daerah ini jangan sampai kamu melewatkan beberapa spot wisata maros yang lagi populer berikut.

Banyak jenis tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Maros. Wisata yang terkenal adalah berupa pegunungan karst dan batterfly kingdom. Namun tidak hanya itu saja, ada beberapa spot baru yang juga tidak kalah menariknya. Penasaran? Berikut penjelasan lengkapnya!

Daftar tempat wisata yang populer dan keren di daerah Maros Sulawesi Selatan:


1. Kawasan Karts Rammang-Rammang


Pada urutan pertama yaitu wisata karts rammang-rammang. Siapa yang tidak tahu tempat ini? Tempat wisata ini sudah sangat terkenal bahkan sampai keluar negeri dan menjadi salah satu ikon kota Maros. Tempatnya berada di Dusun Rammang-Rammang, Desa Salenrang. Dekat dengan pabrik semen tonasa.
Wisata rammang-rammang maros sulsel 

Daerah ini merupakan daerah pegunungan kapur yang menyimpan banyak keindahan alam. Di daerah ini kamu dapat menikmati suasana alam yang hijau, berkeliling dengan ketinting, melihat gowa dan berkunjung ke kafe-kafe unik yang berada di sekitar daerah tersebut. Pokoknya menarik lah! Untuk lebih jelasnya tentang apa saja yang bisa kamu kunjungi silahkan klik pada judul di atas.

2. Wisata Bantimurung


Tempat wisata Bantimurung merupakan tempat wisata yang tak kalah menariknya juga dengan rammang-rammang. Wisata di kawasan ini menawarkan tema kupu-kupu sebagai ikonnya. Karena memang wisata ini lebih dikenal dengan penangkaran kupu-kupunya.
air terjun wisata bantimurung
Gambar oleh: /rudiaradma/

Spot wisata yang wajib kamu kunjungi di kawasan bantimurung adalah Helena Sky Bridge, dan Bantimurung Waterpark (air terjun). Namun untuk dapat menikmati pesona air terjunnya kamu harus merogoh kocek sebesar 25 ribu untuk orang dewasa. Tidak hanya itu kamu juga dapat mengunjungi museum kupu-kupu untuk sekedar melihat-lihat atau mengetahui jenis kupu-kupu apa saja yang ada di daerah tersebut.

3. Wisata Taman Prasejarah Leang-Leang


Masih di kecamatan Bantimurung, terdapat juga tempat wisata prasejarah yang keren. Konon menurut para peneliti tempat ini dulunya pernah dihuni oleh manusia purba. Hal itu ditandai dengan adanya berbagai lukisan didinding goa, cap tangan, gambar binatang dan beberapa gambar lainnya.
temapat wisata keren leang leang maros
Gambar oleh: /mauizatul_hasanah25/

Tempat wisata ini semacam taman batu disertai dengan jalan setapak kecil. Daerahnya dikelilingi dengan pegunungan karts. Cocok banget jika digunakan untuk spot foto yang keren saat sore hari. Jika kamu ingin mengetahui sejarah tempat ini sebaiknya meminta bantuan jasa guide untuk menjelaskan secara detail sejarah situs ini.

4. Wisata Maros Waterpark


Tidak hanya wisata alam yang indah, di Maros juga terdapat tempat wisata khusus keluarga untuk bermain di wahana air yaitu Maros Waterpark. Wisata ini terletak di pinggir jalan raya maros - soppeng. Tempatnya akan kamu lewati jika kamu menuju ke puncak labuaja.
Wisata maros waterpark
Gambar oleh: /iand_febrianti/

Menurut saya setelah kesana pada bulan oktober 2017, wahana ini kondisinya lumayan bagus. Hanya saja banyak yang sudah harus di rehabilitasi. Seperti jalan gantung untuk outbond yang rusak tidak bisa dipakai, gazebo yang tidak terawat dan wahana permainan yang sudah lama. Buat kamu remaja sampai dewasa jika ketempat ini bisa mencoba meluncur di pipa air dari ketinggian dengan ban. Namun jika kamu takut mending tidak usah, karena lumayan menguji nyali. :D Suasana tempat ini sangat bagus untuk bersantai.

5. Wisata Cagar Alam Karaenta Maros


Buat kamu penyuka wisata flora dan fauna tempat ini sangat pas buat kamu. Fauna yang menjadi ikon tempat ini adalah keberadaan kera Macaca Maura yang merupakan spesies langka. Kera jenis ini adalah kera yang tidak memiliki ekor. Kamu dapat meminta bantuan kepada jagawana (polisi hutan) untuk bisa melihat kera ini. Namun biasa kera ini juga sering muncul dipinggir jalan raya.

Tidak hanya itu di tempat ini juga terdapat goa yang panjangnya 2.200 meter. Selain suasananya yang sejuk, perjalanan untuk ke daerah ini juga sangat bagus dan segar.

6. Wisata Pantai Kuri


Jika kamu sedang berada di Maros dan ingin menikmati pemandangan pantai, tempat ini dapat menjadi alternatif. Untuk dapat kesini kamu harus berjalan melewati pematang tambak. Keindahan yang ditawarkan dipantai ini adalah pemandangan mangrove, kapal nelayan dan aktivitasnya serta pasir putih.
tempat wisata pantai kuri maros
Gambar oleh: /_ikkidots/

Di pantai ini juga banyak penjual makanan dan penginapan. Tidak ada salahnya jika kamu menginap untuk semalam di pantai ini untuk menikmati sunset. Pemandangan dan suasana yang sangat bagus akan kamu dapatkan ketika di sore dan pagi hari.

7. Wisata Air Terjun Pumbunga (Bontosomba) Maros


Satu lagi wisata air terjun yang tidak kalah hitsnya dari maros waterpark adalah air terjun pumbunga. Air terjun ini terletak di desa Bontomanurung, Kecamatan Tompobulu, Bonto Somba, Kabupaten Maros. Perjalanan ke tempat ini masih lumayan butuh perjuangan. Namun jangan khawatir perjalananmu akan terbayarkan dengan indahnya pemandanan pohon pinus di sepanjang jalan dan pemandangan air ternya yang menawan.
Air Terjun Pumbunga Tompobulu Maros
Gambar oleh: @amaameliah

Tidak perlu takut akan kelaparan dalam perjalanan, disepanjang jalan dan bahkan ditempat ini juga terdapat kios yang mungkin dapat memenuhi kebutuhan perjalanan kamu.

8. Wisata Puncak Makkaroewa, Labuaja


Puncak Makkaroewa atau biasa dikenal dengan puncak Labuaja terletak di desa Labuaja, Kecamatan Cenranna, Maros, Sulawesi Selatan. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam berupa pegunungan yang dikombinasikan dengan spot photo yang unik.
Puncak Makkaroewa labuaja maros
Gambar oleh: @pesonalabuaja

Ada beberapa spot selfie yang unik untuk berphoto. Seperti rumah-rumah, sangkar burung, ayunan, tempat duduk unik, dan tulisan slogan yang unik juga. Karena tempat ini masih tergolong baru untuk masuk ke daerah ini, kamu hanya diminta untuk membayar karcis sebesar 5000,- saja per orang.


9. Wisata Permandian Air Panas Rea Toa Maros


Rekomendasi terakhir wisata yang populer di daerah Maros adalah permandian air panas rea toa. Permandian ini merupakan satu-satunya permandian air panas di daerah Maros. Untuk jalan kesini biasa di tempuh dengan jalan kaki untuk masuk ke permandiannya. Namun jaraknya juga tidak terlalu jauh kok jalannya.
wisata permandian air panas rea toa di maros
Gambar oleh: /bukan_bugis_palsu/

Jika ingin refleksikan tubuh kamu dapat mencoba permandian ini. Tidak hanya itu suasana pegunungan yang segar juga dapat menambah tenangnya suasana di tempat ini.

Bagimana? Keren-keren kan tempatnya? Sekian artikel tentang daftar tempat wisata yang super keren dan populer di daerah maros, selamat bertravelling ria. :D
Disqus comments